Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa fakultas kedokteran gigi terbaik bagi Anda yang ingin kuliah kedokteran gigi. Sekarang, Fakultas Kedokteran Gigi sudah banyak yang memiliki Akreditasi A. Mulai dari fakultas kedokteran gigi negeri hingga swasta. FKG swasta tidak kalah bagus dengan FKG negeri, hal yang membedakan disini hanya pada cara masuk dan biaya. Akan tetapi, sistem pendidikan dokter gigi di semua fakultas sama saja seperti prasarana, fasilitas, dan modul pembelajaran.

Universitas kedokteran yang ada kedokteran gigi tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang hingga Marauke. Jadi Anda tidak akan kebingungan harus memilih FKG mana yang sesuai minat Anda. Setelah tamat SMA cobalah untuk mencari informasi mengenai jadwal penerimaan fakultas kedokteran gigi karena setiap kampus akan berbeda-beda.

Jauh sebelum hari ujian tes masuk, mulailah untuk mempersiapkan diri Anda sebaik mungkin. Cobalah untuk menjwab soal-soal SBMPTN ataupun soal terkait secara rutin setiap hari. Bila perlu, cobalah untuk mengikuti bimbel kedokteran sebelum ujian masuk. Hal ini bertujuan agar hasil yang Anda dapatkan akan lebih maksimal sehingga Anda dinyatakan lulus di fakultas kedokteran gigi pilihan.


Berikut 7 Daftar Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia

7 FKG Terbaik di Indonesia


1. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI)

FKG UI merupakan salah satu fakultas kedokteran gigi di Indonesia yang memiliki Akreditasi A sejak tahun 2014. Universitas Indonesia dapat dikatakan perguruan tinggi tertua yang mempunyai banyak program studi yang terakreditasi A. Tidak heran, mahasiswa baru banyak yang menargetkan FKG UI sebagai pilihan untuk menjadi dokter gigi. Berdasarkan Versi SIR 2021 FKG UI menempati peringkat 238 dunia.

2. Fakultas Kedokteran Gigi Universiats Hasanuddin (Unhas)

FKG Universitas Hasanuddin atau sering disingkat FKG Unhas merupakan fakultas kedokteran gigi yang terletak di pulau Sulawesi. Program studi Kedokteran Gigi Unhas memiliki akreditasi A. Tidak heran, pada SBMPTN 2019 peminat Kedokteran Gigi Unhas tembus 2000 peminat. Berdasarkan versi SIR 2021 FKG Unhas menempati peringkat 277 dunia.

3. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (Unair)

FKG Unair merupakan salah satu fakultas kedokteran gigi terbaik di Jawa Timur. Fakultas Kedokteran Gigi Unair memiliki akreditasi A sejak tahun 2014. Berdasarkan versi SIR 2021 FKG Unair menempati peringkat 293 dunia.

4. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (UGM)

FKG UGM adalah salah satu fakultas kedokteran gigi terbaik di Yogyakarta. Sejak tahun 2014 Fakultas Kedokteran Gigi UGM memiliki akreditasi A. Tidak heran, pada SBMPTN 2019 jumlah peminat FKG UGM tembus 4000 peminat. Berdasarkan data versi SIR 2021 FKG UGM menempati peringkat 450 dunia.

5. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran (Unpad)

FKG Unpad adalah salah satu fakultas kedokteran gigi terbaik di Bandung. Fakultas Kedokteran Gigi Unpad memiliki akreditasi A. Hal ini membuat banyak calon mahasiswa baru ingin masuk disini. Tercatat pada SBMPTN 2019 FKG Unpad memiliki peminat mencapai 3000 peminat. Berdasarka data versi SIR 2021 FKG Unpad menempati peringkat 479 dunia.

6. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti

FKG Trisakti merupakan salah satu fakultas kedokteran gigi swasta yang memiliki akrediatsi A sejak tahun 2015. Tidak banyak fakultas kedokteran gigi swasta yang memiliki akrediatsi A seperti Universitas Trisakti. Berdasarkan data versi SIR 2021 Universitas Trisakti menempati peringkat 490 dunia.

7. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (Unej)

Terakhir yaitu FKG Unej yang merupakan salah satu fakultas kedokteran gigi terbaik selain FKG Unair di Jawa Timur. Sejak tahun 2016 FKG Unej memiliki akreditasi A dengan jumlah peminat yang tinggi pada SBMPTN 2019.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai 7 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia. Menjadi dokter gigi adalah impian bagi semua orang. Hal ini dikarenakan dokter gigi dapat bermanfaat bagi masyarakat luas yang memiliki kelainan pada gigi dan mulut. Doker gigi juga dapat dibilang memiliki lapangan pekerjaan yang luas. Jadi, tidak perlu takut lagi setelah lulus akan menganggur. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "7 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia"