Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar di China untuk Siswa Internasional (4 Langkah)

Ada banyak sekali daya tarik untuk belajar di Cina. Anda bisa mendapatkan peluang karir yang bagus. Anda bisa merasakan langsung hidup di negara yang sedang mengalami transformasi besar-besaran dengan kecepatan kilat.

Cara Belajar di China untuk Siswa Internasional

Anda dapat belajar tentang ribuan tahun sejarah dan budaya yang mengakar kuat pada makanan, tempat, dan masyarakat negara ini. Tidak heran jika jumlah mahasiswa internasional di China terus meningkat selama beberapa dekade terakhir. Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana siswa internasional dapat belajar di Cina.

Postingan Terkait


Langkah-Langkah Belajar di China untuk Siswa Internasional

Berikut adalah beberapa panduan umum untuk memaksimalkan peluang Anda untuk belajar di Cina.

  1. Ketahui biaya belajar di Cina. Adalah penting bahwa Anda mempersiapkan terlebih dahulu untuk membiayai studi Anda untuk memungkinkan!
  2. Memenuhi persyaratan aplikasi untuk gelar yang Anda inginkan. Agar memenuhi syarat, Anda harus memenuhi persyaratan aplikasi.
  3. Setelah Anda melakukannya, Anda harus mendaftar ke universitas yang berbeda.
  4. Ketika Anda diterima, Anda perlu mengajukan permohonan visa pelajar.

 

1. Ketahui Biaya Belajar di China

Dibandingkan dengan AS, biaya kuliah di China jauh lebih rendah. Rata-rata, Anda akan membayar sekitar $4,000 per tahun untuk gelar sarjana Anda. Meskipun mungkin lebih mahal di kota-kota seperti Beijing atau Shanghai, perkiraan biaya hidup adalah sekitar $800 per bulan – termasuk akomodasi, makan, transportasi, dan biaya lain-lain.


2. Bersiaplah untuk Memenuhi Persyaratan Aplikasi Belajar di China untuk Siswa Internasional

Di Cina, program sarjana akan memakan waktu 4 hingga 5 tahun untuk diselesaikan sementara program master akan memakan waktu 2 hingga 3 tahun. Kursus akan diajarkan dalam bahasa Cina dan/atau Inggris tergantung pada universitas dan program yang Anda pilih untuk diikuti. Di sini kita akan melihat persyaratan bahasa umum yang Anda butuhkan untuk belajar di Cina.


Persyaratan Umum Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris (Sarjana)

Sebagian besar pelamar sarjana harus memiliki setidaknya level 4 dalam Tes Kecakapan Bahasa Mandarin, juga dikenal sebagai Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). Ini adalah persyaratan penting jika Anda ingin belajar di program yang diajarkan bahasa Mandarin sebagai siswa internasional. Jika kursus diajarkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Inggris bukan bahasa ibu Anda, Anda juga perlu menunjukkan sertifikat tes kecakapan bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL selama aplikasi Anda. 


Misalnya, program sarjana di Universitas Tsinghua diajarkan terutama dalam bahasa Cina. Oleh karena itu, pelamar harus memiliki level 5 atau lebih di HSK dengan 60 poin atau lebih di setiap mata pelajaran. Anda juga akan diterima jika Anda memiliki HSK 4. Namun, Anda diminta untuk meningkatkan skor Anda ke level 5 dalam tahun pertama Anda di universitas atau Anda mungkin akan diminta untuk keluar.  


Shanghai Jiao Tong University mewajibkan mahasiswanya memiliki minimal HSK 4 untuk dapat menghadiri kelas yang disampaikan dalam bahasa Mandarin. TOEFL iBT (84 atau lebih) atau IELTS (6 atau lebih tinggi) diperlukan untuk program tertentu yang menggunakan media bahasa Inggris. 


Persyaratan Umum Bahasa Mandarin dan Inggris (Lulusan)

Program pascasarjana biasanya membutuhkan tingkat pemahaman bahasa Cina yang lebih tinggi. Sebagian besar universitas akan membutuhkan HSK 5 atau lebih tinggi. Untuk belajar di China sebagai siswa internasional dalam program yang diajarkan bahasa Mandarin, Anda harus memenuhi persyaratan bahasa Mandarin mereka. Jika Anda ingin belajar di media bahasa Inggris, Anda harus memenuhi persyaratan bahasa Inggris mereka.


Misalnya, untuk diterima di sekolah pascasarjana Universitas Peking, Anda memerlukan setidaknya HSK 6 dan/atau TOEFL iBT (100 atau lebih tinggi) atau GRE (315 atau lebih tinggi). 


Untuk Universitas Shanghai Jiao Tong, Anda harus memiliki minimal HSK 5 dan/atau TOEFL (85 atau lebih tinggi), IELTS (6 atau lebih tinggi), atau GRE (320 atau lebih tinggi). 


Persyaratan Aplikasi (Sarjana)

Secara umum, ini adalah dokumen yang sebagian besar universitas di China harus Anda serahkan setelah Anda menyelesaikan aplikasi online Anda.

  • Salinan cetak formulir aplikasi yang sudah diisi
  • Sertifikat kelulusan dari sekolah menengah Anda
  • Transkrip SMA
  • Hasil tes berstandar internasional seperti SAT, ACT, A-Level, AP, IB atau lainnya
  • Hasil Tes Kecakapan Bahasa Mandarin (HSK) Anda
  • Bukti kemahiran berbahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS jika bahasa ibu Anda bukan bahasa Inggris
  • Dokumen pendukung yang akan menunjukkan prestasi akademik Anda
  • Salinan paspor Anda

Biaya pendaftaran untuk program sarjana bervariasi dari $90 hingga $150 untuk universitas yang berbeda.


