Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar di Jepang Gratis (10 Langkah)

Jepang termasuk negara ekonomi teratas di dunia. Sampai saat ini, negara telah mengalami kemajuan dalam berbagai bidang praktik seperti ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, mata pencaharian, bisnis, dan tentu saja, pendidikan. Ada begitu banyak program pertukaran pelajar di Jepang dan beberapa bahkan menawarkan studi pasca sarjana full course gratis untuk siswa internasional.

Cara Belajar di Jepang Gratis

Pendidikan di negara ini didanai dengan murah hati oleh pemerintah mereka karena mereka percaya bahwa mendanai pendidikan akan membuat negara mereka sukses. Mereka tidak salah. Sistem pendidikan yang sangat baik, lingkungan pendidikan, dan pendidikan yang berkualitas menjadikan mereka seperti sekarang ini.


Untuk itu, mahasiswa internasional mengincar Jepang sebagai negara prospektif nomor satu untuk melanjutkan pendidikan tinggi, khususnya pasca sarjana dan doktoral. Dan ada cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, apalagi jika gratis! Berikut adalah beberapa tips tentang cara menerima pendidikan gratis di Jepang.


Postingan Terkait


Beasiswa Terkait


Belajar di Jepang Gratis

1. Buat aplikasi yang layak untuk belajar

Aplikasi yang layak jarang mendapatkan jawaban tidak ketika mengajukan banding untuk segala jenis hal seperti pekerjaan, audisi, dan untuk kali ini, pendidikan. Untuk waktu yang lama, Jepang telah dengan murah hati menerima siswa internasional karena yang paling mereka inginkan adalah pengetahuan dan kontribusi yang dapat diberikan oleh siswa tersebut kepada negara mereka.


Tapi itu tidak akan pernah menjadi alasan bagi Anda untuk mengajukan aplikasi yang buruk. Menerima secara longgar tidak berarti bahwa mereka tidak akan pilih-pilih dengan siapa mereka akan memilih. Konten aplikasi yang baik dapat membuat Anda diterima menjadi bagian dari apa pun yang Anda inginkan. Memiliki aplikasi yang bagus adalah bagian penting dari belajar di Jepang secara gratis, jadi pastikan Anda mendapatkan nilai bagus dan memiliki nilai ujian yang tinggi.


2. Cobalah melamar ke beberapa universitas, dan bukan hanya beberapa

Anda pasti harus meneliti tentang universitas yang ingin Anda lamar. Miliki kriteria yang Anda inginkan dan pertimbangkan keterbatasan yang Anda miliki. Tentu saja, kriteria utama Anda haruslah universitas yang menawarkan gelar yang ingin Anda kejar. Apa pun yang belum mencapai kriteria itu harus dihapus dari pilihan Anda. Beberapa universitas yang menawarkan banyak gelar adalah Universitas Hokkaido dan Universitas Tohoku.   


Setelah itu, kirimkan aplikasi Anda ke semua universitas yang Anda teliti dan tunggu penerimaan Anda.


3. Pilih universitas yang lebih murah di Jepang

Alasan mengapa Anda mendaftar adalah karena Anda ingin belajar di Jepang secara gratis. Anda tidak dapat mencapainya jika Anda memilih universitas dengan biaya tinggi seperti laboratorium, fasilitas, dan utilitas. Jadi, pilih universitas yang sesuai dengan anggaran Anda dan akan membantu Anda menghemat uang untuk studi Anda.


4. Lamar lebih awal untuk mendapatkan peluang penerimaan yang lebih tinggi

Pengajuan awal dokumen atau aplikasi apa pun merupakan keuntungan besar bagi orang yang mengirimnya. Prioritas akan diberikan kepada Anda dan kemungkinan besar ketika Anda memiliki kualitas yang mereka inginkan, Anda akan diterima. Juga, kirimkan formulir aplikasi Anda lebih awal karena ini akan mencerminkan siapa Anda sebagai individu. Itu akan menjadi bukti menjadi siswa yang bertanggung jawab.


