BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

4 Jurusan Farmasi Terbaik di Sulawesi 2024

Adanya banyak pilihan jurusan farmasi terbaik di Sulawesi menjadikan banyak mahasiswa baru memilih prodi farmasi untuk jenjang perguruan tinggi mereka. Sulawesi merupakan salah satu provinsi di Indonesia, yang memiliki sarana prasarana pendidikan yang lengkap, mulai dari jenjang sekolah dasar hingga menengah, sampai dengan beberapa universitas. Bahkan, siapa sangka jika diantaranya merupakan fakultas dengan predikat terbaik secara nasional.


Berapa Lama Kuliah Jurusan Farmasi?

Kuliah Jurusan Farmasi membutuhkan waktu sekitar 3,5 - 4 tahun sampai mendapatkan gelar Sarjana Farmasi. Selanjutnya, lulusan S1 dapat mengikuti Pendidikan Profesi Apoteker selama satu tahun untuk mendapatkan gelar Apt dan siap menjadi Apoteker. Kami telah membuat Artikel tentang Berapa Lama Kuliah Jurusan Farmasi disini.

Apa Syarat Masuk Jurusan Farmasi?

Masuk jurusan farmasi membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum dapat kuliah. Syarat-syarat tersebut meliputi lulusan IPA, Lolos seleksi ujian masuk, melengkapi dokumen dan beberapa Syarat lainnya. Agar lebih jelasnya. Kami telah membuat Artikel tentang 7 Syarat Masuk Jurusan Farmasi disini.

Apa Prospek Kerja Jurusan Farmasi?

Lulusan Farmasi nantinya akan bekerja sebagai Apoteker setelah mengambil jurusan farmasi. Juruasan Farmasi juga dapat bekerja di laboratorium, rumah sakit, dan perusahaan seperti BPOM, perusahaan makanan, dan obat-obatan.

4 Jurusan Farmasi Terbaik di Sulawesi

4 Jurusan Farmasi Terbaik di Sulawesi

1. Poltekkes Kemenkes Makassar (POLKESMAS)

Poltekkes Kemenkes Makassar (POLKESMAS)

Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Makassar (POLKESMAS) didirikan pada tahun 2001 dan tergolong sebagai salah satu jurusan farmasi terbaik di Sulawesi. Dengan berbagai program studi yang mencakup D.III, D.IV, dan vokasi, POLKESMAS memiliki dosen, guru, dan mahasiswa yang mencerminkan komitmen pada pengembangan ilmu farmasi. Pusat Unggulan IPTEK Kemenkes menjadi wadah implementasi iptek terapan untuk memperkuat daya saing bangsa. Alamat jurusan ini berada di Jl. Baji Gau, No.10, Baji Mappakasunggu, Kec. Mamajang, Kota Makassar.

2. Universitas Hasanuddin

farmasi unhas
Jurusan Farmasi Universitas Hasanuddin, yang berdiri sejak 1962, merupakan salah satu jurusan farmasi terbaik di Sulawesi. Dengan sejarah pendirian yang kuat, jurusan ini telah menjadi tempat berkembangnya pendidikan farmasi berkualitas. Lokasinya berada di Jl. Perintis Kemerdekaan No. KM, Tamalanrea Indah, kota Makassar, menegaskan kontribusinya sebagai salah satu universitas terkemuka di provinsi Sulawesi.

3. Universitas Muslim Indonesia

Farmasi UMI
Jurusan Farmasi UMI, didirikan tahun 2001, menyelenggarakan program Sarjana Sains Farmasi dan Program Studi Profesi Apoteker (PSPA). Dengan akreditasi B, jurusan ini menonjolkan kualitasnya melalui sertifikat manajemen mutu ISO 9001:2015. Fasilitas laboratorium lengkap, seperti Lab Kimia Farmasi, Lab Farmakognosi-Fitokimia, dan lainnya, mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

4. Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar

Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar
Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar menawarkan program studi D3 Farmasi sejak tahun 1999. Dengan sejarah yang panjang, Sekolah Farmasi ini telah mengalami perkembangan hingga pembinaannya dialihkan ke Departemen Pendidikan pada tahun 2006. Sebagai salah satu jurusan farmasi terbaik di Sulawesi, Sekolah ini telah mencetak lulusan berpengaruh di bidang kesehatan, menegaskan kontribusinya dalam pendidikan farmasi di Makassar.


Itulah pembahasan mengenai 4 Jurusan Farmasi Terbaik di Sulawesi, Semoga Bermanfaat!