BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

3 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Bandung

Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Bandung Indonesia memberikan pertimbangan bagi Anda yang ingin kuliah. Saat ini ada banyak fakultas Kedokteran Gigi yang memiliki Akreditasi A, mulai dari fakultas kedokteran gigi (FKG) negeri sampai swasta.

Tak perlu khawatir, FKG swasta juga tidak kalah bagus dengan FKG negeri. Hal yang membedakannya hanya terdapat pada cara masuk dan biaya. Namun, sistem pendidikan dokter gigi untuk semua fakultas pada dasarnya sama seperti prasarana, fasilitas, dan modul pembelajaran.

Universitas yang memiliki fakultas kedokteran gigi tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke. Bahkan bagi Anda yang menempati daerah Bandung tidak perlu kebingungan memilih FKG yang tepat.
 

Berapa Lama Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi

Program studi Kedokteran Gigi membutuhkan waktu belajar selama 6 tahun. Ini termasuk masa pendidikan formal di universitas dan magang di klinik atau rumah sakit. Setelah menyelesaikan program ini dan lulus ujian nasional, para lulusan akan memperoleh gelar Dokter Gigi (drg). Kedokteran Gigi adalah salah satu bidang profesi yang sangat bergengsi dan membutuhkan dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam belajar dan bekerja, namun juga memberikan kesempatan untuk memberikan layanan kesehatan berkualitas dan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Syarat Masuk Jurusan Kedokteran Gigi

Untuk masuk ke program studi Kedokteran Gigi, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan oleh universitas atau lembaga pendidikan yang bersangkutan. Beberapa syarat umum meliputi: ijazah SMA atau sederajat, nilai ujian masuk atau tes masuk yang ditentukan oleh universitas, dan beberapa dokumen pendukung lainnya seperti transkrip nilai dan surat keterangan dari sekolah. Selain itu, beberapa universitas mungkin juga memerlukan bahasa Inggris dan/atau matematika sebagai syarat masuk. Dalam beberapa kasus, universitas mungkin juga memiliki batasan usia atau jumlah kuota yang terbatas untuk program ini. Penting bagi calon mahasiswa untuk membaca dan memahami syarat masuk dengan baik sebelum mendaftar ke program studi Kedokteran Gigi.

Apa Saja yang dipelajari di Fakultas Kedokteran Gigi

Di program studi Kedokteran Gigi, para mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek dari ilmu kedokteran gigi, termasuk anatomi, fisiologi, patologi, farmakologi, dan ilmu material kedokteran gigi. Mereka juga akan mempelajari teknik diagnostik dan perawatan untuk berbagai masalah pada gigi dan mulut, seperti karies, gingivitis, dan masalah periodontal. Selain itu, para mahasiswa akan belajar tentang prosedur bedah mulut, endodontik, orthodontik, dan prostodontik, serta mempelajari cara membuat dan memasang berbagai jenis restorasi gigi, termasuk kronologi, ponti, dan gigi palsu. Program ini juga akan membekali para mahasiswa dengan pengetahuan tentang etika dan hukum dalam praktik kedokteran gigi, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi situasi yang mungkin terjadi di dunia praktik.

3 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Bandung

3 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Bandung


Melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi adalah impian bagi setiap orang. Terlebih jika bisa melanjutkan pendidikan di kampus favorit dengan jurusan yang dianggap berkelas. Saat ini fakultas kedokteran gigi menjadi jurusan yang bisa dianggap cukup berkelas.

Selain biayanya yang tidak cukup bisa dijangkau bagi semua golongan, persaingan untuk masuk dan lulus dari jurusan tersebut bukan hal mudah. Sehingga, menjadikan jurusan tersebut dambaan bagi sebagian orang. Selama ini dokter gigi dikenal sebagai profesi yang mulia, bahkan juga memberikan penghasilan yang menjanjikan. Mungkin saat ini Anda juga tertarik untuk menjadi dokter gigi.

Bagi Anda yang ingin berkuliah dan mengambil jurusan kedokteran gigi, maka perlu mengetahui listfakultas kedokteran favorit di Universitas Negeri maupun Swasta yang berada di Bandung.

