Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Fakultas Kedokteran Terbaik di Surakarta Solo

Surakarta memiliki beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Dikenal dengan sebutan kota batik membuat Surakarta menjadi destinasi bagi masyarakat lokal hingga luar negeri. Bahkan, banyak juga calon mahasiswa baru ingin menempuh pendidikan kedokteran di Surakarta.

Menjadi seorang Dokter bukanlah hal yang mudah. diperlukan kerja keras yang ekstra dalam hal belajar dan keterampilan skill. Dokter merupakan profesi yang mulia karena berhubungan dengan menyelamatkan nyawa seseorang. Jika Anda ingin menjadi dokter, cobalah untuk mendaftarkan diri di fakultas kedokteran negeri ataupun swasta, semua fakultas kedokteran itu sama saja tergantung bagaimana kita mengembangkan diri. Anda bisa belajar dengan soal-soal SBMPTN ataupun mengikuti bimbel kedokteran agar hasil yang didapatkan akan lebih maksimal. Kami merekomendasikan beberapa fakultas kedokteran terbaik di Surakarta solo yang dapat menjadi pilihan Anda.

Berikut Daftar 2 Fakultas Kedokteran Terbaik di Surakarta Solo

2 Fakultas Kedokteran Terbaik di Surakarta Solo

1. Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret UNS

Fakultas Kedokteran UNS

Sejarah Fakultas Kedokteran UNS

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) berdiri di tanggal 11 Januari 1976, dengan dasar hukum Keppres. No. 10 tanggal 8 Maret 1976. Sebagai hasil "merger" Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) dan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII). Sebelumnya Universitas Surakarta namanya Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret disingkta UNS, yang disebut penggabungan dari 5 elemen perguruan tingii yang berada di Suarakarta di saat itu. Lima Perguruan Tinggi itu ialah:

  1. Institut Keguruan dan Pengetahuan Pendidikan (IKIP) Negeri Surakarta.
  2. Sekolah Tinggi Olahraga (STO) Negeri Surakarta.
  3. Akademi Administrasi Niaga (AAN) Surakarta
  4. Universitas Kombinasi Surakarta (UGS) yang disebut kombinasi beberapa Universitas Swasta Surakarta. Dari ke-4 Universitas Swasta itu yang mempunyai Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Indonesia Cabang Surakarta
  5. Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) Cabang Surakarta di bawah Departemen Hankam.

Alamat Fakultas Kedokteran UNS

Kedokteran UNS yang beralamtkan di Jl. Kolonel Sutarto, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa tengah

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran UNS

Visi :

Menjadi unversitas yang memiliki prodi kedokteran sebagai pusat pengembangan IPTEKbereputasi Internasional, serta menghasilkan sarjana kedokteran kompeten dan unggul, berorientasi pada kedokteran komunitas.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berkualitas dan terstandard, untuk menghasilkan Sarjana Kedokteran yang kompeten dan unggul, berorientasi pada bidang Kedokteran komunitas;
  2. Mengembangkan Riset dan pengabdian masyarakat berbasis IPTEK Kedokteran, dengan hasil riset yang bermanfaat dan memberikan solusi pada masalah kesehatan di masyarakat;
  3. Menyelenggarakan tata kelola Prodi berkualitas berbasis good governance;
  4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Mengembangkan program pendukung Internasionalisasi Program Studi Kedokteran dan Universitas Sebelas Maret.

        Biaya Fakultas Kedokteran UNS

        Biaya yang diberikan untuk mahasiswa kedokteran bedasarkan UKT yang dipisah perkelompok dari 1-8 dan bidikmisi.

        • Golongan I = Rp. 500.000
        • Golongan II = Rp. 1.000.000
        • Golongan III = Rp. 6. 750.000
        • Golongan IV = Rp. 10.250.000
        • Golongan V = Rp. 13.700.000
        • Golongan VI = Rp. 17.500.000
        • Golongan VII = Rp. 19.500.000 
        • Golongan VIII= Rp. 30.224.000
        • Bidikmisi = Rp. 2.400.000

        Cara dan Syarat Pendaftaran Fakultas Kedokteran UNS

        Untuk memperoleh info tentang cara dan syarat pendaftaran kedokteran Universitas Sebelas Maret kalian bisa buka situs https://prodikedokteran.fk.uns.ac.id/ dan https://fk.uns.ac.id dan nomor telephone yang bisa dikontak 0271 664178. 


