Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip)

Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro atau dikenal dengan FK Undip ini adalah salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Berlokasi di Semarang membuat kedokteran Undip menjadi incaran bagi calon mahasiswa baru yang ingin menjadi dokter. Kuliah kedokteran di Undip memiliki prospek pendidkan yang sangat tinggi. Tidak heran, banyak mahasiswa baru berlomba untuk masuk di universitas ini.

Bagi Anda yang ingin berkuliah di Fakultas Kedokteran Undip tentu saja tidak mudah. Hal ini dikarenakan persaingan yang cukup ketat. Tapi jangan khawatir, persiapan menghadapi ujian masuk Undip dapat berjalan lancar jika dipersiapkan dengan matang. Anda dapat berlatih menjawab soal-soal SBMPTN atau mengikuti bimbel khusus kedokteran. Biasanya disana akan dijelaskan secara rinci soal-soal yang akan diujikan

FK Universitas Diponegoro Undip


Sejarah Fakultas Kedokteran Undip

Yayasan Universitas Diponegoro dibangun tahun 1959 mempunyai Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Pengetahuan Pendidikan dan Fakultas Tehnik. Realita ini menggerakkan keinginan untuk membangun Fakultas Kedokteran. Di pertemuan kombinasi Yayasan Universitas Semarang/Diponegoro dengan Pengurus Senat Universitas Diponegoro di tanggal 10 Juni 1960, atas dorongan dr. R. Atmadi Wreksoatmodjo, ditetapkan untuk membangun Fakultas Kedokter-an. Dibuat Panitia Pendirian Fakultas Kedokteran yang dipimpin oleh Suyono Atmo, dengan sekretaris Sri Widojati Notoprodjo, SH.


Berkenaan dengan persetujuan dalam rapat-rapat yang telah di selenggarakan, jika pembukaan Fakultas Kedokteran selekasnya bisa diawali dari tingkat atas, karena itu di tanggal 24 Agustus 1961 diselenggarakan rapat paling akhir yang dipimpin oleh dr. Heyder bin Heyder dan didatangi oleh semua Kepala Sisi dari Rumah Sakit Umum Pusat Semarang, dr. Tendean dari Rumah Sakit Jiwa dan dr. Go Gien Hoo dari Rumah Sakit St. Elizabeth. Mereka ajukan saran-saran, gagasan dan beberapa keinginan.


Berdasar Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Pengetahuan Pengetahuan (PTIP) No. tiga tahun 1961 tertanggal 12 September 1961 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro sah berdiri semenjak tanggal 1 Oktober 1961, dan sebagai fakultas ke-5 di lingkungan Universitas Diponegoro. FK disahkan oleh Wakil Menteri PTIP pada Peringatan Dies Natalis Pertama Universitas Diponegoro tanggal 30 September 1961 di Gedung Balai Kota Semarang. Pendidikan diawali dengan pendidikan dokter tingkat atas, yakni tingkat Doctorandus Medicine, yang dari FK UGM. Dipelopori oleh enam orang Doctorandus Medicine di tahun 1961, selanjutnya jumlah ini bertambah jadi 30 orang di tahun 1962.


Akreditasi Fakultas Kedokteran Undip

Berdasarkan 0622/LAM-PTKes/Akr/Sar/X/2017 bahwa Fakultas Kedokteran Undip yaitu Program Pendidikan Dokter mendapatkan Akreditasi A.


Alamat Fakultas Kedokteran Undip

Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, Indonesia

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Undip

Visi :

Tahun 2024, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menjadi pusat pendidikan berbasis riset yang unggul di bidang kedokteran dan kesehatan.

Misi : 

  1. Menyelenggarakan program pendidikan kedokteran dan kesehatan yang bermutu dan unggul serta kompetitif di tingkat nasional dan atau internasional;
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan publikasi, Hak Kekayaan Intelektual, buku, kebijakan, dan teknologi kedokteran dan kesehatan yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan keunggulan spesifik baik di tingkat nasional dan atau internasional;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dapat menghasilkan publikasi, hak kekayaan intelektual, buku, kebijakan, dan teknologi kedokteran dan kesehatan yang berhasil guna dan berdaya guna dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal;
  4. Menyelenggarakan tata kelola pendidikan tinggi yang efisien, akuntabel, transparan, dan berkeadilan.


Biaya Fakultas Kedokteran Undip

Biaya yang diberika ke calon mahasiwanya yakni yang terdiri jadi 7 kelompok UKT. Kelompok 1 sejumlah Rp. 500.000, kelompok II Rp. Rp. 1.000.000, kelompok III Rp. 5.000.000, kelompok IV Rp. 10.000.000, kelompok V Rp. 12.500.000, kelompok VI Rp. 15.000.000, dan kelompok VII sejumlah Rp. 19.000.000. 


Syarat dan Cara Pendaftaran Kedokteran Undip

Untuk infomasi lebih lanjut mengenai syarat dan cara pendaftaran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro atau FK Undip dapat mengunjungi Website resmi FK Undip. Dapat juga melalui Telp/Fax. (024) 76928010/ 76928011 dan Email: dean@fk.undip.ac.id.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Undip. Bagi Anda yang ingin kuliah di kedokteran Undip tetap semangat dalam menghadapi ujian masuk. Belajarlah dengan rajin dan jangan lupa berdoa, niscaya kelak Anda akan menjadi dokter yang sukses,Amin.

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip)"