Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Dokter Medis di Turki (8 Langkah)

Turki adalah negara lintas benua yang berfungsi sebagai jembatan alami antara Eropa dan Asia. Istanbul adalah salah satu kota paling bersejarah dan penting di dunia, sedangkan Ankara adalah ibu kota negara. Beberapa jejak tertua keberadaan manusia di Eurasia dapat ditemukan di wilayah Turki. Ini adalah anggota awal PBB, NATO, dan rekan dekat dengan Uni Eropa.

Bagaimana Menjadi Dokter Medis di Turki

Turki adalah salah satu tujuan wisata teratas di dunia, dan semakin banyak orang asing yang pindah ke sana dalam jangka panjang. Pada artikel ini, kita akan membahas proses untuk menjadi seorang dokter medis di Turki.


1. Persyaratan Bahasa Turki

Menurut banyak orang yang telah mempelajarinya, bahasa Turki adalah salah satu bahasa yang paling indah dan menyenangkan untuk dipelajari di luar sana, yang merupakan berita bagus bagi siapa saja yang ingin pindah ke negara tersebut. Seperti banyak bahasa, meskipun, ia memiliki kebiasaan dan karakteristik unik yang membutuhkan waktu untuk dikuasai, tetapi mengingat bahwa ia menggunakan alfabet Latin, transisi untuk orang Inggris seharusnya tidak terlalu sulit, meskipun dianggap lebih sulit daripada bahasa Prancis. atau bahkan Jerman. Pembelajar yang berdedikasi dapat berharap untuk menguasai bahasa tersebut dalam waktu kurang dari satu tahun.


Hingga akhir 2011, dokter asing tidak diizinkan bekerja di Turki. Mulai tahun 2012 dan seterusnya, dokter asing diizinkan untuk bekerja tetapi juga diharuskan mengikuti tes kemahiran bahasa, bahwa mereka harus lulus dengan skor minimum “B” jika ingin menjadi dokter di Turki.


2. Belajar di sekolah kedokteran Turki

Program kedokteran sangat diminati di universitas-universitas Turki, baik untuk mahasiswa Turki maupun asing, sehingga persaingan untuk masuk ke dalamnya cukup ketat, namun tingkat penerimaannya masih sangat tinggi yaitu sekitar 90%, tergantung pada bidang studi dan universitas. Beberapa universitas memerlukan ujian pra-masuk yang menguji logika dan akal sehat siswa, sementara ada juga beberapa ujian pra-masuk di mana siswa harus membuktikan kemahirannya dalam bahasa yang akan dipelajarinya, apakah itu bahasa Inggris atau Turki. Selain itu, semua mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa kedokteran, harus mengikuti Ujian YÖS


Program kedokteran umum di universitas Turki biasanya berlangsung selama 6 tahun. Pertama 2 tahun dihabiskan teori dan ilmu pengetahuan dasar belajar, tahun ketiga dihabiskan untuk pengenalan teoritis dan praktis untuk berbagai topik dan penyakit, sedangkan 4 th dan 5 th tahun dicadangkan untuk magang klinis. Tahun terakhir studi dihabiskan sebagai dokter praktik di rumah sakit universitas, di mana studi akan mengambil tugas sebagai dokter biasa.  


3. Lulus ujian kesehatan yang dipersyaratkan

Sebelum Anda diizinkan bekerja di Turki sebagai dokter umum atau residensi, Anda harus melalui serangkaian tes. Anda harus lulus tes ini untuk menjadi dokter medis di Turki. Setelah Anda menyerahkan dokumen yang diperlukan ke Kementerian Pendidikan Tinggi, Anda memiliki waktu 8 hingga 12 bulan hingga proses belajar bahasa Turki selesai dan mempersiapkan diri untuk ujian kesetaraan yang disebut STS, yang harus diambil dalam bahasa Turki, dan akan diuji pengetahuan Anda dalam kedokteran. Melewati ujian ini tidak terlalu sulit karena Anda hanya perlu mencetak 35 dari 100 poin, tetapi kendala bahasa terbukti menjadi tantangan bagi beberapa siswa. 


