BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Apakah Biaya Kuliah Farmasi Mahal? Ini Dia Penjelasannya untuk Kamu!

Untuk kamu yang tertarik untuk bekerja di bidang medis selain profesi dokter atau perawat kamu bisa memilih jurusan farmasi. Menjadi salah satu jurusan yang unggul di bidang Saintek dan IPA, jurusan farmasi menjadi incaran calon mahasiswa karena memiliki prospek yang cukup menguntungkan. Akan tetapi apakah biaya kuliah farmasi mahal? Berikut ini kita akan membahas biaya kuliah di jurusan farmasi dan prospek jurusannya.

Apakah Biaya Kuliah Farmasi Mahal?

Apakah Biaya Kuliah Farmasi Mahal? Ini Dia Penjelasannya untuk Kamu!

Farmasi merupakan bidang ilmu kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang sangat diperlukan oleh dunia medis. Jika kamu memilih untuk berkuliah di jurusan ini kamu akan sering menemukan kegiatan yang berhubungan dengan berbagai senyawa kimia yang kemudian dapat dikembangkan menjadi bahan untuk obat-obatan. Kamu akan mempelajari tentang bagaimana cara untuk menggunakan obat-obatan yang lebih efektif lagi dengan didasarkan pada ilmu yang sudah kamu dapatkan di bangku kuliah. Jadi apakah biaya kuliah farmasi mahal?

Tidak dapat dihindari bahwa biaya dari berkuliah di jurusan farmasi ini bervariatif. Selain itu passing grade yang tinggi menciptakan persaingan ketat di antara calon mahasiswa. Jurusan farmasi ini bisa lebih eksis dari bidang minat IPA tertentu, seperti Ilmu Komputer, Kedokteran, serta Elektro dan Teknik Informatika. Alasannya karena jurusan ini memiliki peluang kerja yang cukup luas.

Tentang Jurusan Farmasi

Jika kamu sudah memiliki status sebagai mahasiswa Jurusan Farmasi, kegiatan yang akan kamu jalani tidak akan jauh dari obat-obatan. Kamu akan belajar cara menentukan jenis obat untuk penyakit tertentu dengan akurat dan tepat. Jurusan ini memiliki peluang di dunia kerja yang cukup luas karena bidang farmasi sudah pasti diperlukan untuk dunia kerja. Terutama untuk perusahaan yang bergerak di layanan kesehatan, melihat kondisi sekarang yang rentan terkena penyakit.

Maka dari itu mahasiswa jurusan ini harus terbiasa dengan obat-obatan dan menguasai bahasa ilmiah di dunia medis di luar kepala. Seseorang yang ahli di bidang farmasi memiliki tanggung jawab dalam memberikan obat yang tepat untuk berbagai macam penyakit berdasarkan diagnosis dokter. Maka dari itu ahli farmasi harus paham dan tahu banyak jenis obat dan fungsinya.

Ada beberapa fokus ilmu yang bisa kamu pilih di jurusan farmasi, diantaranya ada Farmasi Klinik, Kimia Farmasi, Biologi Farmasi, Farmakologi, dan Farmasetika. Selama duduk di bangku kulia kamu akan menjumpai mata kuliah seperti Analisis Biomedik, Kimia Sintesis, Fitokimia, Interaksi Obat, Kimia Analitik, dan masih banyak ilmu lainnya.

Alasan Memilih Jurusan Farmasi

Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu bisa memilih jurusan farmasi sebagai pertimbangan.
  1. Lulusan farmasi akan dibutuhkan oleh instansi pemerintah, seperti BPOM untuk menjamin obat-obatan, minuman, atau makan yang dipasarkan.
  2. Layanan atau lembaga kesehatan seperti Puskesmas, Laboratorium Klinik, hingga Rumah Sakit memerlukan Ahli Farmasi untuk meracik obat dan menyediakan informasi obat dengan akurat dan tepat.
  3. Industri makanan dan minuman serta industri kosmetik memerlukan tenaga lulusan farmasi untuk menguji bahan-bahan yang akan dipakai atau diproduksi.
  4. Lulusan farmasi juga memiliki potensi untuk bekerja pada bidang perdagangan farmasi atau distributor. Pastikan perusahaan tersebut sudah berbentuk badan hukum.

Biaya Kuliah Farmasi

Besarnya biaya yang dibayarkan bisa dipengaruhi dari beberapa faktor. Setiap mahasiswa akan berbeda-beda tergantung dari pendapatan orang tua mahasiswa. Sebagai perkiraannya biaya untuk berkuliah di jurusan ini berkisar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per semester dengan sistem pembayaran UKT. Jika harga tersebut untuk universitas negeri, maka di universitas swasta akan lebih jauh mahal lagi.

Jika kamu memerlukan informasi secara akurat dan pasti mengenai biaya kuliah kamu bisa berkonsultasi dengan universitas atau kampus tujuan. Jadi apakah biaya kuliah farmasi mahal? Meskipun terkesan mahal, kuliah di jurusan farmasi bisa mahal karena ada biaya praktikum yang tidaklah murah. Biaya ini digunakan untuk pembelian bahan kimia juga peralatan dan perlengkapan yang harganya tidak murah.

Sebenarnya jika dibandingkan dengan kuliah di kedokteran umum atau kedokteran gigi, kuliah di bidang farmasi ini relatif lebih murah. Akan tetapi jika dengan selain fakultas medis, memang jurusan farmasi termasuk mahal. Akan tetapi jika kamu melihat dengan peluang kerja yang sangat luas maka semua bisa dianggap sepadan dengan harga yang harus dibayar. Maka apakah biaya kuliah farmasi mahal? kembali lagi tergantung dari kondisi mahasiswa itu sendiri.

Daftar Kampus Terbaik untuk Kuliah Jurusan Farmasi

  1. Universitas Indonesia.
  2. Universitas Gadjah Mada.
  3. Institut Teknologi Bandung.
  4. Universitas Airlangga.
  5. Universitas Andalas.
  6. Kampus atau Universitas Padjadjaran.
  7. Universitas Udayana.
  8. Universitas Sumatera.
  9. Kampus atau Universitas Hasanuddin.
  10. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
  11. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  12. Dan lainnya.
Untuk tingkat kesulitan berkuliah di jurusan ini relatif tergantung dengan masing-masing pribadi. Karena di dalam jurusan ini mahasiswa akan mempelajari banyak hal secara kompleks, seperti hitungan, hafalan, analisis, praktik lapangan, dan masih banyak lagi. Dengan begitu apakah biaya kuliah farmasi mahal?

Untuk berkuliah di jurusan farmasi memang tidaklah murah, akan tetapi jika dilihat dari prospek kerja atau peluang karir yang luas rasanya seperti sepadan. Selain itu ilmu dan praktikum yang bisa kamu dapatkan saat kuliah juga sangat bermanfaat. Jadi apakah biaya kuliah farmasi mahal? Hal ini bisa sangat relatif dan tergantung dari kondisi calon mahasiswa itu sendiri.