Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa fakultas kedokteran hewan terbaik yang bisa Anda pilih jika ingin berkuliah di Kedokteran Hewan. Setelah Anda lulus di sekolah menengah nantinya Anda akan dihadapi dengan berbagai macam tes seperti SBMPTN serta ujian mandiri. Menjadi dokter hewan adalah impian bagi semua orang, oleh karena itu mulailah untuk belajar sedini mungkin dan mencari informasi terkait pendaftaran kedokteran hewa terbaru.

Jika Anda ingin kuliah di fakultas kedokteran hewan dan sedang menunggu tes ujian masuk, kami menyerankan Anda untuk mengikuti bimbel khusus kedokteran. Disana Anda akan diajarkan bagaimana menghadapi tes ujian masuk sehingga hasil yang didapat lebih maksimal. Disini kami juga merekomendasikan beberapa fakultas kedokteran hewan terbaik di Indonesia untuk Anda yang masih bingung memilih kampus yang cocok.

Ada beberapa fakultas Kedokteran Hewan terbaik di indonesia. Ini merupakan salah satu fakultas dengan peminat yang cukup tinggi.

Tentunya salah satu alasan fakultas Kedokteran Hewan cukup diminati adalah karena jenjang karir yang menjanjikan. Karir untuk lulusan Kedokteran Hewan cukup baik dan cemerlang. Sehingga, tidak heran jika banyak yang menginginkannya.

Dari banyak universitas yang memiliki fakultas kedokteran hewan di Indonesia, ada beberapa yang cocok disebut sebagai terbaik. Anda mungkin bisa menjadikannya sebagai pilihan.

Berapa Lama Kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan

Durasi kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan biasanya berkisar antara 5-7 tahun, tergantung pada program studi yang diambil dan syarat-syarat kelulusan yang berlaku.

Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Hewan

Untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Hewan, biasanya diperlukan syarat-syarat sebagai berikut:
  1. Lulusan SMA/SMK atau sederajat
  2. Nilai UN (Ujian Nasional) atau tes masuk yang ditentukan oleh universitas
  3. Surat rekomendasi dari sekolah atau instansi terkait
  4. Surat keterangan dari dokter mengenai kondisi kesehatan
  5. Berkas-berkas administrasi lain yang diperlukan oleh universitas
Syarat ini mungkin berbeda-beda di setiap universitas, sehingga disarankan untuk mengecek dengan universitas tempat Anda ingin mendaftar untuk informasi yang lebih detail dan akurat.

Apa Saja Pelajaran di Fakultas Kedokteran Hewan

Berikut ini adalah beberapa pelajaran umum yang dijadikan mata kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan:
  1. Anatomi dan fisiologi hewan
  2. Mikrobiologi dan patologi
  3. Farmakologi dan terapi hewan
  4. Kedokteran reproduksi dan kesehatan hewan
  5. Kedokteran klinik dan bedah hewan
  6. Ilmu nutrisi hewan
  7. Epidemiologi dan kesehatan populasi hewan
  8. Ilmu lingkungan dan kesehatan hewan
  9. Etika profesi dan hukum kedokteran hewan
  10. Ilmu manajemen dan bisnis hewan
Ini hanya beberapa contoh mata kuliah yang dapat ditemukan di program studi Fakultas Kedokteran Hewan. Pelajaran yang sebenarnya yang diambil bisa berbeda-beda tergantung pada program studi yang diambil.


Berikut Daftar 10 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia

10 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia

Indonesia mempunyai sejumlah universitas dengan jurusan Kedokteran Hewan. Bagi calon mahasiswa baru yang senang bekerja dan juga menolong hewan, jurusan ini bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan kuliah.

Mahasiswa yang masuk pada jurusan Kedokteran hewan bakal mempelajari tentang struktur tubuh hewan seperti tulang-tulang atau Anatomi Veteriner, ilmu fungsi maupun sistem tubuh hewan atau Fisiologi Veteriner, ilmu obat-obatan hewan, ilmu penyakit dalam, hingga patologi.

Untuk prospek kerja sendiri jurusan ini termasuk memiliki peluang yang cukup tinggi. Lulusan fakultas Kedokteran Hewan bisa membuka praktik dokter hewan, menjadi peneliti, PNS, bekerja di perusahaan swasta, dan lain sebagainya.

Bagi Anda calon mahasiswa baru, berikut ini beberapa daftar fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Indonesia.

1. Institut Pertanian Bogor (IPB) University

Institut Pertanian Bogor (IPB) University

Para mahasiswa sarjana Kedokteran Hewan di IPB University hanya menempuh masa studi 4 tahun. Kurikulum untuk pendidikan kedokteran hewan terdiri dari pendidikan akademik dan profesi.

