Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Syaiah Kumala

Fakultas Kedokteran Universitas Syaiah Kumala merupakan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia khususnya di Aceh. Berlokasi di pulau Sumatera membuat kedokteran Unisyah menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliah kedokteran. Tentu saja untuk masuk di FK Unsyiah tidak mudah, dibutuhkan persiapan yang matang sebelum menempuh ujian masuk sehingga hasil yang didapat lebih maksimal.

Sistem pendidikan kedokteran di FK Unsyiah tidak kalah dengan pendidikan dokter seperti di Jakarta atau pulau Jawa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya minat mahasiswa baru mendaftarkan dirinya untuk kuliah di sini. Tiap tahunnya, FK Universitas Syaiah Kumala terus mencetak calon dokter berkualitas. Maka sudah sewajarnya Anda mempertimbangkan untuk kuliah kedokteran di sini.


fk Universitas Syaiah Kumala


Sejarah Kedokteran Universitas Syaiah Kumala

Universitas Syiah Kuala atau yang umum disebutkan UNSYIAH ini mempunyai Kedokteran yang cukup tua di lingkungan universitas. Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK Unsyiah) berdiri di tanggal 1 April 1982 berdasar Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 16 Tahun 1982. Waktu itu FK Unsyiah masih tempati Gedung Sekolah tinggi Pemerintah Dalam Negeri di Jalan T. Nyak Arief, selanjutnya di tahun 1986 berpindah ke gedung Agen Rektor Unsyiah yang ada di Jalan Tgk Chik Pante Kulu.


Semenjak tahun 1988 FK Unsyiah sudah mempunyai bangunan sendiri selebar 4389 m2 yang berada di jalan Tgk Syech Abdul Rauf Darussalam-Banda Aceh, yang dibuat di atas area selebar 61.650 m2. Saat itu gedung kuliah lainnya ada di Kompleks Rumah Sakit Umum Wilayah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh yang mempunyai luas sekitaran 725 m2.


Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FK Unsyiah dibangun sebagai usaha penuhi keinginan semua warga di Propinsi Aceh untuk mempunyai lembaga pendidikan yang bisa hasilkan dokter. Program Studi ini sebagai program studi yang paling disukai di Unsyiah. Ini bisa dipandang dari kenaikan jumlah mahasiswa yang mendaftarkan dan yang diterima tiap tahun akademis. Sesuai gagasan pengembangannya, karena itu kenaikan jumlah dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam soal peningkatan staff pendidik sudah dilaksanakan semenjak awalnya berdirinya FK Unsyiah sampai sekarang ini.


Di tahun 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala buka Program Pendidikan Dokter Specialist THT-KL, Program Pendidikan Dokter Specialist Pulmonologi dan Respirasi, Program Pendidikan Dokter Specialist Neurologi dan Program Pendidikan Dokter Specialist Ilmu Kesehatan Anak.


Di tahun 2017 Fakultas Kedokteran Univesitas Syiah Kuala buka Program Pendidikan Dokter Specialist Anestesi dan Therapy Intens, Program Pendidikan Dokter Specialist Kardiologi. Dan di tahun 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala merencanakan akan buka Program Magister (S2) Ilmu Kesehatan Warga/Ilmu Kesehatan Komune, Program Magister (S2) Tropikal Medicine, Program Pendidikan Dokter Specialist Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, Program Pendidikan Dokter Specialist Ilmu Kesehatan Mata, Program Pendidikan Dokter Specialist Bedah Plastik.


Visi dan Misi Kedokteran Universitas Syaiah Kumala

Visi : Program Studi Pendidikan Dokter yang unggul, bersaing dan inovatif pada tingkat nasional dan berpikiran global di tahun 2025 dan misi seperti berikut:

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran terpadu dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).
  2. Menyelenggarakan kajian dan penelitian yang inovatif dan bermutu di bidang kedokteran dan kesehatan untuk menunjang pengembangan pendidikan dan bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan humaniora.

Biaya Kedokteran Universitas Syaiah Kumala

Biaya yang dikeluarkan untuk tempuh Pendidikan Dokter di Universitas Syiah Kuala terdiri jadi enam barisan Uang kUliah Tunggal yakni, barisan I Rp. 500.000, barisan II Rp. 1.000.000, barisan III Rp. Rp. 1.050.000-Rp. 2.525.000, barisan IV Rp. 2.600.000-Rp. 3.500.000, barisan V Rp.4.545.500 -Rp. 8. 983.250, barisan VI Rp. 6.000.000- Rp. 17.966.500. 


Syarat dan Cara Pendaftaran Kedokteran Universitas Syaiah Kumala

Untuk memperoleh informasi lebih komplet berkenaan cara dan syarat pendaftaran Kedokteran UNSYIAH bisa berkunjung websitenya http://fk.unsyiah.ac.id/ dan https://unsyiah.ac.id/ dan mengontak di nomor telephone (0651) 7553205.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Syaiah Kumala, Bagi Anda yang ingin kuliah kedokteran sudah sewajarnya untuk terus meningkatkan diri seperti belajar dan jangan lupa untuk berdoa sehingga kelak Anda menjadi dokter yang sukses, semoga bemanfaat.

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universitas Syaiah Kumala"