Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Yogyakarta

Di Indonesia banyak universitas yang memiliki fakultas hingga program studi ilmu gizi. Salah satunya adalah Fakultas Ilmu Gizi terbaik di Yogyakarta.

Lulusan Fakultas Ilmu Gizi memiliki prospek yang baik dalam meniti karir. Pasalnya, banyak instansi seperti rumah sakit, puskesmas, hingga klinik yang membutuhkan ahli gizi. Itulah mengapa, tak sedikit calon mahasiswa baru yang ingin meneruskan jenjang pendidikan ke fakultas tersebut.

Berapa Lama Kuliah di Fakultas Ilmu Gizi?

Durasi kuliah di Fakultas Ilmu Gizi bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih. Untuk program S1, kuliah di Fakultas Ilmu Gizi biasanya memakan waktu 4 tahun. Selama masa kuliah, mahasiswa akan mempelajari berbagai materi mengenai ilmu gizi, nutrisi, kesehatan, dan juga kesejahteraan masyarakat. Selain itu, para mahasiswa juga akan dilatih untuk mampu melakukan penelitian dan pengembangan ilmu gizi, serta diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari dalam masyarakat. Setelah menyelesaikan masa kuliah, lulusan Fakultas Ilmu Gizi memiliki banyak kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang, seperti kesehatan, pangan, dan industri makanan.

Apa Saja Syarat Kuliah di Fakultas Ilmu Gizi?

Untuk dapat kuliah di Fakultas Ilmu Gizi, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, calon mahasiswa harus memiliki ijazah SMA atau sederajat. Kedua, calon mahasiswa harus lulus seleksi masuk perguruan tinggi, baik itu melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau jalur mandiri. Selain itu, beberapa universitas juga mensyaratkan calon mahasiswa untuk lulus ujian tertentu, seperti ujian tertulis atau ujian keterampilan. Terakhir, ada juga beberapa universitas yang mensyaratkan calon mahasiswa untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dengan memenuhi syarat TOEFL atau IELTS. Jika semua syarat telah terpenuhi, calon mahasiswa dapat mendaftarkan diri ke universitas yang memiliki Fakultas Ilmu Gizi dan melanjutkan pendidikan ke jenjang program studi yang diinginkan.

Apa Saja Materi Pelajaran di Fakultas Ilmu Gizi?

Mata pelajaran yang diajarkan di Fakultas Ilmu Gizi berfokus pada ilmu gizi, nutrisi, dan kesehatan. Beberapa mata pelajaran yang umumnya diajarkan di program studi Ilmu Gizi diantaranya Anatomi dan Fisiologi, Kimia Dasar, Biokimia, Mikrobiologi, Ilmu Gizi, Nutrisi dalam Siklus Kehidupan, Pangan dan Gizi Masyarakat, serta Metodologi Penelitian. Selain itu, mahasiswa Ilmu Gizi juga akan mempelajari mata pelajaran seperti Kesehatan Masyarakat, Manajemen Gizi, Pangan Fungsional dan Gizi Klinik. Dalam perkuliahan, mahasiswa juga akan dilatih untuk mampu menganalisis dan memecahkan masalah terkait gizi dan nutrisi, serta diharapkan dapat mengembangkan penelitian dan proyek yang berkaitan dengan bidang ilmu gizi. Selain mata pelajaran inti tersebut, mahasiswa Ilmu Gizi juga akan mengambil mata kuliah umum seperti Bahasa Inggris dan Etika Profesi.
 

3 Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Yogyakarta

3 Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Yogyakarta


Menjadi mahasiswa Fakultas Ilmu Gizi, memang sangat menyenangkan dan memiliki kebanggaan tersendiri. Namun, perjalanan untuk meraih gelar sarjana cukup panjang.

Selain mata kuliah yang lumayan banyak, Anda juga harus menghadapi praktikum, membuat laporan, tugas dosen, hingga jadwal kuliah yang padat. Kendati demikian, jika Anda memiliki rencana kuliah yang tepat, maka hal tersebut tidak akan menjadi kendala.

Sebagai kota pelajar, setidaknya ada tiga universitas di Yogyakarta yang memiliki Fakultas Ilmu Gizi. Bagi Anda yang memiliki impian dan tertarik untuk menjadi lulusan Fakultas Ilmu Gizi, berikut ini adalah informasinya.
 

1. Fakultas Ilmu Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Ilmu Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada atau lebih dikenal dengan sebutan UGM, merupakan universitas terbaik yang ada di Indonesia. UGM sendiri memiliki banyak fakultas, salah satunya adalah Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan.

Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM memiliki beberapa program studi, diantaranya Program Studi Ilmu Gizi Kesehatan FK UGM. Program Studi Gizi Kesehatan atau PSGK FK-KMK UGM adalah program studi S1 gizi kesehatan yang menyelenggarakan pendidikan gizi pertama kali di Indonesia.

PSGK UGM menjadi program studi yang memiliki banyak peminat. Tak heran, jika persaiangan dan kompetisinya cukup tinggi.

PSGK UGM telah meluluskan ribuan mahasiswanya. Seiring waktu dan perkembangan teknologi, PSGK memperbarui sistem pendidikannya sehingga mampu berkembang pesat.

Program studi ini dirancang untuk membentuk dan menghasilkan Sarjana Gizi Kesehatan yang siap terjun ke masyarakat. Dengan berbekal kemampuan ilmiah serta praktis, mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi dan kesehatan.

Selain itu, PSGK UGM selalu berupaya untuk menghasilkan ahli gizi yang profesional, bermoral dan berintegritas tinggi. Sehingga, dapat berkontribusi untuk memajukan gizi masyarakat Indonesia.

Mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar sarjana, harus menempuh pendidikan selama 4 tahun penuh dan 1 tahun pendidikan profesi. Metode pengajaran yang digunakan cukup beragam, mulai dari latihan praktik di laboratorium, studi kasus, kombinasi tutorial, belajar mandiri, studi literatur, seminar, magang, dan metode pengajaran lainnya.

Lulusan PSGK UGM memiliki jenjang karir yang baik. Selama ini, lulusan PSGK UGM sebagian besar bekerja di berbagai lembaga pemerintah maupun swasta, baik itu skala nasional maupun internasional. Seperti rumah sakit, puskesmas, instansi penyelenggaraan makanan, pengajaran, konsultan gizi, dan lain sebagainya.
 

2. Fakultas Ilmu Gizi Universitas Alma Ata Yogyakarta

Fakultas Ilmu Gizi Universitas Alma Ata Yogyakarta

Berbicara mengenai Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Yogyakarta, Universitas Alma Ata Yogyakarta bisa menjadi salah satu pilihan. Universitas Alma Ata Yogyakarta memiliki Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dengan beragam program studi, seperti halnya Program Studi S1 Gizi.

Program Studi S1 Gizi UAA ini memiliki kurikulum yang dikembangkan oleh tim pengembang kurikulum pendidikan S1 Gizi. Selain itu, melibatkan semua stakeholder gizi yang sudah memenuhi standar pendidikan lulusan Ilmu Gizi, baik itu di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan demikian, Program Studi S1 Gizi UAA mampu memberikan sistem pendidikan yang unggul dan berkualitas. Program studi ini juga menerapkan metode pembelajaran yang cukup beragam, seperti internship experience, laboratory practicum, e-learning, collaborative learning atau interprofessional education, dan metode pembelajaran lainnya.

Lulusan Program Studi S1 Gizi UAA memiliki prospek karir yang sangat bagus. Sebagian besar lulusannya bekerja sebagai ahli gizi di rumah sakit, klinik, puskesmas, dan instansi kesehatan lainnya. Selain itu, juga bekerja sebagai kepala dan manajer di instansi pemerintah maupun swasta.
 

3. Fakultas Ilmu Gizi Universitas Respati Yogyakarta

Fakultas Ilmu Gizi Universitas Respati Yogyakarta

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta telah menyediakan Program Studi S1 Ilmu Gizi. Program studi ini memiliki tujuan untuk mencetak lulusan S1 Ilmu Gizi yang berkompeten, berbudi luhur dan mandiri.

Menjadi salah satu program studi unggulan, lulusan S1 Ilmu Gizi UNRIYO memiliki peluang yang baik untuk meniti karir di dunia kerja, baik itu instansi pemerintah, swasta, maupun mandiri. Program studi ini secara profesional menerapkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang pelayanan gizi, makanan dan dietetik secara mandiri serta bertanggung jawab.

Selain itu, kompetensi program studi yang dimiliki antara lain, sarjana gizi yang profesional serta tanggap situasi, penelitian di bidang gizi, akademis yang beretika, hingga entrepreneur gizi yang tangguh dan juga kompetitif. Bahkan, pada tahun 2038 nanti, Program Studi S1 Ilmu Gizi UNRIYO menjadi program studi yang unggul dalam bidang manajemen gizi dan mampu bersaing secara global.

Demikianlah informasi seputar Fakultas Ilmu Gizi terbaik di Yogyakarta yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke fakultas atau prodi tersebut. Semangat mempersiapkan masa depan yang cerah dengan pendidikan terbaik.