Dengan memilih kuliah di universitas paling top, tentu membuat mahasiswanya belajar dengan lebih nyaman. Umumnya universitas terbaik memiliki fasilitas belajar yang lengkap dan juga modern. Berikut ini adalah daftarnya.
 

1. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (Unpad)

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (Unpad)
FKG Universitas Padjajaran merupakan salah satu fakultas kedokteran gigi terbaik di Bandung yang bisa menjadi referensi. Fakultas Kedokteran universitas ini telah berdiri sejak 1979. Sehingga telah menjadi salah Universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran terfavorit di Indonesia, khususnya di Bandung.

Salah satu fakultas kedokteran di Indonesia ini memiliki visi untuk bisa meningkatkan status kesehatan masyarakat. Jika melihat dari tahun berdirinya, fakultas kedokteran universitas ini termasuk yang tertua di Indonesia.

FKG Universitas Padjajaran ini yang mempunyai akreditasi A. Hal ini menjadikan banyak calon mahasiswa baru ingin mendaftar di kampus ini. Tercatat pada SBMPTN 2019 FKG Universitas Padjajaran ini memiliki peminat mencapai 3000 peminat.

Menurut data versi SIR 2021 FKG universitas ini menempati peringkat 479 dunia. Memang ada banyak alasan melanjutkan pendidikan di fakultas kedokteran gigi terbaik di Bandung Unpad. Salah satunya karena fakultas ini yang sukses meraih beberapa prestasi terbaik dalam bidang akademik serta pelayanan. Tak hanya menyediakan Program Sarjana, namun ada Kelas Internasional FKG Unpad.

Kemampuan mahasiswa Unpad yang terus diasah sehingga bisa bersaing dan berkompetisi dalam dunia kerja. Tempat praktek mahasiswa FKG Unpad saat menjalani Klinik Kerja Mahasiswa yakni Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) di Kampus Sekeloa. Tak heran jika para lulusan sekolah menengah banyak yang tertarik dan memilih untuk kuliah di FKG Unpad.
 

2. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Kristen Maranatha

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Kristen Maranatha
Universitas ini yang sudah berdiri sejak 55 tahun lalu, hingga kini terus mempertahankan metode pengajaran dan berkembang. Bahkan universitas ini memiliki Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi yang Terpisah.

Kedua fakultas tersebut juga memiliki program sarjana serta program profesi. Menjadi Fakultas Kedokteran Gigi yang terbaik se-Jawa Barat, tak heran jika banyak lulusannya yang terampil serta andal. Terlebih setiap tahunnya persaingan masuk ke Fakultas Kedokteran juga sangat ketat.
 

3. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI)

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI)
Fakultas kedokteran gigi terbaik di Bandung lainnya yakni Universitas Jenderal Achmad Yani atau yang dikenal dengan UNJANI. Universitas Jenderal Achmad Yani adalah universitas swasta di Bandung, Fakultas Kedokteran di ini yang telah berdiri sejak tahun 1993.

Universitas ini juga telah mendapatkan akreditasi B oleh BAN-PT serta menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dari tahun 2007/ 2008 berdasarkan dengan Standar Pendidikan Profesi Dokter serta Standar Kompetensi Dokter. Terdapat dua program studi yang tersedia dari Universitas Jenderal Achmad Yani, yakni Profesi Dokter dan Profesi Doktor gigi.

Fakultas kedokteran universitas ini ada sejak tahun 1993, namun pada Oktober 1992 telah menerima mahasiswa. Kelebihan dari kampus ini menawarkan biaya kuliah yang termasuk terjangkau serta ada banyak beasiswa yang bisa membantu para mahasiswa. Tidak kalah terkenal dengan universitas yang lainnya, persaingan untuk masuk ke universitas ini juga cukup tinggi.

Daftar fakultas kedokteran gigi terbaik di Bandung bisa Anda pertimbangkan sebelum mendaftar. Jika ingin meneruskan pendidikan di bidang kedokteran gigi, akan lebih baik segera mempersiapkan diri,baik dari segi materi ataupun pikiran. Pastikan cek kembali syarat masuknya begitu juga dengan biaya yang dibutuhkan sehingga tidak menjadi hambatan saat mendaftar.