BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Macam-Macam Organisasi di Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran memiliki beberapa organisasi yang dapat Anda ikuti untuk mengembangkan wawasan pengetahuan, keterampilan, dan mendapatkan teman baru. Banyak mahasiswa yang baru masuk di Fakultas Kedokteran ingin mengikuti organisasi untuk menambah pengalaman. Tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa organisasi sekaligus asalkan Anda dapat membagi waktu antara organisasi dan kegiatan akademik.

Tujuan mahasiswa kedokteran mangikuti organisasi berbeda-beda asalkan masih bersifat positif. Dengan mengikuti organisasi di Fakultas Kedokteran diharapkan dapat terjun langsung ke masyarakat agar ilmu yang didapatkan selama menepuh pendidikan akademik dapat diaplikasikan langsung seperti Anamesis, Pemeriksaan Fisik, dan Pemeriksaan Penunjang. Bagi Anda yang masih bingung mencari kampus untuk kuliah kedokteran, disini kami merekomendasikan beberapa Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia yang dapat menjadi referensi disini.

Daftar Organisasi di Fakultas Kedokteran

Organisasi di Fakultas Kedokteran

1.  Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)

Dewan Perwakilan Mahasiswa adalah salah satu organisasi di Fakultas Kedokteran yang memiliki sifat legislatif dan bekerjasama tepat dibawah dekanat, ketua program studi, dan Civitas terkait dengan Fakultas Kedokteran. DPM memiliki fungsi menyalurkan segala aspirasi mahasiswa berkaitan dengan akademik, kemahasiswaan dan bidang-bidang yang ada di Fakultas Kedokteran.

Dewan Perwakilan Mahasiswa memiliki susunan pengurus meliputi Dewan Inti, Komisi I Internal, Komisi II Aspirasi, Komisi III Keorganisasian, Komisi IV IC (Information and Communication. Susunan pengurus ini berbeda-beda setiap Fakultas Kedokteran tergantung pada kesepakatan masing-masing.


2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Badan Eksekutif Mahasiswa atau disingkat BEM adalah organisasi yang memiliki sifat eksekutif dan memiliki beberapa program kerja sesuai dengan devisi yang ada di BEM Fakultas Kedokteran. Di BEM sendiri mahasiswa diberikan wadah untuk berpendapat meekspresikan ide-ide yang sekiranya positif dan dapat mempromosikan Fakultas Kedokteran melalui program kerja. 

Terdapat beberapa bidang di BEM Fakultas Kedokteran meliputi Bidang Internal, Bidang Eksternal, Bidang Kastrat, Bidang Pendidikan dan Profesi, Bidang Pengembangan Masyarakat, Bidang Infokom, Bidang Danus, Bidang Seni, Bidang Olahraga, dan Bidang Kerohanian. Bagi Anda yang baru saja memulai kuliah di Fakultas Kedokteran disarankan untuk mengikuti BEM untuk menambah wawasan, koneksi, dan kerjasama antar satu sama lain.


3. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah atau disingkat IMM adalah organisasi otonom yang bergerak dalam bidang keagamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan. IMM biasanya terdapat di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah dan beberapa FK lainnya. Jika Anda sebagai mahasiswa kedokteran muhammadiyah disarankan untuk mengikuti IMM dikarenakan akan banyak pengalaman berharga yang akan didapatkan disini. Biasanya Fakultas Kedokteran yang ada IMM mengadakan beberapa bakti sosial yang terjun langsung ke masyarakat. Hal ini dapat Anda maksimalkan sebaik mungkin untuk menambah skill Anamnesis, Pemeriksaan Fisik, dan Pemeriksaan Penunjang.

Terdapat beberapa bidang di Fakultas Kedokteran IMM meliputi bidang pengkaderan, bidang keilmuan, bidang kewirausahaan, bidang media, bidang dakwah, bidang kerohanian, bidang olahraga, bidang penabdian masyarakat, dan bidang-bidang lainnya.


4. Medical Rescue Team (MRT)

Medical Rescue Team atau disingkat MRT adalah organisasi semi otonom di Fakultas Kedokteran yang berada dalam naungan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan dibawah binaan Fakultas Kedokteran masing-masing. Tujuan dibentuknya MRT adalah untuk mengembangkan wawasan keilmuan dan keterampilan mahasiswa kedokteran yang dilakukan diluar kegiatan akademik serta terjun langsung ke masyarakat.

Terdapat beberapa devisi di Mecial Rescue Team meliputi Devisi Hubungan Masyarakat, Devisi Pencinta Alam, Devisi Medis Praktis, Devisi Pengabdian Masyarakat, Divisi Litbang, dan Devisi Logistik.


Itulah pembahasan mengenai Macam-Macam Organisasi di Fakultas Kedokteran, Semoga Bermanfaat!