Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha atau dikenal FK Maranatha ini merupakan salah satu fakultas kedokteran swasta terbaik di Indonesia. Berlokasi di Bandung membuat Kedokteran Maranatha semakin populer dan membuat banyak calon mahasiswa baru mendaftarkan dirinya untuk kuliah kedokteran disini. Tidak heran, setiap tahun Kedokteran Maranatha memiliki peminat yang tinggi dan berhasil mencetak calon dokter yang berkompeten.


Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk menggapai impian menjadi dokter. Tetapi, Agar dapat masuk di Kedokteran Maranatha dibutuhkan persiapan yang matang  karena tingkat persaingan yang cukup tinggi. setelah lulus sekolah menengah Anda bisa belajar mempersiapkan diri seperti berlatih soal-soal SBMPTN ataupun mengikuti bimbel kedokteran yang diharapkan ketika tes ujian masuk berlangsung akan mendapatkan hasil yang maksimal

Fakultas Kedokteran Maranatha


Sejarah Fakultas Kedokteran Maranatha

Kedokteran Universitas Kristen Maranatha awalannya tercipta dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia Immanuel Bandung yang waktu itu melepas diri karena ada permasalahan internal universitas yang sangat menggelisahkan mahasiwa. Pada akhirnya beberapa mahasiswa-mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) Immanuel yang sejumlah 130 orang, yang sudah mengatakan melepas diri dari UKI Immanuel di hari Sabtu tanggal 4 Juli 1964 malam berada di Lyceum Jln. Ir. H Juanda, Bandung.


Beragam usaha sudah dilakukan oleh beberapa mahasiswa, seperti menghadap dan melapor ke Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Pengetahuan Pengetahuan) dan Dr. I Leimena, Wakil Pertama Menteri II, di saat itu. Disamping itu, Tubuh Pendidikan Kristen (BPK) - Jawa barat sudah berusaha cari jalan keluar penampung untuk mahasiswa-mahasiswa, dengan mengontak UKI Jakarta dan Universitas Kristen Satya Wawasan Salatiga, tetapi usaha ini gagal.


Pada akhirnya dengan kegigihan mahasiwa Kedokteran UKI Immanuel membuat beberapa intelegensi kristen untuk memb. angun satu instansi pendidikan kristen di Bandung. Tetapi, Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) cabang baru di Bandung, yang baru dibangun di tanggal 19 April 1964, pada konsepnya tidak menolong mahasiswa, karena hal itu sebagai masalah UKI Immanuel.


Di tanggal 29 Desember 1964 jam 20.00, berada di Lycuem, Bandung, diselenggarakan tatap muka beberapa beberapa tokoh gereja dan warga Kristen, dalam rencana pecahkan kesusahan yang di temui oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran yang melepas diri dari UKI Immanuel. Selanjutnya, Beberapa figur PIKI pada akhirnya memilih untuk membangun satu perguruan tinggi Kristen yang baru di Bandung, yang disokong oleh Gereja Kristen Indonesia (GKI) dan Gereja Kristen Pasundan (GKP). Perjuangan yang gigih dari beberapa mahasiswa bekas fakultas kedokteran UKI Immanuel pada akhirnya berbuah hasil.


Di hari Senin 14 Juni 1965, dibuatlah akta pendirian Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha oleh notaris Lie Kwee Nio di Bandung. Ketua Yayasan PTK Maranatha dijabat oleh dr. J.E. Siregar, dari GKP. Di hari Sabtu 11 September 1965 jam 17.00 berada di GKI-Jabar Jl. Kebon Jati 40 (saat ini no. 100) Bandung, disahkan berdirinya Universitas Kristen Maranatha. Acara pengesahan diprioritaskan oleh doa yang dipegang oleh Pdt. Jakin Elia, yang diteruskan dengan sambutan dari dr. J.E. Siregar sebagai ketua Yayasan PTK Maranatha, dr. Hasan Sadikin sebagai wakil UNPAD, Gurbernur Jawa barat Bapak Mashudi, Pdt. Tan How Siang Sekjen Sinode GKI, dr. Hasin Boesoirie Direktur RSUP Ranca Badak (saat ini RSUP Hasan Sadikin), dan Ir. Go Pok Oen, Ny. J. Leimena, Mawawi MSc, dr. Median Sirait sebagai beberapa tokoh intelektual Kristen.


Alamat Fakultas Kedokteran Maranatha

Jl. Surya Sumantri No.63, Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40164, Indonesia


Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Maranatha

Visi :

Pada tahun 2024, Fakultas Kedokteran  Universitas Kristen Maranatha menjadi fakultas kedokteran swasta terbaik di Indonesia di bidang herbal medik dan gizi medik dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kasih dan keteladanan Yesus Kristus. Serta misi;

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dokter sesuai Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia, perkembangan ilmu dan teknologi terapan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kasih dan keteladanan Yesus Kristus, dengan muatan lokal herbal medik dan gizi medik.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di berbagai bidang kedokteran, khususnya di bidang herbal medik dan gizi medik.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bentuk nyata penjabaran nilai-nilai kasih dan keteladanan Yesus Kristus.


Biaya Fakultas Kedokteran Maranatha

Biaya yang diberi untuk mahasiswa kedokterannya yakni dengan SPP sejumlah Rp. 37.500.000 per semester, Dana Peningkatan Harus Rp. 218.000.000, pengenalan universitas 7 almet Rp. 1.200.000 dan servis kesehatan sejumlah Rp. 270.000.


Cara dan Syarat Pendaftaran Fakultas Kedokteran Maranatha

Untuk informasi selanjutnya mengenai cara dan syarat pendaftaran Fakultas Kedokteran Maranatha bisa di datangi websitenya https://med.maranatha.edu dan nomor telepon+62 22 - 201 2186.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha, Kuliah kedokteran di Universitas Maranatha menjadi idaman bagi semua orang. Oleh karena itu marilah kita untuk belajar sepanjang khayat dan niscaya besok akan menjadi dokter yang sukses.

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha"