Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Kristen Krida Wacana Ukrida

Fakultas Kedokteran Kristen Krida Wacana atau disingkat FK Ukrida ini merupakan salah satu fakultas kedokteran swasta terbaik di Indonesia. Terletak di Jakarta membuat kedokteran Ukrida menjadi plihan Anda untuk menggapai cita-cita menjadi dokter. Hal ini dikarenakan Fakultas Kedokteran Ukrida memiliki pendidikan yang kompeten serta fasilitas yang lengkap. Tidak heran, jumlah pendaftar tiap tahun FK Ukrida terus meningkat dengan mencetak calon dokter yang cekatan.

Setelah Anda lulus sekolah menengah atas, nantinya Anda akan dihadapkan dengan padatnya tes ujian masuk seperti SBMPTN ataupun Ujian Mandiri. Jika Anda berniat kuliah di FK Kristen Krida Wacana diharuskan untuk belajar secara rajin ketika akan menghadapi tes ujian masuk. Bila perlu, Anda dapat mengikuti les bimbel kedokteran yang tersedia di kota Anda sehingga hasil yang didapatkan akan lebih maksimal.
Fakultas Kedokteran Ukrida

Sejarah Fakulta Kedokteran Ukrida

Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) dibangun berdasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 202/DPT/I/1970 dengan 3 (tiga) Fakultas:
  1. Fakultas Kedokteran Umum
  2. Fakultas Tehnik (Jalur Elektro)
  3. Fakultas Ekonomi (jalur Ekonomi Perusahaan)

Berdirinya Ukrida sebagai prakarsa dari beberapa figur Kristen di Jakarta diantaranya Prof. Dr. J.L.Ch. Abineno, Uripto Widjaja, Ny. dr. Pouw Houw Tjiang, Ny. J.M. Rumambi, dr. J. Suwarno, D. Sutedja, Swandjaja, Kol. dr. F. Pattiasina, dr. O. E. Engelen, Pdt. C. Suleeman, dan Pdt. Lukito Handoyo. Beliau-beliau itu terpanggil merealisasikan kesaksian dan servis di bagian pendidikan tinggi, lewat ide membangun perguruan tinggi Kristen sebagai support untuk pembangunan negara dan bangsa Republik Indonesia. Ide itu disokong seutuhnya oleh Prof. Dr. Siwabessy (Menteri Kesehatan waktu itu) dan Pdt. W.J. Rumambi (Menteri Pencahayaan saat itu), yang dilakukan tindakan dengan menyarankan ke Tubuh Pendidikan Kristen Jawa Barat (BPK Jawa barat) untuk pelajarinya. BPK Jawa barat dengan gembira menyongsong ide itu, dan meneruskannya ke Sinode GKI Jawa barat yang menyongsong baik, dan menyiapkan semua sesuatunya.

Lewat sidangnya yang ke-23 pada 15 September 1965, Majelis Sinode GKI Jawa barat memilih untuk membangun Universitas Kristen Djaja yang dipersingkat Ukrida dan memberikan tugas BPK Jawa barat untuk mengelolanya. Tapi karena keadaan politik di tanah air di saat itu, keputusan sidang Sinode baru terwujud pada 20 Januari 1967, dan Ukrida memulai jalannya dengan 3 fakultas, yakni Kedokteran Umum, Tehnik (jalur Elektro), dan Ekonomi (jalur Ekonomi Perusahaan). Pendirian Ukrida dilandasi oleh Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 202/DPT/I/1970.

Dalam perjalanannya selanjutnya, tahun 1978 Fakultas Tehnik buka jalur Tehnik Sipil, dan tahun 1986 Fakultas Ekonomi buka jalur Akuntansi. Begitu Ukrida terus mengayunkan cara dengan beragam rintangan dan kendala, tapi seperti awalnya syair Mars Ukrida, yakni....."Karena kasih sayang Tuhan Yang Maha Esa, berdirilah Ukrida.....", karena itu pelaksana terus berusaha sekalian telaten berdoa, dan yakin dan mengharap cuman ke kasih Tuhan.

Tahun 1985 Ukrida tempati gedung universitas sendiri di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat. Karena ada kewajiban pembelahan pengurus pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi, tahun 1991 Ukrida yang semenjak awalnya pengendaliannya oleh BPK Jawa barat berpindah ke Yayasan Tubuh Pendidikan Tinggi Kristen Krida Wacana. Peralihan nama dilaksanakan tanggal 8 Februari 1992, berdasar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0106/0/1992, Universitas Kristen Djaja sah ganti nama jadi Universitas Kristen Krida Wacana.

Kembali Ukrida terima karena Tuhan dengan disahkannya Universitas II di Jalan Terusan Arjuna Utara No. 6, Jakarta Barat, tanggal 3 Agustus 2002, yang dipakai untuk perkuliahan Fakultas Kedokteran. Pernyataan sukur kepada-Nya dilaksanakan lewat kreasi yang dilandasi kemauan, ini hari harus lebih bagus dari tempo hari, dan esok harus lebih bagus dari ini hari.

