Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada UGM

Fakultas Kedokteran UGM merupakan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Terletak di Kota Yogyakarta membuat Kedokteran UGM menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah kedokteran. FK UGM selalu mendapatkan peringkat atas dalam hal sistem pendidikan dan mencetak calon generasi dokter yang luar biasa.

Bagi Anda yang ingin kuliah kedokteran di Fakultas Kedokteran UGM dapat mengikuti seleksi yang diadakan. Anda dapat berkunjung di situs resmi UGM untuk mendapatkan info lebih jauh tentang pendaftaran tes ujian masuk. Dan untuk Anda yang baru saja lulus SMA dapat mengikuti bimbel kedokteran sehingga persiapan Anda akan jauh lebih matang serta persentase penerimaan jauh lebih besar. Anda bisa berlatih soal-soal SBMPTN sambil mendekati hari tes ujian masuk.


FK Universitas Gadjah Mada UGM


Sejarah Kedokteran UGM

Kedokteran Universitas Gadjah Mada tercipta semenjak zaman penjajahan Belanda dan saat Indonesia di dalam meraih kemerdekaannya. Sebagai fakultas paling tua di Indonesia, tonggak berdirinya Fakultas Kedokteran UGM lewat proses yang paling panjang. Pada zaman penjajahan Belanda ada dua sekolah kedokteran yakni Geneeskundige Hoge School (GHS) di Jakarta dan Netherlands Indische Arsten School (NIAS) di Surabaya. Seterusnya pada periode wargaan Jepang (1943-1945) terjadi banyak peralihan. GHS berbeda nama jadi Djakarta Ika Daigaku, dan NIAS ditutup dan umumnya mahasiswanya berpindah ke Djakarta Ika Daigaku.


Sebentar sesudah Proklamasi Kemerdekaan RI, Djakarta Ika Daigaku diambil pindah oleh pemerintahan Republik Indonesia dan berbeda nama jadi Perguruan Tinggi Kedokteran di Jakarta di bawah Kementrian Kesehatan. Karena keadaan keamanan di Jakarta yang darurat karena terjadi perlawanan di mana saja, karena itu Kementrian memilih untuk mengalihkan Perguruan Tinggi Kedokteran Jakarta ke wilayah pedalaman Jawa tengah yakni Yogyakarta. Yogyakarta tidak mempunyai sarana yang cukup buat pendirian Perguruan Tinggi Kedokteran, hingga pendirian dipindah ke Klaten, kota kecil di antara Yogyakarta dan Surakarta. Di saat itu, tonggak riwayat pendirian Fakultas Kedokteran diawali yakni 5 Maret 1946.


Saat sebelum PTK Yogyakarta berdiri, di Yogyakarta telah ada Sekolah Tinggi Tehnik dan Sekolah Hukum punya Yayasan Perguruan Tinggi Gadjah Mada. Muncul ide antara beberapa kementrian untuk menyatukan Perguruan perguruan tinggi dan Sekolah sekolah tinggi jadi satu Universitas di bawah Kementrian Pendidikan Edukasi dan Kebudayaan. Ide itu terwujud dengan dibukanya Universitas Negeri Gadjah Mada (UNGM) oleh Kementrian PP&K di tanggal 19 Desember 1949 (saat ini diputuskan sebagai hari kejadian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta).


Karena kontribusi wapres RI. Drs. Moh. Hatta, Menteri Edukasi dan Kebudayaan, Ki Mangoen Sarkoro; Menteri Kesehatan Dr. Soerono dan Prof. Soetopo; Menteri Keuangan Lukman Hakim; Menteri Perhubungan dan Tugas Umum Ir. Laoh dan Ir. Sitompul dan Menteri Kemakmuran dan Pertanian I.J. Kamiso dan Sadjarwo, SH dan sekretaris jenderal Mr. Hadi, Ir. Putuhena dan Ir. Goenoeng, PTK Yogyakarta pada akhirnya disahkan di tanggal 1 November 1949 sebagai PTK RI terkomplet pertama kalinya. Upacara pembukaan itu didatangi oleh Presiden RI Ir. Soekarno.


Visi dan Misi Kedokteran UGM

Kedokteran Universitas Gadjah Mada beralamatkan di Jl. Farmako, Sekip Utara Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Wilayah Spesial Yogyakarta 55281 mempunyai misi Jadi fakultas Kedokteran, Kesehatan Warga, dan Keperawatan berstandar internasional yang inovatif dan unggul, dan selalu berbakti pada kebutuhan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasar Pancasila. Dan visi Tingkatkan status kesehatan warga lewat pendidikan, riset, dedikasi, dan servis yang unggul, berdasarkan kearifan lokal, norma, profesionalisme dan keilmuan berbasiskan bukti yang terpadu dalam Academic Health Sistem.


Biaya Kedokteran UGM

Biaya yang ditawari oleh kedokteran Universitas Gadjah Mada ini berdasar UKT golongan I sejumlah Rp. 500.000, golongan II Rp. 1.000.000, golongan III Rp. 7.250.000, golongan IV Rp. 10.857.000, golongan V Rp. 13.300.000, dan yang paling akhir golongan VI sejumlah Rp. 20.000.000. 


Syarat dan Cara Pendaftaran Kedokteran UGM

Untuk memperoleh info yang lebih terang, kalian bisa menyaksikan situs FK UGM yakni http://fk.ugm.ac.id dan nomor telephone yang bisa di kontak yakni +62274560300 dan +62274581876.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada UGM. Kuliah kedokeran di UGM sangat mengasyikan, hal ini dikarenakan nuansa Yogya yang asri serta indah. Hal ini yang membuat Anda jika berkuliah di Kedokteran UGM akan lebih menyenangkan,semangat!

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada UGM"