Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Gaji Lulusan S1 Farmasi? Ini Penjelasan Berdasarkan Bidangnya!

Salah satu pertanyaan paling banyak ditemui oleh calon mahasiswa baru adalah berapa gaji lulusan S1 farmasi? Tentu saja mengetahui besaran gaji ini cukup penting. Bahkan, mengetahui besaran rata-rata gaji bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan.

Sebab, bagaimanapun juga gaji itu berkaitan dengan kesejahteraan masa depan. Tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa besaran gaji akan sangat menggiurkan. Apalagi farmasi termasuk ke dalam ranah kesehatan yang seringkali masyarakat memiliki ekspektasi para lulusannya akan bergaji tinggi setelah lulus.

Apakah begitu adanya? Nah, berikut ini informasi mengenai gaji dari lulusan S1 farmasi dan juga seputar prospek kerjanya.

Berapa Gaji Lulusan S1 Farmasi? Ini Penjelasannya!

Farmasi merupakan jurusan yang sangat cocok apabila Anda ingin berkecimpung di dalam dunia medis atau kesehatan, namun tidak ingin menjadi dokter maupun perawat. Jurusan farmasi sebenarnya merupakan kombinasi antara ilmu kesehatan dan juga ilmu kimianya.

Tentunya farmasi ini sangat diperlukan di dalam dunia medis. Selama menjalani kuliah di jurusan farmasi, maka Anda akan berkutat dengan berbagai senyawa kimia yang dapat dikembangkan sebagai bahan dasar obat.

Bahkan, bukan tidak mungkin jika Anda akan menjadi penemu atau obat baru untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Selain itu, Anda juga akan mempelajari bagaimana cara yang efektif untuk menggunakan obat-obatan dalam ilmu kesehatan hingga pengobatan higienis.

Selama mempelajari farmasi, Anda akan mendapatkan kemampuan meneliti, menganalisis, komunikasi, kimia, biologi, penjaminan mutu, pelayanan kefarmasian, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan bahwa jurusan S1 farmasi ini memiliki tingkat kesulitan yang hampir sama seperti jurusan kesehatan lainnya.

Satu hal yang menjadi pertanyaan umum adalah berapa gaji lulusan S1 farmasi? Di Indonesia sendiri, jurusan farmasi ini memiliki prospek kerja yang cukup besar. Lulusan S1 farmasi dibutuhkan di berbagai bidang.

Oleh karena itu, rentang gaji dari lulusan S1 farmasi juga cukup beragam. Biasanya, gaji lulusan S1 farmasi tergantung dari bidang kerjanya, mulai dari Rp 5 juta hingga belasan juta rupiah.

Berikut ini beberapa prospek kerja untuk lulusan S1 farmasi dengan rentang gaji cukup tinggi:

Berapa Gaji Lulusan S1 Farmasi?

Industri Farmasi

Prospek kerja yang pertama ini menjadi salah satu hal yang paling umum untuk para alumni farmasi. Industri farmasi di Indonesia kini semakin bertambah dan tentu saja membutuhkan sumber daya manusia yang cukup besar juga.

Ini tentu saja akan jadi prospek kerja lulusan farmasi yang menggiurkan. Elemen yang harus Anda perhatikan ketika ingin bekerja di bidang farmasi adalah Anda wajib memahami CPOB atau Cara Pembuatan Obat yang Baik.

Lantas, berapa gaji lulusan S1 farmasi? Jika Anda bekerja di farmasi industri, maka rata-rata gaji pertahun yang akan diterima mulai dari Rp 47 juta hingga Rp 86 juta.

Farmasi Rumah Sakit

Bagi Anda alumni S1 farmasi dengan latar belakang konsentrasi atau minat Farmasi Klinik dan Komunitas, maka bekerja di rumah sakit menjadi hal yang tepat. Di rumah sakit, seorang apoteker menanggungjawabi penuh dalam hal penyimpanan, peracikan, inventaris, serta pengadaan obat kepada pasien.

Prospek kerja menjadi farmasi rumah sakit ini tergolong luas karena di masa depan kebutuhannya akan semakin meningkat. Beberapa hal yang menjadi penyebabnya adalah:
  • Meningkatnya kebutuhan mengenai perawatan yang lebih baik di rumah sakit.
  • Peranan dan fungsi apoteker akan lebih berkembang dalam berbagai aspek terkait penggunaan dan pemantauan obat.
Berapa gaji lulusan S1 farmasi? Di rumah sakit, apoteker biasanya digaji standar, mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 5 jutaan.

Pelayanan Farmasi di Pemerintah

Tidak hanya di swasta, nyatanya instansi pemerintah juga memiliki lapangan pekerjaan bagi seorang lulusan S1 farmasi. Alumni farmasi dapat bekerja di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) atau di Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBOPM) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, alumni farmasi juga berkesempatan untuk memasuki instansi pemerintah, seperti Dinas Kesehatan. Berapa gaji lulusan S1 farmasi? Di pemerintah, lulusan S1 farmasi juga memiliki gaji standar, sekitar Rp 3 juta ke atas.

Pendidikan Farmasi

Di Indonesia, pendidikan farmasi termasuk cukup luas. Penyelenggara pendidikan farmasi ini mulai dari tingkat SMA atau SMF, D3, S1, hingga S3. Semua tingkatan tersebut pastinya membutuhkan tenaga pengajar dengan kompetensi yang akan dihasilkan.

Sebagai seorang alumni S1 farmasi, Anda juga bisa berkecimpung di dunia pendidikan. Lapangan pekerjaan di bagian pendidikan sebagai guru SMF menjadi pilihan utama. Gaji dalam pendidikan farmasi cukup standar, yaitu sekitar Rp 5 juta ke atas.

Itu hanyalah sebagian kecil prospek kerja untuk lulusan S1 farmasi. Sejauh ini, lulusan S1 farmasi memiliki cakupan karir yang cukup luas dan beragam.

Jadi, berapa gaji lulusan S1 farmasi? Jawabannya adalah mulai dari standar upah, mulai dari Rp 5 jutaan hingga bahkan belasan juta apabila Anda sudah berada di jabatan yang tinggi pada perusahaan tersebut.

Posting Komentar untuk "Berapa Gaji Lulusan S1 Farmasi? Ini Penjelasan Berdasarkan Bidangnya!"