Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beasiswa Universitas Tokyo untuk Siswa Internasional

University of Tokyo adalah universitas riset publik elit yang berbasis di ibu kota Tokyo di Jepang. Umumnya dikenal sebagai Todai di antara orang Jepang, universitas ini didirikan pada tahun 1877 dan merupakan salah satu universitas Kekaisaran pertama yang didirikan di negara ini. Sejak awal, universitas telah berkembang menjadi salah satu institusi paling bergengsi di Asia dan saat ini menyediakan pendidikan untuk lebih dari 28.000 mahasiswa.

Beasiswa Universitas Tokyo

Universitas ini secara akademis terdiri dari 10 fakultas studi di samping sekitar 15 sekolah pascasarjana. Selain itu, ia beroperasi di 5 kampus berbeda di seluruh kota Tokyo. Dengan status elitnya, universitas juga menerima pendanaan di bawah Proyek Universitas Global Top oleh MEXT yang memungkinkan universitas untuk lebih jauh menawarkan peluang pendanaan yang cukup bagi calon mahasiswa. Pada artikel ini, kami mempersembahkan beasiswa University of Tokyo untuk mahasiswa internasional, baik sarjana maupun pascasarjana.


Kami juga mendorong siswa untuk menelusuri panduan penerimaan sarjana dan pascasarjana sebelum mempertimbangkan untuk mengajukan beasiswa di universitas.


Postingan Terkait


Beasiswa Terkait


Beasiswa Universitas Tokyo

Beasiswa Sarjana

Mahasiswa sarjana memiliki akses ke berbagai beasiswa University of Tokyo dan peluang pendanaan yang ditawarkan baik oleh universitas bekerja sama dengan pemerintah atau organisasi swasta serta beasiswa yang dikelola secara terpusat. Meskipun ini mungkin tampak terbatas, sebagian besar beasiswa ini biasanya dioperasikan dengan fokus pada potensi dan prestasi akademik. Siswa didorong untuk juga menghubungi yayasan yang berafiliasi dengan universitas yang juga menawarkan berbagai beasiswa untuk siswa tertentu.


1. Beasiswa MEXT Jepang

Beasiswa MEXT adalah jenis program paling umum yang ditawarkan terutama oleh pemerintah Jepang untuk calon mahasiswa ke Universitas Tokyo. Didanai secara khusus oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains & Teknologi, program beasiswa ini didirikan untuk menawarkan posisi bagi siswa berprestasi berdasarkan kemampuan akademik mereka. Beasiswa lebih luas dan ditawarkan kepada berbagai siswa di berbagai tingkat gelar.


Nilai beasiswa:

Penerima yang berhasil menerima hingga cakupan penuh dari biaya kuliah mereka. Selain itu, tunjangan hidup diberikan kepada siswa yang akan bervariasi di berbagai aplikasi yang berhasil. Akhirnya, siswa yang berhasil juga menerima tiket pesawat pulang pergi ke dan dari Jepang.


Kriteria kelayakan:

Semua calon siswa internasional memenuhi syarat untuk mendaftar program beasiswa ini, terlepas dari tingkat studinya.


Proses aplikasi:

Jendela aplikasi untuk beasiswa terbuka sekitar Musim Semi setiap tahun. Siswa didorong untuk mengunjungi situs web beasiswa MEXT (diberikan di bawah) untuk lebih jelasnya. Situs web ini juga berisi semua dokumen aplikasi yang relevan untuk beasiswa. Universitas lebih lanjut menentukan bahwa melamar melalui kedutaan negara yang relevan juga penting.


Informasi lebih lanjut mengenai proses aplikasi dapat diterima melalui situs resmi Beasiswa MEXT


2. Beasiswa PEAK

Beasiswa PEAK ini adalah jenis beasiswa berdasarkan prestasi di University of Tokyo khusus untuk mahasiswa sarjana yang berstatus mahasiswa internasional.


Nilai Beasiswa:

Paket ini adalah beasiswa 4 tahun yang mencakup biaya masuk, biaya kuliah, serta biaya hidup (biasanya sekitar 126.000 Yen/bulan).


Kriteria kelayakan:

Calon siswa internasional yang sedang belajar program sarjana memenuhi syarat untuk mendaftar.


Proses aplikasi:

Seleksi untuk program beasiswa ini adalah bagian dari proses penyaringan selama penerimaan. Siswa tidak perlu mengajukan aplikasi tambahan. Informasi lebih lanjut mengenai ini termasuk dalam halaman ini


Beasiswa Pascasarjana

Mahasiswa pascasarjana memiliki akses ke berbagai beasiswa University of Tokyo yang berbeda untuk mahasiswa internasional yang biasanya ditawarkan sehubungan dengan jenis gelar yang mereka kejar. Sementara beasiswa akademik/berbasis prestasi ditawarkan, universitas juga menyediakan hibah penelitian dan jenis pendanaan lainnya.