        2. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta UMS

        Fakultas Kedokteran UMS

        Sejarah Fakultas Kedokteran UMS

        Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai salah satunya fakultas yang umurnya belum tua di Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan sebagai salah satunya fakutas yang paling disukai oleh beberapa orang di Kota Surakarta dan sekelilingnya. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta diselengarakan berdasar Surat Keputusan Dikti Nomor: 1260/D/T/2004. Sekarang ini status legalisasi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta ialah B berdasar SK BAN-PT No. 242/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/XII/2013.

        Program Study Pendidikan Dokter (S1) dibangun di tahun 2004. Tahapan pendidikan terdiri atas Pendidikan Sarjana Kedokteran dan Pendidikan Karier Dokter. Perkuliahan akan berjalan di universitas, rumah sakit dan praktik di atas lapangan dengan sistem evaluasi Masalah Based Learning, di mana mahasiswa semenjak duduk di semester awalnya akan belajar secara integratif dalam blok-blok yang memakai pendekatan panduan 7 cara (seven jump). Dan Pendidikan Karier Dokter akan berjalan penuh di dalam rumah sakit umum wilayah.

        Di tahun tuntunan 2008/2009 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta mulai mengaplikasikan Kurikulum Berbasiskan Kapabilitas (KBK) dengan sistem pendekatan Masalah Based Learning (PBL). Kompentensi yang diartikan ialah kapabilitas yang sudah diputuskan oleh Konsil Kedokteran Indonesia. Dan pendekatan masalah based learning yang dipakai ialah intinya dengan panduan 7 cara (seven jump) dengan memakai skenario sebagai penyebab evaluasi. Taktik evaluasi lain masih tetap dipakai secara seimbang.


        Visi dan Misi Fakultas Kedokteran UMS

        Visi :

        Menjadikan fakultas kedokteran Islami yang unggul di bidang kedokteran keluarga untuk kemaslahatan umat manusia pada tahun 2029 serta misinya sebagai berikut:

        Misi :

        1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang menghasilkan lulusan dokter profesional & berkualitas dengan keunggulan kedokteran keluarga yang memberi kemaslahatan kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan menerapkan nilai-nilai keislaman.
        2. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang mampu menghasilkan karya ilmiah yang diakui di tingkat nasional maupun intemasional.
        3. Menyelenggarakan kerjasama di tingkat nasional maupun internasional.
        4. Menyelenggarakan tatakelola lembaga pendidikan kedokteran yang profesional dan dilandasi nilai-nilai keislaman.

        Biaya Fakultas Kedokteran UMS

        Kedokteran Universitas Muhammadiya mempunyai ongkos Dana Peningkatan sejumlah Rp. 114.000.000 dan ongkos per-SKS sejumlah Rp. 650.000. 

        Cara dan Syarat pendaftaran Fakultas Kedokteran UMS

        Untuk info yang lebih mendalam tentang cara dan syarat pendaftaran kedokteran UMS kalian bisa datangi situs kedokteran UMS yakni http://kedokteran.ums.ac.id/ dan nomor teleponnya (0271) 716844.

        Penutup

        Itulah pembahasan mengenai 2 Fakultas Kedokteran Terbaik di Surakarta Solo, Menjadi seorang dokter adalah cita-cita bagi setiap orang.Untuk mewujudkannya dibutuhkan kerja keras yang tinggi. Cobalah untuk mendaftarkan diri di fakultas kedokteran yang berada di Surakarta Solo sehingga kelak Anda bisa menjadi dokter yang sukses.

        Posting Komentar untuk "2 Fakultas Kedokteran Terbaik di Surakarta Solo"