Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma)

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang atau dikenal dengan sebutan fk unisma merupakan Fakultas Kedokteran favorit terutama di Kota Malang. Hal ini dikarenakan akreditasi fk unisma yaitu B dari BAN-PT(2011) dan LAM-PTKes (2016). Tidak heran, jumlah pendaftaran tiap tahunnya utnuk masuk fakultas kedokteran unisma meningkat secara drastis.

Unisma Kedokteran terletak cukup strategis di Kota Malang. Berdekatan dengan Mall Dinoyo City membuat Anda tidak merasa bosan jika berkuliah disini seperti nongkrong ataupun nonton bioskop. FK Unisma juga dekat dengan Kota Batu yang dapat Anda kunjungi bersama teman jika sedang libur kuliah. Jika Anda bingung tentang kuliah kedokteran di Malang, Kami memberikan referensi Fakultas Kedokteran Terbaik di Kota Malang yang dapat Anda lihat disini.

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma)

fk Universitas Islam Malang (Unisma)


Sejarah FK Unisma

Gagasan pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang  tercetus di tahun 1995 oleh Alm. KH. Abdurrahman Wahid (Bekas Presiden RI Keempat). Selanjutnya, di tahun 2000, Ketua Dewan Pembimbing Yayasan Universitas Islam Malang waktu itu (yang Menteri Agama RI), Alm. Prof. DR. KH. M. Tholhah Hasan bersama dengan Prof. DR. H.M. Aris Widodo, Sp.FK, MS, PhD mewujudkan gagasan dan pertimbangan beberapa ulama Nahdlatul Ulama dengan membangun FK UNISMA.


Di tahun 2005, ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter (PPD) UNISMA dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Budaya. Selanjutnya, di tanggal 14 September 2011, Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran diakreditasi oleh BAN PT dan ditetapkan sebagai Fakultas Kedokteran dengan SK Rektor Nomor 161/L.16/U.IX/2011 mengenai Pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang.


Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang ialah fakultas kedokteran pertama kali yang berdiri di lingkungan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama di Indonesia. Kekhususan FK UNISMA yakni peningkatan di bagian keberagaman hayati dan pendayagunaannya sebagai pendukung penyembuhan dan peningkatan team kontribusi klinis dalam musibah dan kegawatdaruratan yang berdasarkan keIslaman dan Ahlussunnah wal Jama'ah (ASWAJA). Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang sudah memperoleh status akreditasi B dari BAN-PT (2011) dan LAM-PTKes (2016). Sekarang ini ada 3 program studi di Fakultas Kedokteran, yakni Program Studi Kedokteran, Program Studi Profesi Dokter, dan Program Studi Farmasi.


Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Unisma

Kedokteran Universitas malang mempunyai Visi Jadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) bertingkat internasional yang terstandar dan unggul di bagian pendidikan, riset, dan dedikasi warga berkaitan ilmu pengetahuan dan tehnologi kedokteran dan kesehatan untuk manfaat umat yang berakhlaqul karimah dan berdasarkan Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah dan Misi melakukan pendidikan untuk membuat penyuplai service kedokteran dan ilmu kesehatan yang professional, memihak pada manfaat umat dan berkompetensi internasional yang terstandar.


Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang memiliki visi dan misi yang mempunyai tujuan untuk mendidik calon dokter professional yang sanggup meningkatkan servis dengan pendekatan kedokteran keluarga dan mengaplikasikan aqidah Islam. Implikasi visi misi itu mempunyai tujuan untuk membuat profile dokter muslim yang baik pada beragam taktik evaluasi salah satunya pembimbingan mahasiswa secara intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Salah satunya taktik evaluasi ekstrakurikuler dilakukan lewat pesantren mahasiswa.


Pesantren mahasiswa Fakultas Kedokteran yang dikenali bernama Pondok Pesantren Ar-Razi sebagai tempat pembimbingan kekuatan dan watak dokter muslim secara holistik. Pesantren mahasiswa kedokteran ini harus dituruti oleh mahasiswa semester 1 dan 2 yang berjalan searah dengan kalender akademis yang berjalan di FK Unisma. Program pondok pesantren ini telah diawali semenjak tahun tuntunan 2012/2013. Aktivitas pesantren berbentuk pembimbingan keagamaan dimulai dari kenaikan pengetahuan, penanaman sikap, sampai praktik dan manifestasi dalam kegiatan sehari-harinya. Dengan program ini diharap bisa dimasukkan nilai-nilai dasar Islam yang bakal terus memberi warna tiap alumnus FK UNISMA sebagai dokter muda muslim, dokter muslim, dan sarjana farmasi yang professional


Pendaftaran Fakultas kedokteran UNISMA Malang

Syarat masuk Kedokteran Unisma dapat Anda peroleh melalui situs http://unisma.ac.id/ dan http://fk.unisma.ac.id/. Kedokteran Unisma tempati alamat di Jl. MT. Haryono No.193, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144 dan mempunyai nomor telephone 0341-558959.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma), Kedokteran Unisma dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin menjadi dokter. Menjadi seorang dokter dibutuhkan pengetahuan yang luas dan memiliki jiwa kerja keras. Teruslah belajar dan jangan lupa untuk berdoa

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma)"