Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar di Korea untuk Siswa Internasional (4 Langkah)

Korea Selatan adalah pilihan populer bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi mereka. Tidak mengherankan karena Anda tidak hanya dapat memperoleh pendidikan berkualitas tinggi yang terjangkau di salah satu universitas terbaik dunia di Korea, Anda juga dapat menyerap salah satu budaya tertua di dunia sambil merasakan kehidupan di tempat kelahiran K-pop .


Langkah-langkah Belajar di Korea untuk Siswa Internasional

  1. Ketahui biaya kuliah di Korea dan persiapkan finansial
  2. Mempersiapkan persyaratan aplikasi untuk universitas di Korea
  3. Mendaftar ke universitas Korea mengikuti prosedur aplikasi mereka
  4. Memproses visa pelajar Korea Anda

Sekarang, kami akan memandu Anda pada langkah-langkah spesifik ini.


1. Biaya Kuliah di Korea

Salah satu alasan mengapa banyak siswa memilih untuk belajar di Korea adalah pendidikannya yang berkelas dunia dengan biaya yang tidak menguras kantong. Rata-rata, Anda mungkin membutuhkan sekitar $5.000 setahun untuk gelar sarjana Anda. Biaya hidup di Korea juga relatif rendah. Dengan kurang dari $1.000 per bulan, Anda akan dapat menutupi biaya hidup Anda dan masih dapat menikmati kegiatan yang menakjubkan dan menjelajahi lokasi indah yang ditawarkan negara ini.


2. Persyaratan Aplikasi Umum untuk Belajar di Korea sebagai Siswa Internasional

Tergantung pada bidang studi Anda, kursus akan diajarkan dalam bahasa Korea atau Inggris. Sebagian besar universitas akan meminta pelamar mereka untuk menunjukkan dokumen yang menunjukkan tingkat pemahaman mereka dalam bahasa-bahasa ini.


Persyaratan Umum Bahasa Korea dan Bahasa Inggris (Sarjana)

Secara umum, Anda memerlukan setidaknya kemahiran level 3 dalam bahasa Korea (Test of Proficiency in Korean, TOPIK) dan/atau skor minimal 80 untuk TOEFL iBT atau 5,5 untuk IELTS.


Misalnya, Seoul National University mensyaratkan minimal level 3 atau lebih tinggi dalam TOPIK atau minimal 80 untuk TOEFL iBT, 6.0 untuk IELTS, atau 551 untuk TEPS dalam kecakapan bahasa Inggris.  


Universitas Sung Kyun Kwan membutuhkan minimal level 4 atau lebih tinggi dalam TOPIK atau salah satu dari persyaratan berikut dalam kemahiran bahasa Inggris. 


  • English Track A – TOEFL iBT 90 atau IELTS 6.5 atau lebih tinggi
  • English Track B – TOEFL iBT 80 atau IELTS 5.5 atau lebih tinggi

Persyaratan Umum Bahasa Korea dan Bahasa Inggris (Lulusan)

Untuk belajar di Korea bagi siswa internasional, persyaratan bahasa untuk aplikasi program pascasarjana serupa dengan persyaratan sarjana universitas. Anda akan membutuhkan level 3 atau lebih dalam kecakapan bahasa Korea dan skor 80 atau lebih tinggi untuk TOEFL iBT atau 5,5 atau lebih tinggi untuk IELTS.


Misalnya, kemahiran bahasa yang Anda perlukan untuk mendaftar ke program pascasarjana Universitas Nasional Seoul adalah sama untuk program sarjananya (dengan pengecualian untuk kursus tertentu).  


Prasyarat bervariasi dari satu universitas ke universitas lain, jadi Anda harus melalui persyaratan aplikasi resmi dari universitas tempat Anda melamar.


Persyaratan Aplikasi (Sarjana)

Ini adalah dokumen biasa (contoh diambil dari Universitas Yonsei ) yang harus Anda kirim ke universitas setelah Anda menyelesaikan aplikasi online Anda. Jika dokumen Anda bukan dokumen asli, kemungkinan besar Anda harus memiliki salinannya diaktakan sebelum mengirimkannya. Disarankan untuk menyimpan salinan dokumen yang Anda kirimkan karena biasanya tidak akan dikembalikan kepada Anda. 

  • Formulir aplikasi penerimaan
  • Pernyataan pribadi
  • Bukti kemahiran bahasa (Korea atau Inggris atau keduanya)
  • Surat rekomendasi atau referensi konselor
  • Transkrip SMA
  • Salinan paspor Anda
  • Salinan paspor orang tua Anda
  • Akta kelahiran
  • Dokumen opsional dapat mencakup profil sekolah menengah, tes standar, dan indikator prestasi akademik lainnya
  • Materi tambahan seperti penghargaan, portofolio atau kegiatan sukarelawan selama SMA
  • Biaya aplikasi ($70 – $150)

Persyaratan Aplikasi (Lulusan)

Dokumen umum (contoh yang diambil dari Universitas Korea ) yang harus diserahkan oleh pelamar lulusan adalah sebagai berikut: 

  • Formulir aplikasi penerimaan
  • Pernyataan tujuan
  • Bukti kemahiran bahasa (Korea atau Inggris atau keduanya)
  • Surat rekomendasi
  • Sertifikat gelar atau kelulusan yang diharapkan
  • Transkrip resmi
  • Dokumen identitas seperti salinan paspor atau daftar keluarga
  • Laporan keuangan
  • Biaya aplikasi ($90 – $120)

3. Prosedur Aplikasi

Langkah selanjutnya belajar di Korea untuk siswa internasional adalah mendaftar. Mendaftar ke universitas Korea cukup sederhana dan mudah. Sebagian besar universitas di Korea memiliki dua penerimaan setiap tahun untuk program sarjana dan pascasarjana mereka – penerimaan Musim Gugur dan Musim Semi. Anda dapat mendaftar ke universitas melalui situs web resminya.