Persyaratan Aplikasi (Lulusan)

Bahan-bahan yang diperlukan pelamar lulusan akan sama dengan yang disebutkan di atas. Di sini saya akan menggunakan daftar dokumen yang diperlukan oleh Universitas Peking sebagai contoh.  

  • Mengisi formulir aplikasi dengan foto
  • Sertifikat gelar atau kelulusan yang diharapkan
  • Transkrip resmi
  • Pernyataan pribadi untuk menggambarkan latar belakang akademis, prestasi, proposal penelitian, dll.
  • Surat rekomendasi
  • Bukti kemahiran bahasa dalam bahasa Cina dan/atau Inggris
  • Salinan paspor Anda
  • Biaya aplikasi 800 RMB (sekitar $120)

Biaya aplikasi untuk program pascasarjana juga antara $90 dan $150.


3. Prosedur Aplikasi

Periode aplikasi satu universitas bisa sangat berbeda dari yang lain. Beberapa universitas memiliki beberapa putaran aplikasi dalam setahun sementara beberapa mungkin hanya memiliki satu. Untuk siswa internasional yang ingin belajar di Cina, Anda harus menyerahkan aplikasi Anda yang sudah lengkap sebelum batas waktu pendaftaran.


Misalnya, Universitas Tsinghua memiliki 3 putaran aplikasi setiap tahun untuk penerimaan sarjana (Agustus, Oktober, dan Desember). Mereka biasanya terbuka untuk jangka waktu satu hingga dua bulan setiap putaran. Sedangkan Universitas Peking hanya memiliki satu putaran, yaitu dimulai pada bulan Januari dan berakhir pada bulan Maret.    


Prosedur aplikasi, bagaimanapun, sangat mirip di universitas yang berbeda. Untuk masuk ke program sarjana atau pascasarjana di universitas Cina, kemungkinan besar Anda harus mengikuti ujian masuk dan/atau menjalani wawancara. Pelamar dengan kemampuan bahasa yang luar biasa dan prestasi akademik masa lalu dapat dikecualikan dan mendapatkan penawaran secara langsung.


Menurut Universitas Peking, pertama-tama Anda akan mendaftar dan menyerahkan formulir aplikasi ujian masuk yang lengkap secara online. Setelah aplikasi Anda ditinjau (biasanya dalam 10 hari kerja), Anda dapat menyimpan salinan formulir sebagai referensi dan membayar biaya aplikasi yang tidak dapat dikembalikan sebesar 800 RMB (sekitar $120). 


Selanjutnya, lengkapi formulir aplikasi universitas, cetak, dan kirimkan ke universitas bersama dengan dokumen lain yang diperlukan.


Anda akan diberikan tiket masuk untuk ujian masuk, yang berisi rincian tempat dan waktu ujian Anda. Mata pelajaran ujian masuk (tes tertulis) adalah Bahasa Mandarin, Matematika, dan Bahasa Inggris. Anda nantinya akan diminta untuk menghadiri wawancara jika Anda lulus ujian.


Akhirnya, Anda akan diberitahu tentang hasil tes Anda dan hasil penerimaan. Jika Anda diterima di universitas, Anda akan menerima surat penerimaan dan dokumen terkait lainnya pada bulan Juni.


4. Setelah Anda diterima, Anda harus mendapatkan visa pelajar

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh mahasiswa internasional yang ingin belajar di China adalah mengajukan permohonan visa pelajar (visa X) di kedutaan atau konsulat China di negara asalnya.


Jika jangka waktu program Anda lebih dari 6 bulan, Anda memerlukan visa X1 (X2 selama 6 bulan atau kurang).


Selain Surat Penerimaan dan formulir “Permohonan Visa untuk Belajar di China” (JW201 atau JW202) yang akan Anda terima dari universitas, Anda harus membawanya saat mengajukan permohonan visa di kedutaan.

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan tersisa dan halaman kosong untuk visa
  • Formulir aplikasi yang sudah diisi (Formulir V.2013) dengan foto yang memenuhi persyaratan ini 
  • Fotokopi visa China yang diperoleh sebelumnya (jika ada)
  • Bukti status kependudukan jika Anda bukan warga negara dari negara tempat Anda mengajukan permohonan visa

Biaya visa berkisar dari $30 hingga $140, tergantung pada kewarganegaraan Anda dan jenis visa yang Anda pilih (entri tunggal atau ganda). Anda juga dapat memilih layanan ekspres dengan waktu pemrosesan yang lebih singkat dengan membayar biaya tambahan sebesar $25.


Untuk lebih jelasnya, kunjungi situs resmi kedutaan atau konsulat China di negara asal Anda. Misalnya, lihat Kedutaan Besar Republik Rakyat China di Amerika Serikat jika Anda adalah warga negara AS.  


Hore! Semuanya dilakukan dan Anda siap untuk pergi. Perhatikan bahwa visa X1 Anda hanya akan berlaku selama 30 hari setelah Anda tiba di China. Anda harus mengajukan Izin Tinggal dalam periode ini untuk dapat terus tinggal di China secara legal. Selain itu, Kementerian Pendidikan China mewajibkan semua siswa internasional untuk memiliki asuransi kesehatan. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat membelinya saat tiba di China. Universitas Anda biasanya akan memandu Anda dan membantu Anda beradaptasi sebelum semester dimulai.


Saya harap artikel tentang cara belajar di Cina sebagai siswa internasional ini bermanfaat.