1. Beasiswa MEXT Jepang untuk Mahasiswa Pascasarjana

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Beasiswa MEXT adalah program pendanaan berbasis pemerintah yang menawarkan beasiswa bagi calon mahasiswa internasional ke universitas di semua tingkat gelar. Untuk tujuan ini, mahasiswa pascasarjana juga memenuhi syarat untuk melamar program ini. Selain jumlah beasiswa yang dialokasikan dan ditawarkan untuk mahasiswa pascasarjana, ada sedikit perbedaan dengan beasiswa sarjana.


Nilai beasiswa:

Paket tersebut mencakup biaya kuliah penuh dari program pascasarjana dengan tambahan tunjangan hidup yang bervariasi tergantung pada siswa serta tiket pesawat pulang pergi ke dan dari Jepang. Mahasiswa peneliti juga memiliki prospek untuk mengajukan hibah penelitian dalam paket tersebut.


Kriteria kelayakan:

Semua calon mahasiswa pascasarjana internasional, termasuk Magister, Doktoral dan mahasiswa kursus profesional memenuhi syarat untuk mendaftar untuk program ini.


Proses aplikasi:

Siswa didorong untuk mengunjungi situs web Beasiswa MEXT (lihat tautan di bagian beasiswa sarjana). Rekomendasi kedutaan juga penting saat melamar beasiswa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa MEXT melalui University of Tokyo, silakan merujuk ke halaman berikut untuk detail proses aplikasi.  


2. Beasiswa Khusus Universitas Tokyo untuk Beasiswa Internasional

Program beasiswa ini didirikan pada tahun 2004 dan bertujuan untuk menawarkan hibah penelitian kepada mahasiswa pascasarjana terpilih yang menunjukkan prestasi tinggi di bidangnya masing-masing. Siswa-siswa ini cenderung didanai secara pribadi juga. Program ini juga bertujuan untuk mempromosikan penerimaan lebih lanjut dari mahasiswa pascasarjana yang menjanjikan dari seluruh dunia.


Nilai beasiswa:

Penerima terpilih untuk program beasiswa Universitas Tokyo ini memenuhi syarat untuk menerima hibah penelitian bulanan sebesar 200,000 yen atau 150,000 yen tergantung pada situasinya, selama periode standar program mereka.


Kriteria kelayakan:

Program ini memenuhi syarat untuk mahasiswa Magister, mahasiswa Dokter, mahasiswa program gelar profesional dan mahasiswa penelitian (tergantung pada jumlah beasiswa yang dialokasikan untuk setiap aliran gelar). Jumlah siswa yang menerima penghargaan cenderung bervariasi dari tahun ke tahun.


Proses aplikasi:

Proses aplikasi beasiswa berubah di berbagai departemen. Calon pelamar didorong untuk menghubungi divisi pascasarjana masing-masing dan khususnya kantor internasional untuk perincian lebih lanjut mengenai perincian prosedur aplikasi.


3. Beasiswa Penelitian JASSO

Organisasi Layanan Pelajar Jepang (JASSO) menawarkan banyak dana dan saran beasiswa serta menawarkan beasiswa untuk calon siswa. Persekutuan penelitian khusus ini didirikan untuk siswa internasional yang mengejar penelitian mereka biasanya setelah lulus.


Nilai beasiswa:

Paket termasuk tiket pesawat pulang pergi dan tunjangan harian hingga 11.000 Yen per hari.


Kriteria kelayakan:

Siswa yang memenuhi syarat termasuk mereka yang kembali dari Jepang yang merupakan warga negara dari daftar negara berkembang dan wilayah tertentu di luar Jepang dan yang sedang mengejar gelar berbasis penelitian di Universitas Tokyo.


Proses aplikasi:

Aplikasi harus dibuat dari universitas tuan rumah, Universitas Tokyo dalam hal ini. Selain itu, formulir dari supervisor penelitian yang sesuai dan calon peneliti dari negara pemohon perlu disertakan. Informasi lebih lanjut mengenai proses aplikasi dapat ditemukan di situs web beasiswa Jasso


4. Beasiswa Asosiasi Bantuan Universitas Tokyo

Program beasiswa ini ditawarkan oleh Asosiasi Bantuan Universitas Tokyo dan menawarkan serangkaian beasiswa untuk calon lulusan.


Nilai beasiswa:

Tunjangan bulanan hingga 50,000 Yen ditawarkan kepada penerima yang berhasil.


Kriteria kelayakan:

Mahasiswa yang terdaftar di University of Tokyo, termasuk mahasiswa riset, memenuhi syarat untuk mendaftar program ini.


Proses aplikasi:

Periode aplikasi biasanya antara April dan Maret tahun berikutnya. Siswa didorong untuk langsung menghubungi departemen akademik mereka untuk informasi lebih lanjut mengenai hal ini. Rincian tambahan dapat diterima di halaman beasiswa ini juga.  


Kami harap artikel tentang beasiswa Universitas Tokyo untuk siswa internasional ini bermanfaat. Jika Anda tertarik, kunjungi Kategori Beasiswa! 

Posting Komentar untuk "Beasiswa Universitas Tokyo untuk Siswa Internasional"