BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Nusa Tenggara

Fakultas kedokteran hewan terbaik di Nusa Tenggara yang termasuk salah satu unggulan di Indonesia adalah FKKH Undana. Fakultas Kedokteran Hewan adalah sebuah fakultas yang mempelajari berbagai aspek kesehatan dan kesejahteraan dari hewan, lingkungan, dan manusia. Antara lain meliputi; budidaya, kualitas, penyakit, dan keamanan produksi makanan ternak.

Berapa Lama Kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan

Durasi kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan biasanya berkisar antara 5-7 tahun, tergantung pada program studi yang diambil dan syarat-syarat kelulusan yang berlaku.

Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Hewan

Untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Hewan, biasanya diperlukan syarat-syarat sebagai berikut:
  1. Lulusan SMA/SMK atau sederajat
  2. Nilai UN (Ujian Nasional) atau tes masuk yang ditentukan oleh universitas
  3. Surat rekomendasi dari sekolah atau instansi terkait
  4. Surat keterangan dari dokter mengenai kondisi kesehatan
  5. Berkas-berkas administrasi lain yang diperlukan oleh universitas
Syarat ini mungkin berbeda-beda di setiap universitas, sehingga disarankan untuk mengecek dengan universitas tempat Anda ingin mendaftar untuk informasi yang lebih detail dan akurat.

Apa Saja Pelajaran di Fakultas Kedokteran Hewan

Berikut ini adalah beberapa pelajaran umum yang dijadikan mata kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan:
  1. Anatomi dan fisiologi hewan
  2. Mikrobiologi dan patologi
  3. Farmakologi dan terapi hewan
  4. Kedokteran reproduksi dan kesehatan hewan
  5. Kedokteran klinik dan bedah hewan
  6. Ilmu nutrisi hewan
  7. Epidemiologi dan kesehatan populasi hewan
  8. Ilmu lingkungan dan kesehatan hewan
  9. Etika profesi dan hukum kedokteran hewan
  10. Ilmu manajemen dan bisnis hewan
Ini hanya beberapa contoh mata kuliah yang dapat ditemukan di program studi Fakultas Kedokteran Hewan. Pelajaran yang sebenarnya yang diambil bisa berbeda-beda tergantung pada program studi yang diambil.

FKKH Undana, Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Nusa Tenggara

Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Nusa Tenggara


Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan Undana merupakan satu-satunya Universitas dengan Fakultas Kedokteran di Nusa Tenggara Timur. Fakultas Kedokteran dan Kedokteran di UNDANA sendiri mulai dibuka sejak Tahun 2008. Hingga saat ini, FKKH Undana telah melahirkan lebih dari 200 lulusan dokter yang siap melayani masyarakat Nusa Tenggara khususnya.

Program Studi Sarjana yang tersedia di Universitas Nusa Cendana (UNDANA) ada beberapa, antara lain Prodi Pendidikan Dokter, Program Studi Profesi Dokter, Program Studi Pendidikan Dokter Hewan, Program Studi Profesi Dokter Hewan, dan Program Studi Farmasi.

Sejarah Singkat Universitas Nusa Cendana

Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Nusa Tenggara

FKIP Undana atau Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana ada bersamaan dengan dibangunnya Universitas Nusa Cendana sekitar tahun 1962. Pendirian FKIP Undana berlandaskan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Republik Indonesia.

Dimana tertera pada nomor 111 Tahun 1962 tanggal 28 Agustus 1962 yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia 67 Tahun 1963 tentang pendirian Universitas Nusa Cendana yang berkedudukan di Kupang pada tanggal 1 September 1962.

Pertama dibuka UNDANA memiliki beberapa fakultas seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Fakultas Administrasi Publik dan Ekonomi. Penamaan Universitas Negeri Nusa Cendana beracuan kesimpulan dari tiga nama.

Ketiganya diajukan oleh panitia pendiri yaitu Nusa Cendana, Pradja dan Liura, dari situ diputuskan memilih nama Universitas Nusa Cendana dengan singkatan Undana. Undana disahkan pada 17 September 1962 di gedung DPRD Dati I Nusa Tenggara Timur.

Apa Yang Dipelajari di Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Nusa Tenggara?

Fakultas kedokteran hewan di Universitas Nusa Cendana NTT ini memiliki mata kuliah yang terbilang cukup banyak. Beberapa mata kuliah tersebut seperti Fisiologi Veteriner, Histologi Veteriner, Parasitologi, Biokimia Veteriner, Ilmu Penyakit Viral, Ilmu Penyakit Bakterial dan Mikal, Ilmu Penyakit Satwa Akuatik, Patologi Sistemik, dan masih banyak lagi.