4. Selesaikan Residensi

Setelah lulus ujian, Anda harus menghabiskan 6 hingga 9 bulan pelatihan di rumah sakit pendidikan pemerintah di Turki. Setelah selesai, Anda diperbolehkan bekerja sebagai dokter medis di Turki. Jika Anda ingin mengambil spesialisasi lebih lanjut, misalnya sebagai ahli bedah, ada ujian tambahan yang berkaitan dengan spesialisasi Anda yang harus Anda lalui. Jika Anda gagal lulus, Anda harus bekerja 3 bulan di bawah pengawasan di rumah sakit pendidikan, dan jika Anda menunjukkan diri Anda dengan baik, Anda dapat mulai berlatih sebagai spesialis.


5. Mendapatkan Lisensi Medis untuk Menjadi Dokter di Turki

Proses yang memungkinkan Anda untuk berpraktik kedokteran di Turki tidak datang dalam bentuk lisensi tunggal, tetapi serangkaian dokumen, izin, dan hal-hal lain yang perlu Anda sediakan dan dapatkan. Juga sangat perlu dicatat bahwa bekerja di rumah sakit negara di Turki dilarang untuk warga negara asing, dan saat bekerja di rumah sakit umum sangat mungkin, prosesnya cukup rumit. Anda perlu mendapatkan izin tinggal, visa kerja, kesetaraan (gelar asing Anda harus disetujui oleh YÖK), setidaknya pengetahuan tingkat "B" tentang bahasa Turki, dan beberapa dokumen dan persyaratan lainnya. Dengan izin ini, Anda diizinkan untuk mulai bekerja di rumah sakit swasta di Turki. Harap dicatat bahwa sebagian besar izin hanya akan bertahan selama 2 tahun, setelah itu Anda harus memperbaruinya. 


6. Visa Kerja Turki untuk Dokter

Untuk mulai bekerja sebagai dokter medis di Turki, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan izin kerja/visa. Visa ini diberikan oleh Kementerian Keluarga, Tenaga Kerja, dan Layanan Sosial. Anda dapat mengajukan permohonan visa ini di konsulat Republik Turki di negara asal Anda. Untuk melamar, Anda harus memiliki kontrak kerja dari rumah sakit swasta di Turki. Rumah sakit juga perlu mengajukan aplikasi online ke kementerian yang disebutkan sebelumnya, memberi mereka informasi dan dokumen tambahan. Setelah visa kerja dikeluarkan, kandidat diminta untuk memasuki wilayah Turki dalam waktu 180 hari. 


Izin kerja awal adalah untuk jangka waktu satu tahun. Setelah izin berakhir, pekerja harus mengajukan permohonan perpanjangan, yang setelah disetujui, akan berlaku selama 2 tahun lagi, mengingat kandidat masih berada di rumah sakit yang sama dan melakukan jenis pekerjaan yang sama. Perpanjangan harus diajukan secara online setidaknya 2 bulan sebelum izin awal berakhir.


7. Mendapatkan Pekerjaan sebagai Dokter di Turki

Seperti disebutkan sebelumnya, satu-satunya rumah sakit tempat Anda dapat bekerja sebagai orang asing di Turki adalah rumah sakit swasta. Peluang kerja di rumah sakit ini bisa terbatas, tetapi jauh dari mustahil untuk ditemukan. Anda dapat menemukan banyak lowongan pekerjaan secara online, termasuk platform internasional terkenal seperti Indeed atau Linkedin, serta beberapa situs Turki yang bahasanya perlu Anda ketahui. Dengan sedikit usaha, dan tentu saja pengetahuan dan keterampilan, mencari pekerjaan sebagai dokter di Turki di sektor swasta seharusnya tidak terlalu sulit.


8. Tata Cara Dokter Asing Menjadi Dokter di Turki

Singkatnya, di sini kita akan segera membahas langkah-langkah yang perlu Anda ambil sebagai dokter asing terlatih untuk mulai bekerja di Turki. Pertama, dan terpenting, Anda memerlukan ijazah dari universitas asing. Setelah itu, Anda harus mengikuti dan lulus ujian kesetaraan atau ujian STS. Anda kemudian perlu membuktikan kemahiran dalam bahasa Turki. Setelah itu, Anda perlu mengajukan permohonan izin tinggal dan izin kerja di konsulat Turki setempat. Proses ini hanya dapat diselesaikan jika Anda telah menemukan rumah sakit untuk bekerja di Turki. Setelah semua ini selesai, Anda dapat mulai bekerja sebagai dokter medis di Turki.


Saya harap artikel tentang cara menjadi dokter di Turki ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Dokter Medis di Turki (8 Langkah)"