BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Waspada! Ini Bahaya Kecoa bagi Kesehatan & Cara Mengusirnya

Kecoa menjadi salah satu serangga yang kerap mengganggu lingkungan rumah. Tak hanya mengganggu, ternyata, terdapat berbagai bahaya kecoa bagi kesehatan manusia, lho. Lantas, apa saja bahaya kecoa bagi manusia?

Waspada! Ini Bahaya Kecoa bagi Kesehatan & Cara Mengusirnya

Salah satu dampak kecoa bagi kesehatan adalah dapat menimbulkan efek alergi. Bagi beberapa orang, kecoa berisiko menimbulkan gatal-gatal, pilek, batuk, hingga sesak napas.


Untuk mengetahui efek kecoa terhadap kesehatan manusia selengkapnya, mari simak ulasan di bawah ini.

Bahaya Kecoa bagi Kesehatan Manusia yang Perlu Diwaspadai

Efek kecoa adalah hal yang perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan kecoa kerap membawa bakteri ataupun parasit yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, di antaranya:

1. Alergi

Bahaya kecoa bagi kesehatan yang pertama adalah berisiko memunculkan alergi pada manusia.


Walaupun jarang terjadi, kecoa dapat menimbulkan efek alergi hingga anafilaksis (alergi berat) pada sebagian orang. Beberapa gejalanya ialah gatal-gatal, sesak napas, hingga pingsan.


Anafilaksis merupakan dampak kecoa bagi kesehatan yang berbahaya karena berisiko menyebabkan kematian. Oleh karenanya, segera kunjungi dokter apabila mengeluhkan gejala anafilaksis tersebut.

2. Luka Gigitan

Meskipun tidak selalu terjadi, kecoa juga dapat menggigit bagian tubuh manusia, terutama pada kuku atau jari kaki.


Luka gigitan ini perlu ditangani dengan segera karena berisiko berkembang menjadi infeksi. Bahkan, bila tidak ditangani dengan tepat, luka gigitan kecoa dapat memicu infeksi yang sangat berbahaya, seperti leptospirosis.

3. Keracunan

Bahaya kecoa bagi manusia berikutnya adalah keracunan. Kecoa merupakan salah satu hewan yang dapat menyebarkan berbagai bakteri, termasuk Salmonella sp.


Bila mengontaminasi makanan, bakteri yang dibawa oleh kecoa tersebut dapat memicu keracunan hingga menyebabkan demam tifoid atau tipes.

4. Masalah Pencernaan

Tak hanya bakteri Salmonella sp., kecoa juga rentan membawa mikroba patogen lainnya, seperti Shigella, Pseudomonas aeruginosa, E. coli, rotavirus, cacing, ataupun virus hepatitis A.


Jika mengontaminasi makanan, mikroba tersebut berisiko menyebabkan berbagai masalah pencernaan, di antaranya cacingan, diare, hingga hepatitis A.

5. Asma

Bagi penderita asma, kecoa merupakan salah satu hewan yang perlu dihindari. Pasalnya, kecoa membawa zat alergen yang dapat memicu kambuhnya asma serta menimbulkan gejala berupa mata berair, bersin-bersin, napas berbunyi (mengi), dan ruam pada kulit. 

Cara Membasmi Kecoa yang Mudah, Efektif, dan Aman

Karena terdapat bahaya kecoa yang berisiko memengaruhi kesehatan tubuh, ada baiknya untuk membasmi hewan tersebut dari lingkungan sekitar.


Namun, perlu diketahui bahwa untuk membasmi kecoa ini tidak bisa sembarangan, seperti dipukul atau diinjak hingga tubuhnya hancur. Pasalnya, di dalam tubuh kecoa terdapat parasit atau cacing halus yang berbahaya jika menginfeksi manusia.


Maka dari itu, disarankan untuk membasmi kecoa menggunakan obat pembasmi serangga yang efektif dan aman, salah satunya adalah Force Magic.


Force Magic mengandung senyawa aktif yang terbuat dari bahan alami, yaitu synthetic pyrethroid. Di mana, senyawa tersebut dapat terurai dengan mudah di lingkungan sehingga aman untuk kesehatan manusia.


Itulah beberapa bahaya kecoa bagi kesehatan manusia yang perlu diwaspadai.


Oleh karenanya, selalu pastikan kebersihan lingkungan sekitar agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat membahayakan tubuh, ya.


Jangan lupa, healthy product for healthy family!


Referensi 

https://www.alodokter.com/bahaya-kecoa-dan-cara-mengusirnya-dengan-mudah

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/bahaya-kecoa-untuk-kesehatan-manusia/