BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Berapa Tahun Untuk Menjadi Dokter

Menjadi seorang dokter dibutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah Anda menempuh Sekolah Menengah Pertama (SMA) selama 3 Tahun dan memutuskan untuk kuliah kedokteran inilah awal Anda akan merasakan lamanya menempuh pendidikan dokter. Walaupun kuliah kedokteran itu lama tetapi waktu yang Anda rasakan akan cepat berlalu jika Anda menikmatinya bersama teman sejawat Anda.

Untuk menjadi seorang dokter diperkirakan waktu yang dibutuhkan yaitu selama 6 tahun meliputi pre-klinis dan klinis (Koass). Tidak sampai disitu, Anda juga akan dihadapkan oleh Ujian Kompetensi (UKMPPD), Internship (Pengabdian) dan Spesialis. Disini Kami akan membahas tahapan apa saja yang akan Anda lewati untuk menjadi dokter.

Berapa lama untuk menjadi seorang dokter?

1. Program Sarjana Kedokteran

Program Sarjana Kedokteran atau disebut pre-klinis merupakan tahapan pertama yang harus Anda lewati selama 3,5 hingga 4 tahun untuk mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Untuk mendapatkan Sarjana Kedokteran harus mengikuti semua program yang dilaksanakan di kampus kedokteran masing-masing mulai dari Masa Orientasi Mahasiswa sampai lulus sidang Skripsi.

Selama menempuh pre-klinis Anda akan diajarkan kamampuan seperti Anemnesis, Skill lab, dan pendalaman materi contohnya Anatomi, Histologi, Biokimia dan lainnya. Waktu yang Anda tempuh disini terasa akan cepat berlalu jika dilewati bersama tema-teman angkatan Anda.


2. Program Profesi (Koas)

Setelah mendapatkan Sarjana Kedokteran Anda akan disebut sebagai Dokter Muda, selanjutnya Anda harus melewati pendidikan profesi untuk mendapatkan gelar dokter sesungguhnya. Program profesi juga dikenal dengan sebutan Koas yang membutuhkan waktu sekitar 1.5 - 2 tahun.

Selama menempuh Koas nantinya Anda akan mengaplikasikan semua pelajaran yang telah didapatkan selama pre-klinik ke pasien secara langsung. Disini Anda akan belajar mensesuaikan materi dengan praktik di lapangan.


3. Ujian Kompetensi (UKMPPD)

Ujian Kompetensi atau UKMPPD merupakan tahapan selanjutnya yang harus dilewati sebelum dapat praktik dan mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR). Persiapkanlah diri Anda sebaik-baiknya dalam menghadapi Ujian Kompetensi ini dikarenakan banyak calon dokter susah untuk lulus di ujian ini. Kami merekomendasikan Anda untuk mengikuti bimbel kedokteran sehingga persiapan akan lebih matang dan hasil lebih maksimal.


4. Internship

Internship atau dikenal dengan istilah magang merupakan tahapan dimana dokter akan ditempatkan untuk praktik di tempat yang ada Surat Izin Praktek (SIP). Tempat praktik ini bisa meliputi puskesmas, rumah sakit tipe C, dan rumah sakit tipe lainnya. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh Internship ini sekitar 1 tahun.


5. Spesialis

Spesialis merupakan pilihan jika Anda ingin melatih ilmu dan skill terkait stau spesialis seperti spesialis penyakit dalam, kulit, dan lainnya. Tidak semua dokter akan mengambil spesialis akan tetapi jika Anda ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya dapat mencoba menjadi spesialis.

Kesimpulannya untuk menjadi dokter spesialis dibutuhkan waktu yang cukup lama yaitu kurang lebih 12 tahun. Jadi, kuatkanlah mental dan pikiran selama menjalani semua ini agar kelak Anda menjadi dokter yang luar biasa, Semangat!


Itulah pembahasan mengenai Berapa Tahun Untuk Menjadi Dokter, Semoga Bemanfaat!