Kurang lebih 70an mata kuliah dapat diambil untuk program Sarjana Kedokteran Hewan di UNDANA tersebut. Mahasiswa di fakultas kedokteran hewan terbaik di nusa tenggara akan mempelajari segala sesuatu tentang kesehatan hewan.

Sederet Pemeriksaan Hewan yang Dilakukan

Mulai dari pemeriksaan fisik dan laboratorium hingga diagnosis, penanganan dan pengobatan berdasarkan hasil deteksi, hingga penyakit hewan yang dapat menular ke manusia (zoonosis). Tentu saja, sebelum dapat melakukan penelitian untuk membuat diagnosis, mahasiswa harus mempelajari dasar-dasar sains dan hewan.

Oleh karena itu, beberapa jurusan seperti kimia, biologi, biokimia (ilmu yang mempelajari proses kimia yang terlibat dalam kimia dan organisme hidup), lalu anatomi veteriner (ilmu yang mempelajari anatomi organ hewan), dan fisiologi veteriner (ilmu tentang hewan dan fungsi tubuh normal) akan ditemui nanti di awal periode kuliah.

Pelajaran Lanjutan

Setelah memahami pengetahuan dasar tersebut, barulah akan beralih ke topik yang lebih maju seperti farmakologi (ilmu obat), ektoparasit (parasit di luar tubuh) dan endoparasit (parasit tubuh), patologi (ilmu) pada semester berikutnya. Untuk toksikologi veteriner (studi tentang konsep dasar dan kasus kasus keracunan hewan).

Di Fakultas Kedokteran Hewan, selain anatomi dan kesehatan hewan juga mempelajari tentang pembuatan obat-obatan dan penggunaan obat-obatan pada hewan, penyiapan pakan ternak, budidaya, pertumbuhan produksi, serta konservasi dan pemanfaatan hewan.

Selain itu, di bagian ini mungkin tidak hanya akan selalu mengenal hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan kuda, tetapi juga hewan peliharaan, hewan liar, dan hewan eksotis lainnya.

Seperti pendidikan kedokteran pada umumnya, sekolah kedokteran hewan harus menyelesaikan pendidikan profesi dokter hewan sebelum bisa meraih gelar dokter. Karena setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Hewan, seorang mahasiswa hanya memiliki gelar sarjana, belum bergelar dokter.

Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran Hewan UNDANA

Untuk biaya kuliah di fakultas kedokteran hewan terbaik di nusa tenggara sendiri tergolong sesuai dengan fasilitas dan segala aspek yang didapat dari fakultas kedokteran hewan di universitas lain pada umumnya. UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang merupakan biaya yang wajib dibayarkan siswa setiap semester.

UKT ini, memiliki tujuan untuk lebih mendukung dan memudahkan pendidikan siswa selama menempuh pendidikan di sebuah fakultas. UKT untuk jurusan kedokteran hewan di Nusa Cendana sendiri berkisar antara Rp500.000 hingga Rp9.000.000 per semesternya. Merupakan angka yang cukup dapat dijangkau untuk sekelas pendidikan kedokteran saat ini.

Prospek Pekerjaan Lulusan Fakultas Kedokteran Hewan

Sebagai alumni fakultas kedokteran hewan terbaik di nusa tenggara, banyak peluang karir yang terbuka. Misalnya, menjadi peneliti, pengajar di lembaga pemerintah dan swasta, konsultan, kemudian sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Pertanian atau Ditjen Peternakan dan bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang tersebut. peternakan. . Berikut adalah beberapa karir untuk lulusan kedokteran hewan.

Dokter Hewan (Veterinarian), Ahli Epidemiologi, Ahli Ilmu Hewan dan Satwa Liar, Teknisi dan Ahli Teknologi Kedokteran Hewan, Ahli Peternakan dan Perkembangbiakan Hewan, Dosen Spesialis Kesehatan, Peneliti Hewan, bahkan Dokter Umum.

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Nusa Tenggara. Jika tertarik dan memiliki kemauan untuk menempuh pendidikan di kedokteran hewan, di Indonesia tersebar beberapa Universitas yang menyediakan Fakultas Kedokteran Hewan berkualitas. Beberapa universitas tersebut seperti IPB, UGM, Udayana, Universitas Hasanuddin, Brawijaya, Syiah Kuala, Wijaya Kusuma Surabaya, dan Airlangga.