Tahun 2009 Fakultas Tehnik Ukrida buka program study S-1 Mekanisme Info, dan diperjalanan seterusnya tahun 2011 Fakultas Tehnik tergabung dengan Fakultas Tehnologi Info jadi Fakultas Tehnik dan Pengetahuan Computer. Tahun 2010 Universitas III di Kelapa Gading, Jakarta Utara, disahkan untuk perkuliahan beberapa mahasiswa Fakultas Ekonomi, dan tahun 2014 Ukrida buka Fakultas Pengetahuan Sosial dan Humaniora dengan program study S-1 Sastra Inggris. Usaha ini dilaksanakan untuk memberi respon keperluan warga yang telah mengenali lebih jauh mengenai Ukrida.

Sebagai bentuk loyalitas Ukrida ke peningkatan kapabilitas lulusannya, terutamanya Fakultas Kedokteran, semenjak tahun 2015 Ukrida sudah mengoperkanasionalkan Rumah Sakit Famili Medical Center (FMC) yang berada di Kabupaten Bogor, sebagai sisi dari Ukrida. Disamping itu, Rumah Sakit Ukrida, yang lokasinya bersebelahan dengan universitas Fakultas Kedokteran dan Pengetahuan Kesehatan masuk tahapan penuntasan. Fasilitas simpatisan Rumah Sakit Ukrida dipertingkat mendekati sah bekerja. Ukrida menggantikan Sekolah tinggi Keperawatan Swakarsa dan di Akte Notaris sah tergabung pada 13 Juni 2019.

Semenjak berumur 50 tahun, Ukrida sudah memberikan tata nilai dan budaya ciri khas yang dikenali dengan LEAD yaitu Loving, Enlightening, Advanced, dan Determined. Secara singkat tata nilai dan budaya LEAD ialah jika sebagai sivitas akademisa, harus sanggup untuk menyayangi, membuat cerah, maju, dan berkemauan. Masuk umur 53 tahun, Ukrida masih tetap memiliki cita-cita jadi instansi pendidikan tinggi dengan semangat memberi kreasi terbaik untuk Tuhan dan bangsa Indonesia. Ukrida terus berusaha merealisasikan mottonya, yakni Take the LEAD yang bermakna semangat untuk ikut serta dalam mentransformasikan dan membuat masa datang yang lebih bagus untuk bangsa.

Tahun 2019, atas karena Tuhan, Ukrida buka program study baru yakni program study Optometri program Sarjana Aplikasi (pertama dan salah satu di Indonesia) kelas reguler dan pindah tingkatan.

Alamat Fakultas Kedokteran Ukrida

Jl. Tanjung Duren Raya No.4, RT.12/RW.2, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470, Indonesia

Akreditas Fakultas Kedok
Untuk Fakultas Kedokteran Ukrida mendapatkan Akreditasi B melalui SK LAM-PTKES No. 0483/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2017

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Ukrida

Visi :
Penyelenggara Tridharma Perguruan Tinggi yang unggul di taraf nasional dan internasional berdasarkan nilai-nilai Kristiani

Misi :
  1. Memelihara komunitas iman dengan kebijaksanaan, kecerdasan dan keterampilan tertinggi yang bernilai bagi masyarakat.
  2. Memberikan dan terus meningkatkan lingkungan pendidikan yang kondusif, mengakomodasi keberagaman, dan mengoptimalkan potensi mahasiswa melalui penggunaan teknologi dan gaya hidup tepat guna yang memenuhi kebutuhan Sivitas Akademika dan masyarakat.
  3. Melakukan program riset tingkat lanjut yang menjadi sumber referensi terencana.
  4. Mengembangkan staf secara profesional dan mengaktualisasikan potensi terbaik mereka.

Biaya Fakultas Kedokteran Ukrida

Biaya Fakultas Kedokteran Ukrida dengan program studi kedokteran sebesar SPP Rp350.000.000 dan biaya per semester Rp35.000.000.

Cara dan Syarat Pendaftaran Fakultas Kedokteran Ukrida

Untuk informasi mengenai cara dan syarat pendaftaran fakultas kedokteran Ukrida dapat mengunjungi website resmi melalui https://ukrida.ac.id/ dan telefon +62 25694 2061.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Kristen Krida Wacana Ukrida. Menjadi seorang dokter adalah impian bagi semua orang dan salah satu mewujudkannya melalui Fakultas Kedokteran Ukrida. Belajarlah secara rajin dan meningkatkan skill sehinga kelak Anda bisa menjadi dokter yang sukses,Amin.

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Kristen Krida Wacana Ukrida"