Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman (FK Unmul)

Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman atau disingkat FK Unmul merupakan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Kalimantan tepatnya di Kota Samarinda. Bagi Anda yang memiliki cita-cita menjadi seorang dokter dapat mewujudkannya dengan kuliah kedokteran di Fakultas Kedokteran Unmul.

Menjadi mahasiswa kedokteran tentu saja tidak mudah, sebelumnya Anda harus melewati beberapa tahapan sebelum resmi menjadi mahasiswa kedokteran. Pertama cobalah untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mengikuti tes ujian masuk yang diadakan. Lebih cepat lebih baik, dikarenakan terjadinya peningkatan pendaftar calon mahasiswa baru tiap tahun nya sehingga persaingan semakin tinggi juga. Sebelum tes ujian masuk, coba untuk berlatih menjawab soal-soal SBMPTN ataupun mengikuti bimbel khusus kedokteran di daerah Anda agar hasil yang didapat lebih maksimal. Kami juga merekomendasikan beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia sebagai referensi kuliah kedokteran.

FK Unmul


Sejarah Fakultas Kedokteran Unmul

Universitas Mualwarman atau yang umum fakultas kedokteran unmul mempunyai Program Studi Kedokteran yang termasuk masih baru di lingkungan universitas. Program Pendidikan Dokter Universitas Mulawarman dibangun oleh Pemerintahan Propinsi Kalimantan Timur bekerja bersama dengan Universitas Mulawarman. Program ini disahkan di tanggal 1 November 2001 oleh Gubernur Kalimantan Timur Suwarna Abdul Fatah, Rektor Universitas Mulawarman Rachmad Hernadi, dan dari Konsorsium Ilmu Kesehatan Departemen Pendidikan Nasional, Ma'rifin Husin.

Dalam penerapan awalnya aktivitas perkuliahan dilaksanakan dengan dosen tamu yang diambil dari RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin dan Universitas Airlangga. Secara organisasi Program Pendidikan Dokter dipegang oleh Latief Choibar Caropeboka dan ada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Semenjak tanggal 1 Juli 2004, Program Pendidikan Dokter naik statusnya jadi Program Studi Kedokteran Umum dan pada akhirnya jadi Fakultas Kedokteran semenjak tanggal 7 Mei 2008. Pada periode ini, Fakultas Kedokteran dipegang oleh dr. Ika Fikriah, M.Kes

Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman mempunyai universitas di Jalan Kerayan, Gunung Kelua, Samarinda. Disamping itu fakultas mempunyai Rumah Sakit Pendidikan di RSUD Abdul Wahab Sjahranie di Jalan Palang Merah Indonesia, Voorfo, Samarinda. Tempat pendidikan lain mencakup RSKD Atma Husada Mahakam, Samarinda untuk pendidikan Ilmu Kesehatan Jiwa, RSUD dr. Kanujoso Djatiwobowo, Balikpapan untuk pendidikan Ilmu Perinatologi dan Puskesmas Sempaja, Puskesmas Lempake dan Puskesmas Palaran di kota Samarinda untuk pendidikan Ilmu Kesehatan Masyarakat.


Akreditasi Fakultas Kedokteran Unmul

Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT no. 003/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/X/2019 bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Program Studi Pendidikan Dokter mendapatkan Akreditasi A.

Alamat Fakultas Kedokteran Unmul

Jl. Kuaro, Gn. Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75119, Indonesia

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Unmul

Visi :
Menjadi Program Studi Berstandar Internasional Dengan Keunggulan Kedokteran Tropis Pada Tahun 2034

Misi :
  1. Menyelenggarakan Pendidikan Kedokteran Yang Berkualitas Untuk Menghasilkan Lulusan Yang Profesional
  2. Melaksanakan Penelitian Yang Berkualitas Internasional Dengan Keungguan Kedokteran Tropis
  3. Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Keunggulan Tropis

Biaya Fakultas Kedokteran Unmul

Biaya yang dikeluarkan untuk tempuh pendidikan di Universitas Mulawarman terdiri jadi lima barisan UKT, yakni barisan 1 sejumlah Rp25.537.000, barisan II Rp500.000, barisan III Rp1.000.000 barisan IV Rp5.000.000 barisan IV Rp10.000.0000. dan barisan IV Rp15.000.000

Cara dan Syarat Pendaftaran Fakultas Kedokteran Unmul

Untuk informasi mengenai cara dan syarat pendaftaran Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman dapat mengunjungi Website resmi FK Unmul disini. Dapat juga melalui Telepon : (0541) 748581 dan Email: office@fk.unmul.ac.id | ppd@unmul.ac.id


Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Mulawarman (FK Unmul), Semoga Bermanfaat!