BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

3 Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Terbaik di Bandung

Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat terbaik di Bandung adalah ilmu yang mempelajari tentang pencegahan dan pengobatan penyakit kepada seseorang atau masyarakat. Ilmu ini bertujuan untuk menjaga dan juga mempromosikan kesehatan sosial.

Di dalam proses belajarnya, mahasiswa akan mengetahui tentang hubungan antara manusia, lingkungan, dan juga metode pencegahan penyakit. Untuk kamu yang memiliki kepedulian tinggi terhadap perkembangan kesehatan di Indonesia, prodi yang satu cocok untuk kamu.

Kamu nantinya akan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kesehatan. Tidak hanya dalam bentuk teori, tetapi juga praktik-praktik mewujudkan kesehatan.

Berapa Lama Kuliah di Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM)

Lama kuliah di Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) dapat bervariasi tergantung pada jenjang pendidikan yang diambil, yaitu program Sarjana (S1), Magister (S2), atau Doktor (S3). Untuk program Sarjana (S1), biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 tahun atau 8 semester untuk menyelesaikan program studinya. Sedangkan untuk program Magister (S2), membutuhkan waktu sekitar 2 tahun atau 4 semester. Sementara itu, untuk program Doktor (S3), lama studi bervariasi tergantung pada kecepatan penyelesaian tesis dan persyaratan program studi yang harus dipenuhi. Biasanya, lama studi untuk program Doktor memakan waktu sekitar 3-5 tahun setelah menyelesaikan program Magister. 

Apa Saja Syarat kuliah di Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM)

Syarat kuliah di Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) tergantung pada jenjang pendidikan yang diambil, seperti program Sarjana (S1), Magister (S2), atau Doktor (S3). Beberapa persyaratan umum yang biasanya diperlukan untuk kuliah di IKM adalah lulusan SMA atau sederajat untuk program Sarjana, atau lulusan Sarjana untuk program Magister dan Doktor, serta mengikuti proses seleksi dan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk program Magister dan Doktor, diperlukan persyaratan tambahan, seperti memiliki pengalaman kerja di bidang kesehatan, memiliki nilai rata-rata yang baik pada tingkat pendidikan sebelumnya, serta mengajukan proposal penelitian atau riset yang akan dilakukan selama masa studi. Persyaratan yang lebih detail dapat dilihat pada website resmi perguruan tinggi yang dituju.

Apa Saja Materi Pelajaran di Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM)

Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang cara-cara untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Materi pelajaran yang diajarkan dalam IKM mencakup berbagai topik seperti epidemiologi, biostatistik, kesehatan lingkungan, kebijakan kesehatan, manajemen kesehatan, promosi kesehatan, dan perilaku kesehatan.

Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Terbaik di Bandung

Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Terbaik di Bandung


Jika kamu memilih jurusan yang satu ini, kamu tidak perlu takut ilmu yang dipelajari sia-sia. Hal ini karena Ilmu Kesehatan Masyarakat masih akan terus dibutuhkan. Nantinya mahasiswa akan belajar tentang ilmu peningkatan taraf hidup dan juga kesehatan masyarakat, caranya dengan melakukan pengorganisasian di masyarakat.

Dalam prodi ini, mahasiswa juga akan mempelajari ilmu medis ditambah dengan ilmu sosial. Mahasiswa akan belajar tentang cara menentukan besaran distribusi penyakit di sebuah wilayah, menentukan kondisi kesehatan dengan cara kuantitatif, melakukan analias dampak lingkungan terhadap kesehatan masyarakat, dan juga faktor keselamatan serta kesehatan kerja.

Mahasiswa juga akan mempelajari ilmu gizi, manajemen serta administrasi kebijakan kesehatan, dan melakukan penyuluhan kesehatan. Dengan demikian, ilmu ini sangat dibutuhkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat.

Terdapat sejumlah universitas dan Sekolah Tinggi di bandung yang memiliki Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat terbaik di Bandung serta prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat.
 

1. Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran

Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran
Sekarang ini siapa yang tidak tahu dengan universitas yang satu ini. Universitas Padjadjaran atau Unpad ini populer dan memiliki kualitas pendidikan yang terbaik. Sehingga banyak yang berminat di Unpad dan membuat peluang masuk Unpad menjadi lebih ketat.

Unpad juga memiliki Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat pada jenjang Program Magister. Program studi ini berada di bawah Fakultas Kedokteran yang memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman studi yang menuju kearah keahlian akademik.

Fakultas ini tersedia 5 Program Studi, yang di dalamnya terdapat Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Unpad sendiri memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan memiliki daya saing global. Sehingga menggunakan proses pembelajaran yang sistematis dan terstruktur.

Unpad ini juga sudah mendapatkan tingkat akreditasi A dari keputusan LAM-PTKes. Terdapat 2 program, yakni Program Reguler dan Program RPL.
 

2. Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Bhakti Kencana

Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Bhakti Kencana
Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat terbaik di Bandung selanjutnya ada Universitas Bhakti Kencana. Dimana Sekolah Tinggi Kesehatan ini memiliki Fakultas Ilmu Kesehatan. Dalam Fakultas ini ada Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat.

Program studi ini sendiri menyelenggarakan pendidikan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan ahli kesehatan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan pada masyarakat dengan prinsip pemberdayaan.

Prodi ini memiliki 8 kajian ilmu, yang meliputi Epidemiologi, Kesehatan Reproduksi, Biostatistik, Gizi Kesehatan Masyarakat, Administrasi Kebijakan Kesehatan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, dan Promosi Kesehatan.

3. Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat STiKes INDOnesia Wirautama

Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat STiKes INDOnesia Wirautama
  • Website
  • Penerimaan
Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat terbaik di Bandung selanjutnya ada STiKes INDOnesia Wirautama atau (STKINDO). Program studi yang satu ini sudah terakreditasi B dengan fokus untuk memberikan sumbangsih untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Indonesia dan dunia.

Hal ini dilakukan dengan melalui pengembangan ilmu pengetahuan, profesi kesehatan, dan teknologi masyarakat yang bermutu dan juga terpercaya.

Dengan memiliki profile lulusan untuk memahami konsep dasar kesehatan dan faktor yang mempengaruhi kesehatan masyarakat. Selain itu juga memahami permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat dan cara menangani.

Termasuk mampu mengumpulkan, menganalisis, dan juga menginterpretasikan data kesehatan masyarakat. Sehingga untuk kamu yang ingin berkuliah di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat bisa memilih universitas yang satu ini.
Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa yang memilih lanjut kuliah di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat ini akan menemukan mata kuliah, diantaranya:
  • Etika dan Kode Etik Kesehatan
  • Sejarah dan Pendekatan Kesehatan Masyarakat
  • Pengantar Ilmu Pendidikan
  • Mikrobiologi
  • Biokimia
  • Dasar Dasar Kesehatan Masyarakat
  • Analisa Kualitas Lingkungan
  • Perencanaan dan Evaluasi Promosi Kesehatan
  • Manajemen Penyehatan Makanan dan Minuman
  • Dan lain sebagainya.

Profesi dan Karir Lulusan Kesehatan Masyarakat

Dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat terbaik di Bandung ini lulusan prodi Kesehatan Masyarakat nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat dan bisa berkarir di bagian administrasi Kebijakan Kesehatan. Baik bekerja di rumah sakit, asuransi kesehatan, atau klinik.

Lulusan Ilmu Kesehatan Masyarakat ini juga bisa berkarir sebagai ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 di berbagai perusahaan. Tidak hanya itu, lulusan dari jurusan ini juga bisa menjadi penyuluh kesehatan, peneliti dan pengajar di bidang kesehatan masyarakat.

Bisa menjadi peneliti medical, ahli biologi, coordinator riset klinis, manager pelayanan medis dan kesehatan, pelatihan kesehatan atlet. Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat terbaik di Bandung yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi salah satu pilihan.

2Komentar

MEDIUM mengatakan…
In Indonesia, there are many kinds of plants that can make the body and skin healthy, such as aloe vera, cat's whiskers and many other plants, for further information, please visit this website https://medium.com/@imunkita
MEDIUM mengatakan…
Sex is a natural and instinctive part of human life, but it is often a taboo topic that many people feel uncomfortable talking about. However, it is important to have open and honest conversations about sex to ensure that each individual has a healthy and satisfying sexual relationship, for further information visit this website https://ceritahot35.wordpress.com/