Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Undalas)

Fakultas Kedokteran Universitas Andalas atau disingkat Undalas ini adalah salah satu fakultas kedokteran terbaik di Sumatera. Bagi Anda yang memiliki cita-cita menjadi dokter dapat mewujudkannya dengan kuliah kedokteran di FK Undalas.

Untuk masuk di Kedokteran Undalas tentu tidaklah mudah, hal ini dikarenakan jumlah pendaftar terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dikarenakan Kedokteran Undalas berhasil mencetak calon dokter yang memiliki kualitas yang kompeten. Hal ini juga didukung oleh fasilitas yang disediakan sangat lengkap di Kedokteran Undalas bagi calon mahasiswa baru untuk menunjang proses pembelajaran.

Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, sebelum mendaftarkan diri dan melakukan tes ujian masuk persiapkanlah diri Anda sebaik-baiknya dalam hal berlatih soal. Cobalah untuk menjawab soal-soal SBMPTN ataupun mengikuti bimbel khusus kedokteran yang tersedia di Kota Anda. Kami juga merekomendasikan beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia yang dapat Anda pertimbangkan.

FK Undalas


Sejarah Fakultas Kedokteran Undalas

Universitas Andalas atau yang umum disebutkan Unand mempunyai Program Studi Kedokteran telah termasuk lama di lingkungan Unand. Program Studi Dokter Unand tercipta di tahun 1955 disahkan oleh Wakil Presiden RI Dr. Muhammad Hatta dan Menteri PP dan K Prof. Ir. Soewandi. Program Studi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sebagai lembaga pendidikan dokter yang oleh Instansi Legalisasi Berdikari Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes)

Di tanggal 7 September 1955 Fakultas Kedokteran disahkan oleh Wakil Presiden Drs. Mohd. Hatta yang ditemani oleh menteri PP&K saat itu, Prof. Ir. Soewandi. Proses pendidikan dilaksanakan oleh staff pendidik yang 70% datang dari luar negeri dengan kontribusi UNESCO lewat program Colombo Rencana. Di tanggal 2 Oktober 1958 diberi tanda tangan kerja sama Internasional dengan New South Wales University, Australian National University, dan Adelaide University, tetapi kerja sama itu tidak bisa terwujud karena perselisihan wilayah. Di tahun 1959 Fakultas Kedokteran berpindah ke Padang. Wisuda pertama sekitar 10 orang dokter baru, terwujud tahun pada 1966.

Kurikulum pendidikan di Program Studi Karier Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas masa 1955-1984 fokus klinik. Sesudah ada Kurikulum Pokok Pendidikan Dokter Indonesia (KIPDI I dan KIPDI II), karena itu pada masa 1984-2004 pendidikan kedokteran fokus komune dikenali dengan Community Oriented Medical Education (COME).

Keterlibatan Prodi Karier Dokter FK Unand dalam meluaskan peluang warga untuk mendapat pendidikan dokter dengan berperanan sebagai leading sector dalam pendirian beberapa Fakultas Kedokteran misalnya: Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah di Padang, Fakultas Kedokteran Universitas Riau di Pekanbaru, Fakultas Kedokteran Universitas Malikulsaleh di Lhokseumawe Aceh. Sekarang ini Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sebagai pembimbing Fakultas Kedokteran Abuyatama Banda Aceh dan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Batam.


Akreditas Fakultas Kedokteran Undalas

Berdasarkan Keputusan LAM-PTKes (Decree) No. : 0877/LAM-PTKes/Akr/Sar/X/2016 bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mendapatkan Akreditasi A.


Alamat Fakultas Kedokteran Undalas

Limau Manis, Pauh, Limau Manis, Padang, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia


Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Undalas

Visi : Menjadi Institusi Pendidikan Kedokteran yang Terkemuka dan Bermartabat di Tahun 2028

Misi :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan tenaga dokter, sarjana psikologi, bidan, dokter spesialis, magister dan doktor yang profesional.
  2. Melaksanakan penelitian dalam mengembangkan ilmu pengetahuan kedokteran dan kesehatan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas berdasarkan perkembangan ilmu kedokteran dan kesehatan terkini dengan melibatkan peran serta masyarakat.
  4. Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan tata kelola yang baik (good faculty governance) yang mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang strategis.

Biaya Fakultas Kedokteran Undalas

Biaya yang perlu dibayar untuk tempuh Pendidikan Dokter di Unand terdiri jadi BKT dan UKT yang terdiri jadi 5 barisan, BKT yang dibayarkan sejumlah Rp. 12.694.000, UKT barisan I Rp. 500.000, barisan II Rp. 2.875.000, barisan III Rp. 5.250.000, barisan IV Rp. 8.125.000, dan barisan V Rp. 11.000.000. 

Cara dan Syarat Pendaftaran Fakultas Kedokteran Undalas

Untuk informasi lebih komplet berkenaan dengan cara dan syarat pendaftaran kedokteran Universitas Andalas bisa berkunjung ke website resmi FK Undalas. Anda juga bisa menghubungi melalui telepon +62-751-31746 dan email sekretariat.fkunand@gmail.com, dekanat@fk.unand.ac.id.


Itulah pembahasa Mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Undalas), Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Undalas)"