Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar di Turki untuk Siswa Internasional (4 Langkah)

Turki adalah tujuan luar biasa bagi siswa internasional untuk tinggal dan belajar. Tidak hanya belajar di Turki sangat layak karena banyak universitas menyampaikan program mereka dalam bahasa Inggris, tetapi juga bermanfaat bagi siswa yang ingin mengalami banyak budaya, tradisi, dan etnis di satu tempat.

Cara Belajar di Turki untuk Siswa Internasional

Dengan lokasi geografisnya yang unik terbentang antara Asia dan Eropa, Turki memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang tak tertandingi. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana siswa internasional dapat belajar di Turki.


Belajar di Turki untuk Siswa Internasional

Agar siswa internasional dapat belajar di Turki, Anda harus melakukan hal berikut:

  1. Ketahui biaya belajar di Turki dan rencanakan untuk memenuhi biaya secara finansial. Ada cara untuk melakukan ini, jadi pastikan untuk merencanakan ke depan.
  2. Kemudian, Anda harus dapat memenuhi persyaratan aplikasi. Ini membutuhkan waktu juga, jadi rencanakan ke depan. Kami akan mencantumkan persyaratan ini di bagian selanjutnya.
  3. Setelah Anda memenuhi persyaratan, Anda harus mendaftar! Kami akan membahas proses aplikasi dalam artikel ini juga.
  4. Kemudian, setelah Anda diterima, Anda perlu mengajukan permohonan visa pelajar.

 

1. Ketahui Biaya Kuliah di Turki

Dari $1,000/tahun untuk universitas negeri hingga $20,000/tahun untuk institusi swasta, mahasiswa dari seluruh dunia dapat menerima pendidikan berkualitas tinggi dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, biaya hidup di Turki sangat masuk akal. Seorang siswa internasional membutuhkan rata-rata kurang dari $600 sebulan untuk menutupi biaya hidupnya, seperti akomodasi, makan, transportasi, buku, hiburan, dan lain-lain.


2. Ketahui Persyaratan Aplikasi Umum untuk Belajar di Turki sebagai Siswa Internasional

Sementara beberapa universitas menawarkan kursus mereka dalam bahasa Turki, sejumlah besar universitas di Turki menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam program sarjana dan pascasarjana mereka. Oleh karena itu, siswa yang ingin menghadiri universitas atau program ini harus memiliki tingkat kemahiran tertentu dalam bahasa Inggris.


Untuk sebagian besar universitas, penerimaan Anda ke program sarjana tidak akan ditentukan berdasarkan kemampuan bahasa Inggris (atau Turki) Anda. Bahkan jika Anda tidak memenuhi tolok ukur yang ditetapkan oleh universitas, aplikasi Anda akan tetap dipertimbangkan, dan Anda akan ditempatkan dalam program persiapan bahasa Inggris atau Turki selama setahun sebelum Anda memulai studi sarjana Anda.


Namun, persyaratannya biasanya lebih ketat bagi siswa yang mendaftar ke program pascasarjana. Kegagalan untuk menunjukkan tingkat kemahiran bahasa yang diperlukan kemungkinan akan mengakibatkan penolakan penerimaan.


Persyaratan Bahasa Inggris Umum (Sarjana)

Untuk belajar di Turki bagi siswa internasional yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris perlu menghasilkan skor tes kecakapan bahasa Inggris 65 di TOELF iBT, 6.0 di IELTS atau 55 di PTE karena ini adalah persyaratan minimum yang dicari universitas. Pelamar tanpa sertifikat kemahiran bahasa apa pun yang diakui oleh universitas dapat menilai tingkat pemahaman mereka melalui tes kecakapan bahasa Inggris universitas.


Misalnya, Anda harus memiliki setidaknya salah satu dari ini – 65 dalam TOEFL iBT, 55 di PTE, atau 60 dalam tes kecakapan bahasa Inggris universitas – untuk dibebaskan dari program persiapan bahasa Inggris satu tahun di Istanbul Technical University


Middle East Technical University (METU) mengharuskan pelamar program sarjana mereka untuk memiliki setidaknya skor minimal 75 di TOEFL iBT, 6.0 di IELTS, 55 di PTE, atau 60 di METU English Proficiency Exam (EPE). 


Persyaratan Bahasa Inggris Umum (Lulusan)

Persyaratan lebih tinggi untuk siswa yang mengejar gelar master atau Ph.D., dan pelamar harus mencapai nilai tes bahasa yang ditentukan oleh universitas untuk dipertimbangkan untuk masuk. Sebagian besar universitas mengharapkan skor minimum 79 di TOELF iBT, 6,5 di IELTS, atau setara dalam tes kecakapan bahasa Inggris universitas untuk penerimaan program pascasarjana mereka.


Misalnya, untuk masuk ke METU, pelamar harus memiliki setidaknya skor 79 di TOEFL iBT, 6,5 di IELTS, 62 di PTE, atau 65 di METU EPE. 


Sementara itu, Anda akan membutuhkan setidaknya 87 dalam TOEFL iBT, 6,5 dalam IELTS, atau C dalam Ujian Kecakapan Bahasa Inggris Bilkent untuk menghadiri Sekolah Pascasarjana Teknik dan Sains Bilkent University


Bahkan di universitas yang sama, sekolah pascasarjana yang berbeda mungkin memberlakukan persyaratan kemahiran bahasa yang berbeda, jadi yang terbaik adalah memeriksa prasyarat sebelum Anda mendaftar.


Persyaratan Aplikasi (Sarjana)

Di bawah ini adalah dokumen aplikasi khas yang diperlukan oleh universitas di Turki. Materi (baik dalam bahasa Turki atau Inggris) dapat dikirimkan secara online melalui sistem aplikasi universitas. Untuk dapat belajar di Turki untuk siswa internasional, Anda harus memiliki bahan-bahan berikut secara umum:

  • Formulir aplikasi
  • Foto ukuran paspor
  • Salinan paspor
  • Surat keterangan Lulus
  • Transkrip resmi kursus dan nilai sekolah menengah
  • Skor kemampuan bahasa Inggris
  • Surat rekomendasi

Beberapa universitas, seperti METU dan Universitas Ankara, tidak mengenakan biaya pendaftaran apa pun. Untuk mengetahui apakah Anda perlu membayar biaya pendaftaran, silakan periksa persyaratan pendaftaran universitas.


Persyaratan Aplikasi (Lulusan)

Adalah umum bagi sekolah pascasarjana yang berbeda dari sebuah universitas untuk memerlukan set dokumen yang berbeda. Secara umum, ini adalah dokumen yang perlu Anda berikan ke universitas di Turki. Daftar materi di bawah ini berasal dari situs web Sekolah Pascasarjana Ilmu Sosial Universitas Sabancı

  • Formulir aplikasi dan foto ukuran paspor
  • Salinan paspor
  • Sertifikat gelar
  • Transkrip universitas
  • Bukti kemahiran bahasa Inggris
  • Pernyataan tujuan
  • Surat rekomendasi

CV untuk menggambarkan pendidikan dan pengalaman kerja Anda

Silakan baca informasi aplikasi universitas untuk memastikan Anda memiliki semua bahan penting yang diperlukan untuk aplikasi Anda.


3. Prosedur Aplikasi di Universitas Turki

Meskipun proses aplikasi mungkin serupa, jumlah penerimaan dan periode aplikasi untuk program sarjana dan pascasarjana dapat bervariasi secara drastis di berbagai universitas di Turki. Ini adalah salah satu langkah paling penting untuk belajar di Turki bagi siswa internasional, jadi sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan informasi yang benar dari situs web universitas.


Kami akan melihat Universitas Ankara di sini sebagai contoh untuk memahami prosedur aplikasi yang khas.  


Universitas Ankara hanya memiliki satu penerimaan untuk program sarjana setiap tahun. Siswa yang ingin mendaftar ke universitas ini dapat mendaftar dan masuk ke sistem aplikasi universitas pada awal periode aplikasi, yang biasanya pada awal Juni.


Setelah mengisi formulir aplikasi, Anda harus mengunggah semua dokumen yang diperlukan secara online sebelum akhir periode aplikasi, yaitu pertengahan Juli.


Universitas kemudian akan mengevaluasi aplikasi Anda dan mengumumkan hasil penerimaan pada akhir Agustus. Jika Anda ditawari tempat dalam program ini, Anda harus membawa dokumen asli Anda untuk verifikasi saat pendaftaran di universitas.


Proses aplikasi untuk program pascasarjana akan identik dengan program sarjana, tetapi disarankan untuk mengkonfirmasi petunjuk aplikasi di situs web universitas agar aplikasi Anda dapat berjalan dengan lancar.


4. Setelah Anda diterima, Anda harus mendapatkan visa pelajar

Sebagian besar siswa internasional, kecuali warga negara dari negara tertentu, memerlukan visa pelajar untuk belajar di Turki. Ini adalah bagian termudah bagi siswa internasional yang berencana belajar di Turki. 


Setelah Anda menerima konfirmasi penerimaan dari universitas Anda, kami sarankan untuk segera memulai aplikasi visa Anda karena prosesnya mungkin memakan waktu lama. Sebelum menuju ke kedutaan atau konsulat Turki di negara Anda, Anda harus melengkapi aplikasi online Anda, menjadwalkan janji temu, dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang diperlukan ini: 

  • Formulir aplikasi yang dicetak dan ditandatangani
  • Dua foto ukuran paspor
  • Paspor atau dokumen perjalanan yang masih berlaku
  • Surat Penerimaan dari universitas Anda
  • Bukti asuransi kesehatan
  • Bukti sarana keuangan seperti laporan bank

Untuk menghindari perjalanan yang sia-sia ke kedutaan atau konsulat Turki, Anda mungkin ingin menghubungi kedutaan/konsulat terlebih dahulu untuk mengonfirmasi apakah Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan.


Tergantung pada kebangsaan Anda, biaya aplikasi visa pelajar akan bervariasi dari $15 hingga $60.


Pesan penerbangan Anda dan bersiaplah untuk memulai perjalanan akademis Anda di Turki! Setibanya Anda di negara tersebut, Anda perlu mengajukan Izin Tinggal (juga dikenal sebagai Ikamet Tezkeresi ) agar Anda diizinkan untuk tinggal di Turki selama 90 hari. 


Anda harus dapat menerima bimbingan dari universitas Anda tentang kapan dan bagaimana Anda dapat melamarnya. Universitas biasanya akan membantu mahasiswanya dalam pengajuan dokumen ke Kantor Imigrasi dan pengambilan izin tinggal atas nama mahasiswa setelah mereka siap.


Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web resmi Direktorat Jenderal Manajemen Migrasi Turki. 

Kami harap artikel tentang belajar di Turki untuk siswa internasional ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Belajar di Turki untuk Siswa Internasional (4 Langkah)"