Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung (FK Unissula)

Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung atau disingkat FK Unissula merupakan salah satu fakultas kedokteran di Semarang yang dapat menjadi referensi bagi Anda kuliah kedokteran. Tiap tahun, Fakultas Kedokteran Unissula terus mengalami peningkatan dalam segi pendidikan serta sarana prasarana sehingga proses belajar mengajar akan lebih maksimal.

Bagi Anda yang ingin kuliah di FK Universitas Sultan Agung terlebih dahulu mendaftarkan diri untuk mengikuti tes ujian masuk. Hal ini dikarenakan jumlah pendaftar terus mengalami peningkatan sehingga tingkat persaingan menjadi lebih tinggi. Disarankan untuk mempersiapkan diri sedini mungkin seperti latihan menjawab soal-soal SBMPTN dan mengikuti bimbel khusus kedokteran sehingga hasil yang didapat akan lebih maksimal. Kami juga merekomendasikan beberapa Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia yang dapat menjadi referensi buat Anda.

FK Unissula

Sejarah Fakultas Kedokteran Unissula

Universitas Islam Agung atau umum yang disebutkan Unisula mempunyai kedokteran yang lumayan bagus di Indonesia khususnya di Jawa tengah dengan pengalaman pendidikan lebih dari 1/2 era. Fakultas ini dibangun di tanggal 10 Oktober 1963. Lebih kurang 17 bulan sesudah berdirinya Universitas Islam Sultan Agung di tanggal 20 Mei 1962 dan mendapatkan SK tercatat No 74/B.S.T/P/64 tanggal 28 Pebruari 1964 yang diberi tanda tangan oleh Moh. Sa'id petinggi Kepala Agen Perguruan Tinggi Swasta Departemen Perguruan Tinggi dan Pengetahuan Pengetahuan.

Pendirian Fakultas Kedokteran UNISSULA ini didorong oleh tuntutan keperluan dan ketertarikan warga yang besar sekali pada kehadiran Fakultas Kedokteran. Di tahun itu salah satu Fakultas Kedokteran yang berada di Jawa tengah ialah Fakultas Kedokteran UNDIP yang cuman sanggup memuat 100 mahasiswa dari 3000 pendaftar calon mahasiswa.

dalam pada itu peraturan yang ada berasa menyulitkan calon-calon mahasiswa dari Jawa tengah untuk dapat diterima di Jawa Barat dan JawaTimur. Keadaan itu membuat berdirinya Fakultas Kedokteran UNISSULA langsung memperoleh support dari warga khususnya warga Jawa tengah dan memperoleh kesepakatan penuh dari petinggi - petinggi sah di saat itu, baik di Semarang atau yang berada di Jakarta.

Semenjak berdirinya Fakultas Kedokteran sudah bekerja bersama dengan beberapa faksi,salah satunya dengan Fakultas Kedokteran Undip, UNS, Rumah Sakit Tentara, Rumah Sakit Jiwa, Rumah Sakit Kabupaten, Dinas Kesehatan dan sebagainya. Di­samping itu, Fakultas Kedokteran bekerja bersama dengan instutusi pendidikan dan di luar Negeri dalam peningkatan Teaching Hospital, Pendidikan Dokter, bidan dan farmasi.

Akreditasi Fakultas Kedokteran Unissula

Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Universitas Sultan Agung Program Studi S1 Pendidikan Dokter mendapatkan Akreditasi A.

Alamat Fakultas Kedokteran Unissula

Terboyo Kulon, Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah 50112, Indonesia

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Unissula

Visi :
Menjadi Fakultas Kedokteran terkemuka pada tahun 2024 yang unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi bidang kedokteran dan kesehatan berdasarkan nilai-nilai Islam untuk menghasilkan generasi khoiro ummah dalam kerangka rahmatan lil’alamin.

Misi :
  1. Melaksanakan Pendidikan kedokteran dan kesehatan berstandar nasional dan/ atau  internasional  yang berorientasi pada pencapaian kompetensi pelayanan kesehatan berbasis ilmu kedokteran dan kesehatan dalam rangka membangun generasi khaira ummah.
  2. Melaksanakan Penelitian di bidang ilmu kedokteran dan kesehatan yang berbasis pada penyelesaian masalah dan kebutuhan masyarakat dilandasi nilai-nilai Islam, moral, etika dan kearifan lokal sehingga dihasilkan publikasi dan HaKI.
  3. Melaksanakan Pengabdian masyarakat berskala nasional dan/  internasional dalam membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil a’lamin.
  4. Melaksanakan Kegiatan berdasarkan tata kelola yang baik (good governance).
  5. Menyelenggarakan kerjasama di dalam dan luar negeri.

Biaya Fakultas Kedokteran Unissula

Biaya yang diberi oleh Unisula yakni terdiri gelombang 1-3 dan uang TOEFEL dan biaya persemester. Untuk gelombang 1 sejumlah Rp. 285.000.000, gelombang 2 Rp. 315.000.000, gelombang 3 Rp. 355.000.000, uang TOEFEL sejumlah Rp. 1.600.000 dan uang persemester sejumlah Rp. 19.650.000.

Cara dan Syarat Pendaftaran Fakultas Kedokteran Unissula

Untuk informasi mengenai cara dan syarat pendaftaran Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung dapat mengunjungi Website resmi FK Unissula disini. Dapat juga melalui telepon (024) 6583584.

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung (FK Unissula), Semoga Bermanfaat!