BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Lulusan S1 Keperawatan Bisa Kerja Apa? Cek di Sini!

Lulusan S1 Keperawatan bisa kerja apa? Mungkin itu pertanyaan yang sering terlintas ketika ingin mengambil jurusan perawat. Karena memang biasanya kuliah lantaran ingin mendapatkan pekerjaan.

Namun kebanyakan dari kita hanya mengetahui beberapa pekerjaan atau bahkan hanya satu pekerjaan dari sebuah jurusan. Nyatanya dari satu jurusan bisa bekerja di berbagai bidang pekerjaan. Salah satunya adalah perawat ini.

Mungkin banyak dari kita yang menganggap pekerjaan yang didapat dari lulusan perawat adalah menjadi perawat di rumah sakit atau klinik saja. Padahal ada banyak pekerjaan lain yang bisa didapat dari lulusan Perawat.

Lulusan S1 Keperawatan Bisa Kerja Apa?

Lulusan S1 Keperawatan Bisa Kerja Apa? Simak Ulasannya!

Ada banyak pekerjaan yang bisa didapatkan dari lulusan keperawatan. Berikut ini adalah  pekerjaan yang bisa didapatkan oleh lulusan S1 Keperawatan.

Medical Representative

Selain bekerja sebagai perawat di rumah sakit dan klinik, lulusan S1 Keperawatan bisa kerja apa? Lulusan S1 Keperawatan bisa bekerja sebagai Medical Representative.

Medical Representative adalah  hampir sama dengan customer service yang melayani atau mempromosikan barang kepada customer. Untuk bisa mempromosikan barang medis memang akan lebih baik jika dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian dalam bidang medis.

Salah satunya yakni S1 Keperawatan. Dengan memiliki pengetahuan dalam bidang medis tentunya akan menjadikan customer lebih percaya dan tentunya juga akan lebih bisa menjelaskan segala hal terkait dengan hal medis.

Caregiver

Lulusan S1 Keperawatan bisa kerja apa? Jangan khawatir karena masih ada caregiver yang bisa kamu pilih untuk dijadikan pekerjaan. Caregiver adalah pendamping orang yang sedang sakit atau dalam masa pemulihan.

Pekerjaan ini meliputi menyiapkan makanan, menyuapi, memakaikan baju, dan lain sebagainya. Mungkin hal ini bisa dilakukan oleh semua orang. Namun, memang ada beberapa hal yang tidak diketahui oleh orang awam.

Sebab itu memang diperlukan seorang yang ahli dalam kesehatan untuk bisa melakukan pekerjaan ini. Karena untuk bisa menjaga kesehatan apalagi melakukan perawatan kepada orang yang sedang sakit harus dilakukan oleh seorang yang ahli tentunya.

Tenaga Pengelola Layanan Kesehatan

Alumni sarjana Keperawatan bisa kerja di mana saja? Kamu bisa memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai  pengelola layanan kesehatan. Banyak tempat yang membuka kesempatan kerja sebagai pengelola layanan kesehatan antara lain Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, Dinas Kesehatan dan lain sebagainya.

Perawat Home Care

Ingin pekerjaan yang lebih fleksibel? Lulusan S1 Keperawatan bisa kerja apa? Jika kamu perawat dan ingin pekerjaan yang fleksibel akan jam kerja, kamu bisa memilih profesi sebagai Perawat Home Care. Saat ini ada banyak perusahaan yang bergerak dibidang Home Care.

Gaji yang bisa kamu dapat dari pekerjaan ini beragam. Yakni tergantung dengan pekerjaan yang akan kamu dapatkan. Bahkan gaji yang ditawarkan bisa lebih besar daripada menjadi perawat di Rumah Sakit.

Penulis Buku Kesehatan

Selain harus berkutat dengan pasien, lulusan S1 Keperawatan bisa kerja apa? Nah, kamu bisa memilih pekerjaan sebagai penulis buku kesehatan. Namun, profesi ini juga bisa kamu lakukan sebagai profesi sampingan.

Yakni kamu bisa bekerja sebagai perawat lalu  bisa menggunakan pengalamanmu untuk bisa dijadikan materi dalam buku kesehatan yang akan kamu tulis. Jika buku kamu laris uang yang akan kamu dapatkan bahkan bisa melebihi gaji pokok yang kamu dapatkan sebagai perawat.

Menjadi Ahli Epidemiologi

Pekerjaan selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi Ahli Epidemiologi. Ahli Epidemiologi adalah orang yang bertugas untuk mendeteksi penyakit yang sedang mewabah dalam suatu wilayah.  Selain itu, juga harus mencegah wabah tersebut menjadi meluas.

Ahli Epidemiologi ini adalah ahli yang hampir dibutuhkan oleh semua negara. Untuk itu memang besar kemungkinan yang bisa kamu dapatkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini.

Pekerja Sosial Medis

Pekerja Sosial Medis adalah seseorang yang berperan untuk memberi dukungan kepada pasien maupun keluarga pasien. Hal itu juga bisa berupa bantuan kepada pasien atau keluarga dalam pengurusan administrasi, asuransi, penanganan biaya, hingga dukungan moril.

Mungkin banyak orang yang masih asing pada pekerjaan ini. Namun, apa yang dilakukan oleh seorang pekerja sosial medis sangatlah berguna bagi pasien atau keluarga pasien. Pasien yang rasa percaya dirinya hilang saat sakit bisa mendapatkan dukungan moril hingga pasien siap untuk melanjutkan hidup di masyarakat.

Bukan melulu menjadi perawat di rumah sakit saja. Namun lulusan perawat juga memiliki banyak peluang untuk bekerja di bidang lain. Yakni seperti perawat home care, pekerja sosial medis, caregiver, medical representative, tenaga pengelola layanan kesehatan, Ahli Epidemiologi, penulis buku kesehatan, dan lain sebagainya.


Lulusan S1 Keperawatan bisa kerja apa? pastinya sekarang kamu sudah tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Walaupun jurusannya spesial di perawat namun memiliki jangkauan yang cukup luas dalam dunia pekerjaan. Jadi, untuk kamu ingin mengambil jurusan keperawatan tidak perlu risau karena ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih.