Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Unhas

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin atau disingkat Unhas ini merupakan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Berlokasi di Sulawesi membuat Kedokteran Umhas menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah kedokteran. FK Unhas tiap tahunnya terus mencetak calon dokter yang memiliki kompetensi tinggi. Tidak heran, persaingan untuk masuk di FK Unhas pun dapat dibilang cukup sulit.

Bagi Anda yang ingin kuliah kedokteran di Fakultas Kedokteran Unhas mulailah untuk mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menempuh tes ujian masuk. Anda dapat berlatih dengan cara belajar mandiri atau mengikuti bimbel khusus kedokteran. Hal ini diharapkan Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

FK Universitas Hasanuddin Unhas


Sejarah Kedokteran Unhas

Universitas Hasanuddin atau yang umum dikenali Unhas ini tercipta pada anggal 28 Januari 1956 dan jadi awalnya tonggak riwayat dunia kedokteran di Makassar dengan disahkannya sebuah instansi pengajaran dokter bernama "Fakultas Kedokteran Makassar" oleh Prof. Ir. R. Soewandi yang memegang sebagai Menteri P dan K di saat itu. Langkah pertama ini berawal dari kemauan besar warga kota Makassar untuk mempunyai Fakultas Kedokteran dan ada "Gentlement Agreement" di antara faksi Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan dengan Yayasan Balai Perguruan Tinggi Sawerigading berkenaan pendirian sebuah Universitas Negeri di Makassar.


Persetujuan ini dilakukan tindakan di pertemuan Dewan Menteri tanggal 22 Oktober 1953 yang membuat Panitia Penyiapan Fakultas Kedokteran. Panitia ini dipimpin oleh Syamsuddin Dg Mangawing dengan Muhammad Rasyid Dg Sirua sebagai sekretaris dan J.E. Tatengkeng, Andi Patiwiri dan Sampara Dg Lili sebagai anggota-anggotanya.


Pengesahan Universitas Hasanuddin oleh Wakil Presiden Drs. Moh. Hatta di tanggal 10 September 1956 mengakibatkan status Fakultas Kedokteran Makassar beralih menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Peralihan ini terjadi karena persyaratan pendirian Universitas waktu itu ialah minimum satu fakultas eksakta dan dua fakultas non eksakta. Hingga Fakultas Kedokteran Makassar ditempatkan untuk "mengikuti" Fakultas Hukum dan Ekonomi yang sudah terlebih dahulu datang (8 Oktober 1948).


Angkatan pertama Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin diterima bulan Januari 1956. Ujian masuk dikerjakan secara lokal, di mana 65 orang dipastikan lulus sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Bulan Agustus di tahun yang serupa diterima angkatan ke-2 sekitar 60 orang.


Pada angkatan ke-2 berikut yang pertama kalinya jalani periode acara perjumpaan yang disebutkan Perpelontjoan. Aktivitas yang berjalan sepanjang dua minggu penuh ini meliputi pemberian materi perjumpaan dibarengi kegiatan fisik. Beberapa aktivitas itu termasuk keras karena menuntut banyak kemampuan fisik dan psikis, tapi karakternya mendidik dan memupuk rasa sama nasib dan sepenanggungan antara mahasiswa baru.


Visi dan Misi Kedokteran Unhas

Visi : Pada tahun 2020 menjadi Prodi Pendidikan Dokter yang Unggul dalam Akademik dan Riset di Tingkat Nasional dan Internasional serta Mampu Meningkatkan Kesehatan Masyarakat yang Berbasis Benua Maritim Indonesia 

Misi : Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian berkualitas internasional dan mendukung terwujudnya masyarakat yang sehat berbasis Benua Maritim Indonesia.


Alamat Kedokteran Unhas

Kedokertan Universitas Hasanuddin yang beralamatkan di Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.


Biaya Kedokteran Unhas

Biaya yang dikeluarkan untuk tempuh Pendidikan Dokter di Universitas Hasanuddin Makasar ini terdiri jadi enam barisan yakni barisan I sejumlah Rp. 500.000, barisan II Rp. 750.000, barisan III Rp. 2.000.000, barisan IV Rp. 2.400.000, barisan V Rp. 8.000.000 dan barisan VI sejumlah Rp. 14.000.000.


Cara dan Syarat Pendaftaran Kedokteran Unhas

Untuk memperoleh informasi lebih terang berkenaan Kedokteran Universitas Hasanuddin bisa berkunjung situnya di https://unhas.ac.id dan https://med.unhas.ac.id/ dan bisa menelepon ke nomor telephone 0411-586200.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Unhas, Kuliah kedokteran di FK Unhas merupakan salah satu impian bagi semua orang, jadi jangan pernah menyerah untuk menggapai cita-cita Anda untuk menjadi seorang dokter,Semangat

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Unhas"