Periode pendaftaran setiap universitas berbeda, jadi yang terbaik adalah memeriksa situs web resmi universitas sebelumnya untuk menghindari kehilangan kesempatan Anda untuk mendaftar. Proses aplikasi mungkin juga memakan waktu sehingga memeriksa pedoman aplikasi universitas terlebih dahulu akan memberi Anda cukup waktu untuk persiapan!


Prosedur aplikasi serupa untuk sebagian besar universitas. Tentukan penerimaan mana yang ingin Anda lamar – Musim Gugur atau Musim Semi – dan periksa periode aplikasi resmi dan persyaratan universitas tempat Anda mendaftar, karena setiap universitas memiliki tenggat waktu dan prasyarat yang unik.


Beberapa universitas, seperti Universitas Nasional Seoul, memiliki periode pendaftaran singkat 2-3 minggu. Cobalah untuk mempersiapkan terlebih dahulu sehingga Anda dapat menyelesaikan aplikasi Anda dan menyerahkan dokumen yang diperlukan dalam batas waktu yang ditentukan.


Untuk Universitas Nasional Seoul , seperti kebanyakan universitas lain, Anda harus mengidentifikasi yang mana dari dua kategori yang Anda masuki saat Anda akan melalui aplikasi online Anda. 

  • Baik pemohon maupun orang tuanya bukan warga negara Korea
  • Orang Korea di luar negeri, orang Korea yang dinaturalisasi yang telah menempuh seluruh pendidikan mereka di luar Korea

Selanjutnya, Anda perlu menyerahkan dokumen yang diperlukan dalam jangka waktu yang diberikan dan membayar biaya pendaftaran $70 ($90 untuk aplikasi pascasarjana). Jika Anda mendaftar untuk belajar seni rupa atau musik, Anda juga akan diminta untuk mengirimkan portofolio Anda.


Anda biasanya akan diberitahu melalui email dua bulan kemudian tentang hasil aplikasi Anda. Jika Anda ditawari tempat di universitas, Anda kemudian akan diminta untuk mengkonfirmasi penerimaan Anda dan melakukan pembayaran untuk semester pertama Anda. Anda mungkin juga diminta untuk mengikuti tes kecakapan bahasa Korea jika dianggap perlu.


Untuk pelamar yang mendaftar untuk program pascasarjana di universitas, prosedur yang sama berlaku meskipun batas waktu aplikasi berbeda dari aplikasi penerimaan sarjana. Biasanya sebulan setelah aplikasi penerimaan sarjana.


4. Setelah Anda diterima, Anda harus mendapatkan visa pelajar

Selamat telah mendapatkan tawaran penerimaan dari universitas! Ada beberapa hal lagi yang perlu Anda lakukan sebelum Anda siap untuk belajar di Korea sebagai siswa internasional.


Setelah Anda mengkonfirmasi penerimaan Anda dan membayar biaya kuliah untuk semester pertama (beberapa universitas mungkin memiliki biaya masuk satu kali juga), universitas Anda akan mengeluarkan Anda Sertifikat Penerimaan dan dokumen lain yang diperlukan yang akan Anda gunakan untuk mendaftar visa pelajar Anda (D-2) di kedutaan atau konsulat Korea di negara asal Anda.


Dokumen yang diperlukan untuk aplikasi visa pelajar mungkin sedikit berbeda dari setiap negara. Silakan periksa situs web resmi kedutaan atau konsulat Korea di negara Anda. Misalnya, ini adalah dokumen yang akan diminta untuk Anda persiapkan jika Anda berasal dari Singapura:  


  • Formulir aplikasi visa dengan satu foto ukuran paspor
  • Paspor
  • Kartu identitas
  • Sertifikat kualifikasi akademik tertinggi Anda
  • Sertifikat Penerimaan dari universitas yang akan Anda hadiri
  • Sertifikat pendaftaran bisnis universitas
  • Pernyataan bank untuk menunjukkan kemampuan finansial Anda untuk membiayai pendidikan dan biaya hidup Anda di Korea

Biaya aplikasi visa juga akan tergantung pada jenis visa yang diajukan (single-entry atau multiple-entry) dan kewarganegaraan Anda. Biayanya antara $60 hingga $90.


Bravo untuk menyelesaikan semua prosedur yang diperlukan. Anda sekarang siap untuk memulai waktu yang paling menyenangkan dalam hidup Anda! Sekarang kemasi koper Anda dan pesan penerbangan Anda ke Korea. Anda mungkin ingin meluangkan waktu menjelajahi kota atau menetap sebelum awal semester.


Saya harap artikel tentang cara belajar di Korea untuk siswa internasional ini bermanfaat. Jika Anda tertarik, kunjungi Kategori Panduan Aplikasi! 

Posting Komentar untuk "Cara Belajar di Korea untuk Siswa Internasional (4 Langkah)"