Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al Azhar (FK Unizar)

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al Azhar atau disingkat FK Unizar adalah salah satu fakultas kedokteran yang terletak di Lombok (NTB). Fakultas Kedokteran Unizar dapat menjadi referensi Anda untuk kuliah kedokteran di Lombok. Tiap tahunnya, FK Unizar mengalami peningkatan jumlah pendaftar calon mahasiswa baru yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan minat mahasiswa yang ingin menjadi dokter terus bertambah banyak.

Agar Anda dapat diterima di Fakultas Kedokteran Unizar sebelumnya harus mendaftarkan diri dulu di registrasi sebelum menempuh tes ujian masuk yang diadakan. Kami menyarankan agar hasil lebih maksimal Anda dapat mencoba berlatih diri terlebih dahulu atau belajar dalam menjawab soal-soal SBMPTN atau mengikuti bimbel kedokteran sehingga peluang masuk ke FK Unizar akan lebih besar. Kami juga merekomendasikan beberapa fakultas kedokteran di Indonesia yang dapat menjadi pilihan Anda untuk kuliah kedokteran.

FK Unizar


Sejarah Fakultas Kedokteran Unizar

Universitas Al-Azhar Mataram atau yang umum disebutkan Unizar Mataram mempunyai kedokteran yang umurnya telah lebioh dari 15 tahun berdiri di lingkungan Unizar Mataram. Penmbentukan Unizar waktu itu saat itu diinginkan oleh rektor yang yang memegang di saat itu karena ingin memberi Pendidikan terintegrasi untuk permasalahan aktivitas khususnya yang berdasarkan keislaman.

Pada akhirnya Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram (Unizar Mataram) Nusa Tenggara Barat (NTB) berawal dari pendirian perguruan tinggi yang bercirikan Islam yaitu Universitas Islam Al-Azhar. Di tanggal 10 Mei 1981 dibangunlah Universitas Islam Al-Azhar dengan Surat Keputusan Nomor: 01/YPLA/1981 berkenaan Pembangunan Universitas Islam Al-Azhar, di Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Setelah itu Rektor, sekalian pendiri Unizar H. Abdurrahim, SH, menggagas pendirian Fakultas Kedokteran di Unizar Mataram. Tetapi karena beragam syarat belum juga disanggupi waktu itu karena itu atas anjuran Prof. Dr. dr. Soewignjo Soemohardjo, Sp.PD, KGEH, tahun 1990 berdirilah Fakultas Biologi tetapi pada proses pengurusan ijin atas anjuran dari Kopertis Daerah VIII namanya selanjutnya beralih menjadi Fakultas Matematika dan Pengetahuan Pengetahuan Alam (MIPA) dan biologi jadi nama jalur dan program studi.

Kurang lebih 2 tahun selanjutnya, persisnya tanggal 28 April 1992, Fakultas MIPA mendapatkan status tercatat dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dengan Keputusan Nomor 154/DIKTI/Kep/1992 Mengenai Pemberian Status Tercatat Ke Jalur Biologi Program studi Biologi Untuk Tingkatan Program S1 Pada Fakultas MIPA di Lingkungan Unizar di Mataram. Fakultas baru ini dipandang seperti embrio dari Fakultas Kedokteran.

Sekian tahun sesudahnya, persisnya tahun 2000 ide untuk membangun Fakultas Kedokteran ditampilkan kembali dan baru sesudah 4 (empat) tahun selanjutnya, sesudah lewat proses yang lumayan panjang, persisnya di tanggal 17 Juni 2004 Dirjen Dikti keluarkan Surat izin penyelenggaraan, yaitu dengan Surat nomor 2100/D/T/2004, hal Izin Penyelenggaraan Program studi Pendidikan Dokter pada Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) Mataram.

Fakultas Kedoteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram sudah melakukan pengembangan pendidikan memakai pendekatan student centered learning dengan implikasi taktik evaluasi Problem-based Learning (PBL). Semenjak tahun akademis 2007/2008 FK UNIZAR sudah melakukan pendidikan dokter berdasar KBK (Kurikulum Berbasiskan Kapabilitas) sama sesuai Standard Pendidikan Profesi Dokter yang diaplikasikan oleh Konsil Kedokteran Indonesia.


Akreditasi Fakultas Kedokteran Unizar

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no. 0313/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2018 bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al Azhar Program Studi S1 Pendidikan Dokter mendapatkan Akreditasi B.

Alamat Fakultas Kedokteran Unizar

Jl. Unizar No.20, Turida, Kec. Sandubaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83232, Indonesia

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Unizar

Visi :
Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Terkemuka di Kawasan Indonesia Timur dengan Unggulan di Bidang Kesehatan Pariwisata berlandaskan nilai-nilai “Rahmatan Lil ‘Alamin”.

Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang profesional, mumpuni dan amanah berstandar nasional, dengan fokus keuggulan kesehatan pariwisata yang berlandaskan nilai-nilai “Rahmatan Lil ‘Alamin”.
  2. Menyelenggarakan penelitian kedokteran, biomedik, dan juga kesehatan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan teknologi serta masyarakat, dengan fokus keuggulan kesehatan pariwisata berlandaskan nilai-nilai “Rahmatan Lil ‘Alamin”.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat, dengan fokus keuggulan kesehatan pariwisata berlandaskan nilai-nilai “Rahmatan Lil ‘Alamin”.
  4. Mengembangkan pusat studi kesehatan pariwisata sebagai layanan unggulan.

Biaya Fakultas Kedokteran Unizar

Biaya yang harus dibayarkan setelah Anda dinyatakan lulus di Fakultas Kedokteran Universitas Al Azhar meliputi Biaya Penerimaan Mahasiswa Baru, Biaya SPI, Biaya SPP, dan Biaya Wisuda.

Cara dan Syarat Pendaftaran Fakultas Kedokteran Unizar

Untuk informasi mengenai cara dan syarat pendaftaran Fakultas Kedokteran Universitas Al Azhar dapat mengunjungi Website resmi FK Unizar disini. Dapat juga menghubungi melalui Form kontak FK Unizar.

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al Azhar (FK Unizar). Semoga Bermanfaat!