Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (FK Unpas)

Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan atau disingkat FK Unpas merupakan salah satu fakultas kedokteran swasta yang berlokasi di Bandung. Tiap tahunnya, Fakultas Kedokteran Unpas masih terbilang baru tetapi perkembangan sistem pendidikan dan sarana prasarana mengalami peningkatan yang pesat. Oleh karena itu, banyak calon mahasiswa baru tertarik dan mendaftarkan diri di Kedokteran Unpas.

Bagi Anda yang ingin kuliah di FK Universitas Pasundan tentu harus menempuh tes ujian masuk terlebih dahulu. Daftarkan lah diri Anda sedini mungkin agar tidak kehilangan informasi pengenai jadwal pendaftaran terbaru. Selanjutnya Anda harus belajar untuk menghadapi tes ujian masuk, cobalah untuk menjawab soal-soal SBMPTN ataupun mengikuti bimbel khusus kedokteran sehingga hasil yang didapat akan lebih maksimal. Kami juga merekomendasikan beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia yang bisa menjadi piliah Anda untuk kuliah kedokteran.

FK Unpas


Sejarah Fakultas Kedokteran Unpas

Universitas Pasundan (Unpas) dengan riwayat panjang yaitu berdiri semenjak tahun 1960 sebagai Perguruan Tinggi Pendidikan Umum, yang sekarang ini disokong oleh 40 (Empat Puluh) Program Studi dan 17 (Tujuh Belas) salah satunya mempunyai Akreditasi A (Unggul) dan di tahun 2018 sudah raih Univeritas berakreditasi A (Unggul) berdasar hasil penilaian Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No.484/SK/BANPT/Akred/PT/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018.

Cepatnya perkembangan yang diraih ini sebagai argumen khusus kenapa Universitas Pasundan benar-benar pantas untuk buka program studi baru, yakni program studi kedokteran. Lahirnya Program studi baru (Program Studi Kedokteran) ini memberikan faedah untuk lembaga untuk menambahkan keberadaan Unpas dan perkuat sinergitas antara program studi yang telah lebih dulu berada di Unpas. Lebih dari pada itu, untuk Perguruan Tinggi Unpas sebagai salah satunya sisi implikasi dari misi Organisasi yang membangun Unpas yakni Paguyuban Pasundan, sebuah Instansi Swadaya Warga yang ada ditatar sunda yang dibangun oleh beberapa Mahasiswa Kedokteran (STOVIA) 105 tahun lalu. Aktivitas ini nanti akan bekerja bersama dengan Pimpinan Daerah dan Wilayah Paguyuban Pasundan, terutamanya dalam soal service primer di beberapa daerah ketinggalan, paling depan, dan paling luar Indonesia (Remote Tempat in Indonesia).

Dengan begitu, kedatangan program studi kedokteran dilingkungan Unpas diharap sanggup hasilkan beberapa dokter di mana lulusannya sanggup penuhi keperluan akan hak atas kesehatan di Indonesia. Persoalan kesehatan di Indonesia perlu dituntaskan secara mendalam (Preventif-Promotif-Kuratif-Rehabilitatif), Holistik (Bio-Psiko-Sosial) dan Integrasi antara sektor kesehatan atau di luar kesehatan. Pada keadaan sekarang ini, karena ada perubahan Industri 4.0 yang nyaris semuanya menggunakan tehnologi, dibutuhkan kenaikan derajat kesehatan yang perlu disertai dengan kenaikan kesejahteraan dan kemandirian.

Permasalahan kesehatan di lingkungan Propinsi Jawa Barat disaksikan dari keadaan demografi, warga Jawa Barat secara sosioekonomi ada pada grade rendah, tingkat pendidikan tidak begitu tinggi, banyak dogma kesehatan dan pemakaian langkah tradisionil terhitung untuk berobat, dan tingkat konsumsi produk tembakau yang tinggi. Disamping itu Jawa Barat di mana Universitas Pasundan ada sebagai propinsi dalam jumlah warga paling banyak di Indonesia, data sekarang ini memperlihatkan Jawa Barat sebagai propinsi dengan luas daerah capai 35.377,76 km2 dan diprediksikan mempunyai jumlah warga 48,enam juta jiwa pada 2018. Dari jumlahnya itu. Sekitar 33,16 juta jiwa warga Jawa Barat sebagai umur produktif (Umur 15-64 Tahun) dan 15,52 juta jiwa umur

tidak produktif (0-14 Tahun dan 65+ Tahun). Angka itu berdasar prediksi perkembangan warga Indonesia 2013 yang sudah dilakukan Badan Rencana Pembangunan, Badan Pusat Statistik dan United Pupulation Fund.

Beberapa survey yang sempat dilaksanakan memberikan jika banyak di daerah Propinsi Jawa Barat mempunyai kebatasan sumber daya kesehatan, dimulai dari SDM kesehatan (terutamanya Dokter), sarana kesehatan, akses info yang minimum, dan infrastruktur dasar. Oleh karenanya, kenaikan derajat

kesehatan warga memerlukan inovasi dan pengembangan dari pribadi yang mempunyai jiwa kewiraswastaan tinggi, kerjasama antara profesi seperti lewat pengokohan peranan SDM eksisting (Perawat, Bidan, dll), pemakaian tehnologi dan perkembangan zaman digital untuk menangani kendala geografis dan tersedianya SDM, dan kearifan baik dari segi budaya atau agama agar hasilkan interferensi yang diterima dan sanggup sehatkan warga.


Akreditasi Fakultas Kedokteran Unpas

Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan saat ini masih berusaha untuk mendapatkan Akreditasi B dan lima tahun ke depan mendapatkan Akreditasi A.


Alamat Fakultas Kedokteran Unpas

Jl. Kenari, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117, Indonesia


Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Unpas

Visi :

Menjadi Institusi Kedokteran yang bereputasi nasional dengan keunggulan pada bidang kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan secara mandiri dan berkelanjutan dengan mengusung Budaya Sunda dan Nilai Keislaman di tahun 2030.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran berkualitas dengan keunggulan pada bidang kesehatan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian berdampak tinggi yang menjadi landasan pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemberdayaan secara mandiri dan berkelanjutan.
  4. Menanamkan Budaya Sunda dan Nilai Keislaman pada civitas akademika dan masyarakat.

Biaya Fakultas Kedokteran Unpas

Biaya yang diberikan oleh Fakultas Kedokteran Univeersitas Pasundan meliputi :

  • Dana Penyelenggaraan Pendidikan (DPP) / Semester : Rp25.000.000
  • Dana Pengembangan (DP) : Rp200.000.000

Cara dan Syarat Pendaftaran Fakultas Kedokteran Unpas

Untuk informasi mengenai cara dan syarat pendaftaran Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan dapat mengunjungi Website resmi FK Unpas disini. Dapat juga melalui :

  • Email : kedokteran@unpas.ac.id
  • Phone : 02220516429
  • Fax : 02220516429


Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (FK Unpas), Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (FK Unpas)"