Untuk pendidikan akademik (sarjana) membutuhkan waktu 8 semester dengan jumlah 158 sks. Bahkan fakultasnya dilengkapi rumah sakit hewan terluas di Asia Tenggara.
Lulusan kurikulum pendidikan akademik akan mendapat gelar Sarjana Kedokteran Hewan (SKH). Sedangkan untuk memperoleh gelar Dokter Hewan (Drh), lulusan akademik harus menempuh pendidikan profesi selama 18 bulan dengan jumlah 37 sks.

2. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga (Unair)

Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Unair. Sistem pendidikan FKH Unair terjamin di bawah naungan Airlangga Integrated Management System (AIMS).
FKH Unair juga sudah mendapat sertifikat ASIIN, AUN, KAN, dan juga FAO untuk sejumlah laboratorium. Selain itu, Fakultas Kedokteran Hewan Unair memiliki rumah sakit hewan terbesar di Indonesia untuk mendukung pembelajaran.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM)

FKH UGM punya misi untuk menjadi Fakultas Kedokteran Hewan terkemuka pada tingkat nasional maupun internasional yang mengedepankan profesionalisme di dalam meningkatkan kesejahteraan lewat bidang veteriner.

Saat ini FKH UGM mengelola empat program studi, yaitu Studi Sarjana Kedokteran Hewan (SKH), Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH), Program Studi S2 Sain Veteriner, dan Program Studi S3 Ilmu Sain Veteriner.

4. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad memiliki fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Indonesia selanjutnya. Visi program studi sarjana Kedokteran Hewan Unpad adalah untuk menjadi program studi yang menghasilkan lulusan berkompetensi kesehatan masyarakat veteriner yang berbasis IPTEK dan juga Biomedis, lewat sinergitas kesehatan serta kesejahteraan hewan dan juga lingkungan hidup.

5. Universitas Udayana (Unud)

Universitas Udayana (Unud)

Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Udayana telah hadir sejak tahun 1962 dalam wujud Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP).

Proses pendidikannya yaitu lewat jenjang pendidikan akademik dengan lama masa studi 8 semester dan 152 SKS. Kemudian, ada juga jenjang profesi selama 12 hingga 15 bulan dengan 31 SKS. Kedua jenjang tersebut tidak dapat dipisahkan karena hasil akhir pendidikannya adalah dokter hewan.

6. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI)

  • Website
  • Penerimaan
Universitas populer di Indonesia ini memiliki Fakultas Kedokteran Hewan yang sangat diminati. Apalagi, Fakultas Kedokteran di UI merupakan jurusan kedokteran pertama dan tertua.

Dengan nilai sejarah yang ada di dalamnya, tidak heran jika UI menjadi salah satu sekolah kedokteran yang selalu ramai peminat. FKUI sendiri mendapat peringkat 251-300 di QS WUR by Subject 2021.

7. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro (Undip)

Undip juga memiliki fakultas Kedokteran Hewan terbaik di indonesia yang telah terakreditasi A. Daya tampung jurusan Kedokteran Undip pada tahun 2019 hanya tersedia 230 orang saja, sehingga persaingannya sangat ketat.

Peminat di jurusan satu ini bahkan mencapai lebih dari 400 orang. Di kampus ini, jurusan Kedokteran menjadi salah satu jurusan yang telah menorehkan banyak prestasi tingkat internasional.

8. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas Hasanuddin (Unhas)

Akreditasi Universitas Hasanuddin atau Unhas ini termasuk cukup tinggi. Menempuh pendidikan di fakultas Kedokteran Hewan merupakan salah satu Unhas tentu menjadi salah satu hal yang membanggakan.

Di jurusan ini para mahasiswa bakal mempelajari seputar pencegahan penyakit dan juga pengobatan untuk hewan ternak maupun hewan kesayangan, seperti anjing, kucing, dan hewan lainnya.

9. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) Unsyiah berdiri sejak tahun 1960. FKH Unsyiah memiliki program studi Kesehatan Hewan (D3), Pendidikan Dokter hewan (S1), Profesi Pendidikan Dokter Hewan, dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (S2).

10. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS)

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS)

UWKS memiliki Fakultas Kedokteran Hewan terbaik lainnya. Visinya adalah menjadi institusi yang menghasilkan lulusan di bidang kedokteran hewan yang memiliki sikap profesional, dan unggul di bidang perkembangan IPTEK.

Selain itu, lulusan FKH UWKS diharapkan berjiwa entrepreneur, mengembangkan studi hewan eksotik, serta memiliki daya saing di tingkat nasional maupun internasional.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai 6 fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia, Kuliah kedokteran hewan mungkin belum familiar bagi semua orang, akan tetapi menjadi dokter hewan memiliki prospek kerja yang luas sehingga menjamin masa depan nantinya. Semoga Anda kelak bisa menjadi dokter hewan yang sukses.