5. Mencari dan melamar Beasiswa di Universitas Jepang

Mencari beasiswa yang ditawarkan oleh universitas di Jepang adalah salah satu cara terbaik untuk belajar di Jepang secara gratis. Mendapatkan beasiswa tidaklah sulit karena setiap universitas memiliki program beasiswa untuk setiap mahasiswanya. Dua universitas paling populer di Jepang yang menawarkan beberapa beasiswa adalah Universitas Tokyo dan Universitas Kyoto.   


Mereka memiliki program yang secara khusus mendukung siswa internasional tetapi pertama-tama, mereka harus mendaftar di universitas masing-masing. Tetapi selain universitas-universitas ini, masih ada banyak program beasiswa yang bisa Anda manfaatkan. Anda hanya perlu mencari dan melamarnya.


6. Mencari beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah

Sebagai kekuatan ekonomi dunia, Jepang telah menjalin banyak koneksi, terutama dengan negara-negara tetangganya. Jadi, periksa situs urusan internasional pemerintah Anda dan cari beasiswa atau bantuan yang ditawarkan negara Anda untuk mereka yang ingin belajar di Jepang. Selain itu, karena mengetahui potensi ilmu di negaranya, pemerintah Jepang juga menawarkan beasiswa kepada mahasiswa internasional di bidang penelitian. Ini menunjukkan bagaimana negara menghargai bagaimana pendidikan dapat mengubah statusnya.


7. Mencari dan melamar beasiswa swasta

Jika Anda tidak memiliki bakat untuk diterima di universitas dan beasiswa pemerintah, perusahaan swasta di Jepang juga menawarkan beasiswa. Program ini hanya untuk siswa di negara tersebut dan mereka yang memiliki rencana kerja di Jepang. Mereka yang mendapatkan bantuan dari perusahaan atau bisnis segera dipekerjakan atau dibina untuk bekerja untuk mereka dengan imbalan bantuan pendidikan yang mereka terima. Ini akan menjadi kesempatan besar karena Anda tidak perlu khawatir menjadi pengangguran setelah studi Anda.


8. Melamar kerja sampingan atau bekerja sambil kuliah

Jepang mendorong siswanya untuk bekerja paruh waktu jika mereka bisa karena menurut mereka, itu mengembangkan dan melatih keterampilan manajemen siswa. Ya, mahasiswa diperbolehkan bekerja di Jepang selama tidak mengganggu akademik mahasiswa dan selama dalam jam kerja mingguan 28 jam. Juga, bekerja akan selalu legal jika Anda memiliki visa pelajar internasional.  


Jadi, dapatkan beberapa pekerjaan yang tidak akan merepotkan Anda tetapi justru akan merangsang kemampuan Anda untuk mengatur waktu secara efektif. Juga, bekerja pasti dapat membantu Anda belajar gratis di Jepang.


9. Belajarlah untuk menganggarkan uang saku Anda

Jepang adalah negara yang sangat sibuk dalam hal orang dan tentu saja, uang. Uang di Jepang bisa pergi secepat sekejap. Sebagian besar waktu, siswa internasional akan mengaburkan nilai uang karena mereka akan berpikir bahwa segala sesuatunya lebih murah daripada di negara mereka sendiri. Namun, tanpa mengetahui Anda mungkin menghabiskan lebih dari 500USD per hari karena barang-barang yang mungkin Anda beli dengan harga murah. Untuk menghindari keadaan ini, selalu ingat prioritas Anda dan pikirkan sebelum membelanjakannya. Selanjutnya, kurangi pengeluaran Anda di perumahan dan utilitas dengan berbagi kamar dengan teman atau teman sekelas.


10. Terapkan satu atau lebih langkah di atas

Dengan menggunakan satu atau lebih cara di atas, kamu pasti bisa kuliah di Jepang secara gratis. Jadi, pastikan dan persiapkan sejak dini untuk mewujudkan impian Anda!


 Itulah pembahasan mengenai Cara Belajar di Jepang Gratis, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Belajar di Jepang Gratis (10 Langkah)"