BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Kuliah di Fakultas Kedokteran nantinya akan memiliki prospek kerja yang luas di masyarakat. Lulusan dokter dapat bekerja secara mandiri melalui praktik maupun menjadi akademisi. Dokter di mata masyarakat dijadikan sebagai role model sehingga banyak orang tua yang ingin anaknya menjadi dokter. Akan tetapi, masuk di Fakultas Kedokteran tidaklah mudah. Dibutuhkan persiapan yang matang memiliki Universitas dan biaya yang tentunya tidak sedikit.

Berikut Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

1. Menjadi Peneliti

Pilihan kerja pertama dari lulusan kedokteran tentu saja menjadi dokter, tetapi ada pilihan yaitu menjadi seorang peneliti. Jika Anda memilih untuk menjadi peneliti, nantinya ilmu pengetahuan yang didapatkan selama kuliah akan terpakai disini. Contoh hasil dari peneliti seperti menemukan obta baru ataupun mengembangkan bahan makanan menjadi lebih sehat dan bernutrisi.

2. Dokter Umum

Prospek kerja paling utama dari lulusan kedokteran adalah menjadi dokter umum. Dokter umum  dapat membuka praktik pribadi di rumah dan bekerja di rumah sakit sesuai aturan pemerintah. Melalui dokter umum banyak pasien datang untuk berobat dikarenakan menjadi destinasi pertama di masyarakat.

3. Dokter Spesialis

Lulusan kedokteran tidak hanya sebatas menjadi dokter umum saja, tetapi Anda dapat melanjutkan studi menjadi dokter spesialis. Dokter spesialis mempelajari ilmu tertentu secara mendalam sehingga dapat dikatakan sebagai ahli dalam bidang itu. Dokter spesialis tentunya memiliki peluang kerja lebih luas dan penghasilan yang lumayan tinggi.

4. Dokter Industri

Dokter industri merupakan dokter yang berkerja di kawasan industri, contohnya di pabrik makanan. Dokter industri bertugas untuk memeriksa produk yang dihasilkan apakah layak dipasarkan atau tidak.

5. Bikorat

Bikorat merupakan profesi yang menerima penghasilan dari negara atau korporasi melalui birokrasi. Lulusan dokter juga bisa menjadi bikorat jika Anda menyukai bidang ini.

6. Akademisi

Lulusan Kedokteran dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 terlebih dahulu jika berniat menjadi dosen. Menjadi dosen nantinya Anda akan mengajar mahasiswa kedokteran sampai menjadi dokter sesungguhnya dan ilmu yang Anda peroleh tidak akan cepat hilang.

7. Kepala Rumah Sakit

Selanjutnya lulusan dokter dapat menjadi kepala rumah sakit. Akan tetapi, menjadi seorang kepala rumah sakit tidaklah mudah dikarenakan harus merintis karir dulu dari bawah. Dapat mulai dari menjadi karyawan departemen terlebih dahulu hingga Anda dipromosikan menjadi kepala rumah sakit.

8. Pengusaha

Lulusan dokter tidak hanya sebatas keilmuan saja tetapi banyak juga yang melanjutkan menjadi seorang pengusaha. Agar profesi dan usaha berhubungan dapat mencoba usaha dalam bidang kesehatan. Contohnya mendirikan klinik kecantikan atau membangun rumah sakit sendiri.

Itulah pembahasan mengenai Prospek Kerja Jurusan Kedokteran, Semoga Bermanfaat!