BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Turki

Turki merupakan salah satu negara yang punyai fakultas kedokteran terbaik di dunia. Dikenal dengan sebutan "Eurasia" ini bikin Turki jadi pusat tempat rekreasi serta pendidikan yang paling tenar. Beberapa orang yang pengin berangkat ke Turki buat berlibur namun ada yang mau tempuh pendidikan di sini. Kedokteran Turki tidak boleh disangsikan kembali, tiap tahun kedokteran Turki miliki tingkat animo yang tinggi sekali serta membuat calon dokter dengan mutu yang bagus.

Buat Anda yang tertarik kuliah kedokteran di Turki kami memberi sejumlah daftar kedokteran yang jadi yang diutamakan atau dapat disebut benar-benar tersohor di Turki. Anda bisa cari informasi berkenaan kuliah kedokteran di luar negeri mulai saat ini, perihal ini lantaran sangat banyak prasyarat yang perlu Anda akhiri saat sebelum bisa mendaftarkan diri di Kedokteran Turki. Seusai Anda lulus SMA mulai untuk menyiapkan diri hadapi beberapa jenis ujian masuk, Anda bisa latihan menjawab beberapa soal SBMPTN ataupu mengikut bimbel spesial kedokteran, hingga hasil yang diterima tambah lebih optimal.

Kedokteran adalah panggilan yang hanya dapat diperhatikan oleh sedikit orang, sebagian besar karena biaya sekolah kedokteran. Dengan demikian, banyak siswa yang mengarahkan pandangan mereka untuk belajar kedokteran di negara-negara seperti Turki. Menurut perkiraan, biaya kuliah di sekolah kedokteran swasta Turki berkisar dari $15.000 hingga $25.000.

Ini jauh sekali dibandingkan dengan negara-negara seperti Amerika Serikat, di mana biaya kuliah tahunan berkisar dari sekitar $35.000 hingga $58.000.

Apa persyaratan untuk belajar Kedokteran di Turki?

Persyaratan tergantung pada sekolah. Beberapa menawarkan biaya kuliah gratis bagi mereka yang telah lulus Ujian Siswa Internasional (YÖS) dan ujian TOEFL IBT atau IELTS. IPK dan GRE yang tinggi juga diperlukan untuk masuk ke sekolah kedokteran negeri.

Sekolah kedokteran swasta, di sisi lain, biasanya tidak mengharuskan pelamar untuk menjalani Ujian Mahasiswa Internasional.

Namun, mereka harus memiliki skor IPK tinggi (80% atau lebih tinggi), GRE, dan TOEFL IBT/IELTS. Karena mereka memiliki lebih banyak slot untuk siswa internasional, tingkat penerimaan di universitas swasta lebih tinggi.

Mendaftar ke sekolah kedokteran di Turki bisa menjadi proses yang sulit, jadi kami telah menyediakan panduan tentang Cara Belajar di Turki untuk Siswa Internasional. Panduan ini akan memberi Anda gambaran umum tentang proses aplikasi, jadi lihatlah!

Berapa Biaya Belajar di Sekolah Kedokteran Turki?

Seperti disebutkan dalam pendahuluan, biayanya mulai dari $15.000 hingga $25.000 per tahun untuk belajar di sekolah kedokteran swasta. Selain itu, Anda akan perlu membayar biaya hidup seperti sewa, makanan, dan biaya transportasi. Biaya ini akan tinggi bagi banyak siswa internasional, tetapi ada beberapa cara agar Anda dapat belajar secara gratis. Jika Anda tertarik, lihat Cara Belajar di Turki Gratis (10 Langkah).

Berapa lama untuk belajar di Sekolah Kedokteran di Turki?

Dibandingkan dengan AS di mana sekolah kedokteran membutuhkan waktu 4 tahun, Anda akan membutuhkan 6 tahun untuk belajar kedokteran di Turki. Tahun pertama dan kedua terdiri dari pendidikan sains dasar, sedangkan tahun ketiga sekolah berurusan dengan patologi dan penyakit.

Tahun keempat dan kelima difokuskan pada magang klinis, sedangkan siswa tahun keenam bertugas sebagai dokter biasa. Meskipun mereka disebut magang, dokter ini menerima kompensasi untuk tugas rumah sakit mereka.

7 Daftar Fakultas Kedokteran Terbaik di Turki

7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Turki


1. Fakultas Kedokteran Universitas Hacettepe

Pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Hacettepe, pada tahun 1963, didahului oleh pembentukan Departemen Anak di Ankara. Apa yang membuat Fakultas Kedokteran mereka menonjol di antara para pesaing adalah bahwa mereka mengintegrasikan ruang lingkup banyak bidang dalam satu mata pelajaran, yang mempersingkat masa pra-klinis dan klinis mereka. Akibatnya, Universitas Hacettepe adalah sekolah kedokteran terbaik di Turki. Mereka juga menawarkan 30% dari program mereka dalam bahasa Inggris, yang membuat program medis mereka ramah asing.

2. Fakultas Kedokteran Universitas Istanbul

Fakultas Kedokteran Universitas Istanbul dianggap sebagai sekolah kedokteran pertama di Turki yang berdiri sejak tahun 1453, tetapi belum didirikan hingga tahun 1827. Sebagai sekolah kedokteran pertama di Turki, ini adalah perbatasan pendidikan kedokteran Turki yang menawarkan ilmu kedokteran modern dengan teknologi terkini. .

Pada tahun 1967, karena konflik administrasi dan pendidikan, Fakultas Kedokteran dipisahkan menjadi dua: Fakultas Kedokteran stanbul dan Fakultas Kedokteran Cerrahpaşa. Cerrahpaşa Journal of Medicine adalah salah satu platform terkemuka untuk publikasi medis di Turki. Mereka menawarkan program medis mereka dalam bahasa Inggris dan Turki.

3. Fakultas Kedokteran Universitas Ankara

Setelah Turki menjadi Republik, terjadi peningkatan jumlah mahasiswa kedokteran yang tidak bisa lagi ditampung oleh Fakultas Kedokteran Istanbul. Kebutuhan akan sekolah kedokteran lain sangat besar, yang mengakibatkan berdirinya Sekolah Kedokteran Ankara pada tahun 1945. Maka Sekolah Kedokteran Universitas Istanbul adalah sekolah kedokteran pertama di Turki, tetapi Universitas Ankara adalah sekolah kedokteran pertama yang dibangun di Republik dari Turki.

Dan setelah hanya beberapa tahun, dengan cepat muncul sebagai salah satu sekolah kedokteran terbaik di Turki. Pada tahun 2018, mereka meluncurkan program medis yang diajarkan sepenuhnya dalam bahasa Inggris agar lulusan mereka dapat bekerja secara internasional dan untuk menarik siswa internasional juga.

4. Fakultas Kedokteran Universitas Ege

Berlawanan dengan tiga universitas sebelumnya, program medis Universitas Ege hanya menggunakan bahasa Turki sebagai bahasa pengantar. Pendekatan mereka dalam pendidikan kedokteran menggunakan Program Integrasi Vertikal yang berbasis organ. Ege University juga merupakan salah satu sekolah kedokteran pertama di Turki yang diakreditasi oleh Badan Akreditasi Pendidikan Kedokteran Nasional (TEBDAD). Dilengkapi dengan infrastruktur dan program medis untuk memberikan pendidikan kedokteran yang sangat baik seperti laboratorium pasien simulasi, modul studi khusus, program pelatihan penelitian, dan banyak lagi.

Mereka selalu terbuka untuk siswa internasional; tahun ajaran pertama mereka pada tahun 1955 bahkan termasuk 20 asing dari 90 siswa. Namun, mereka mengharuskan siswa non-Turki untuk lulus tes Kecakapan Bahasa Turki. Nilai yang gagal berarti bahwa siswa harus menjalani program persiapan berdasarkan kemampuan bahasa mereka.

5. Fakultas Kedokteran Universitas Dokuz Eylül

Universitas Ege tumbuh menjadi institusi besar dengan banyak fasilitas dan sekolah di berbagai provinsi. Sejalan dengan itu, pada tahun 1982 Universitas Ege dipecah melalui Undang-Undang Yayasan Perguruan Tinggi No. 41. Beberapa fasilitasnya menjadi dasar dari banyak universitas, termasuk Universitas Dokuz Eylül. Universitas Dokuz Eylül adalah mosaik dari banyak fasilitas dari Universitas Ege, Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, dan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Maju cepat hingga saat ini, universitas Dokuz Eylül sekarang menjadi salah satu sekolah kedokteran terbaik di Turki, setara dengan Universitas Ege. Dan seperti Universitas Ege, mereka menerima mahasiswa internasional tetapi hanya menggunakan bahasa Turki sebagai media pengajaran.

6. Fakultas Kedokteran Universitas Koç

Jika Anda tertarik untuk mendaftar di Universitas Koç, bersiaplah untuk menghadiri beberapa kampus mereka saat mereka mengajar tiga tahun pertama program medis di Kampus Rumeli Feneri mereka. Sementara kepaniteraan klinis di Rumah Sakit Pelatihan dan Penelitian Universitas Koç mereka yang berbasis di Topkapi. Pendidikan kedokteran mereka dalam bahasa Inggris dan mengikuti perintah Doric dengan profesionalisme pada kubahnya, silabus berbasis anatomi pada kolom pendukung, dan program penelitian dan kesehatan masyarakat pada dasarnya. Sekolah kedokteran top di Turki ini bertujuan untuk menggunakan model ini dalam menghasilkan dokter yang sangat baik dan berpengetahuan luas yang mampu menangani masalah kesehatan abad ke-21.

7. Fakultas Kedokteran Universitas Gazi

Mirip dengan Universitas Dokuz Eylül, Universitas Gazi juga terdiri dari berbagai fasilitas dari berbagai sekolah. Dan untuk Universitas Gazi, ini berasal dari Guru Teknik Tinggi Ankara dan Sekolah Tinggi Teknik Gadis Ankara, Akademi Ilmu Ekonomi dan Komersial Ankara, dan Akademi Arsitektur Teknik Negeri Ankara.

Fakultas Kedokteran Universitas Gazi, salah satu universitas kedokteran terkemuka di Turki, sebelumnya merupakan bagian dari Akademi Ilmu Ekonomi dan Komersial Ankara, yang dibangun dari bekas Rumah Sakit Darurat dan Traumatologi pada tahun 1979. Pada tahap awal, Fakultas Kedokteran menderita karena kurangnya fasilitas dan laboratorium, di mana mereka dipasok oleh barak yang diubah di dekatnya. Setelah bertahun-tahun akuisisi properti dan peningkatan pendidikan, Universitas Gazi naik menjadi salah satu lembaga terkemuka di bidang kedokteran dan universitas negeri pertama yang diakreditasi oleh Institut Standar Kualitas Turki (TQSI).


Tersebut ulasan berkaitan 7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Turki, Turki punyai fakultas kedokteran terbaik di dunia. Tidak aneh, banyak calon mahasiswa anyar berebutan ingin kuliah di kedokteran Turki. Kuliah di luar negeri saat ini tidak cuma impian saja, telah banyak yang bisa memberikan bukti, saat ini bergantian Anda buat coba. Mudah-mudahan Anda nantinya dapat menjadi calon dokter yang sukses serta berfaedah untuk masyarakat ramai, Amin.