Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta UMS

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta atau disingkat UMS merupakan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Surakarta. Kedokteran UMS memiliki kualitas pendidikan yang berkompeten serta fasilitas yang lengkap yang membuat banyak calon mahasiswa baru ingin kuliah di FK UNS. Tidak heran, tiap tahunnya Fakultas Kedokteran UMS berhasil mencetak calon dokter islam yang sukses.

Bagi Anda yang ingin berkuliah di Fakultas Kedokteran UMS diharuskan untuk belajar secara rajin dalam menghadapi tes ujian masuk kelak. Hal ini diakrenakan tingkat persaingan yang dibilang cukup ketat. Tapi jangan khawatir, Anda bisa belajar dengan mandiri dengan latihan soal-soal SBMPTN ataupun mengikuti bimbel khusus kedokteran. Diharapkan hasil yang didapatkan jauh lebih maksimal. Kami merekomendasikan beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia yang dapat menjadi referensi Anda yang ini kuliah kedokteran.

Fakultas Kedokteran UMS

Sejarah Fakultas Kedokteran UMS

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai salah satunya fakultas yang umurnya belum tua di Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan sebagai salah satunya fakutas yang paling disukai oleh beberapa orang di Kota Surakarta dan sekelilingnya. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta diselengarakan berdasar Surat Keputusan Dikti Nomor: 1260/D/T/2004. Sekarang ini status legalisasi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta ialah B berdasar SK BAN-PT No. 242/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/XII/2013.


Program Study Pendidikan Dokter (S1) dibangun di tahun 2004. Tahapan pendidikan terdiri atas Pendidikan Sarjana Kedokteran dan Pendidikan Karier Dokter. Perkuliahan akan berjalan di universitas, rumah sakit dan praktik di atas lapangan dengan sistem evaluasi Masalah Based Learning, di mana mahasiswa semenjak duduk di semester awalnya akan belajar secara integratif dalam blok-blok yang memakai pendekatan panduan 7 cara (seven jump). Dan Pendidikan Karier Dokter akan berjalan penuh di dalam rumah sakit umum wilayah.


Di tahun tuntunan 2008/2009 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta mulai mengaplikasikan Kurikulum Berbasiskan Kapabilitas (KBK) dengan sistem pendekatan Masalah Based Learning (PBL). Kompentensi yang diartikan ialah kapabilitas yang sudah diputuskan oleh Konsil Kedokteran Indonesia. Dan pendekatan masalah based learning yang dipakai ialah intinya dengan panduan 7 cara (seven jump) dengan memakai skenario sebagai penyebab evaluasi. Taktik evaluasi lain masih tetap dipakai secara seimbang.


Visi dan Misi Fakultas Kedokteran UMS

Visi :

Menjadikan fakultas kedokteran Islami yang unggul di bidang kedokteran keluarga untuk kemaslahatan umat manusia pada tahun 2029 serta misinya sebagai berikut:

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang menghasilkan lulusan dokter profesional & berkualitas dengan keunggulan kedokteran keluarga yang memberi kemaslahatan kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan menerapkan nilai-nilai keislaman.
  2. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang mampu menghasilkan karya ilmiah yang diakui di tingkat nasional maupun intemasional.
  3. Menyelenggarakan kerjasama di tingkat nasional maupun internasional.
  4. Menyelenggarakan tatakelola lembaga pendidikan kedokteran yang profesional dan dilandasi nilai-nilai keislaman.

Biaya Fakultas Kedokteran UMS

Kedokteran Universitas Muhammadiya mempunyai ongkos Dana Peningkatan sejumlah Rp. 114.000.000 dan ongkos per-SKS sejumlah Rp. 650.000. 


Cara dan Syarat pendaftaran Fakultas Kedokteran UMS

Untuk info yang lebih mendalam tentang cara dan syarat pendaftaran kedokteran UMS kalian bisa datangi situs kedokteran UMS yakni http://kedokteran.ums.ac.id/ dan nomor teleponnya (0271) 716844.


Penutup

Itulah pembahsan mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta UMS, Berkuliah di kedokteran UMS merupakan impian bagi semua orang yang ingin menjadi seorang dokter. Tetaplah untuk belajar sepanjang hayat dan mengamalkan ilmu sebaik-baiknya sehingga kelak Anda dapat menjadi dokter yang sukses,Amin.

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta UMS"