Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran

Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran merupakan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia khususnya di Bandung. Kedokteran Unpad berlokasi di Bandung yang membuat kampus ini menjadi prioritas beberapa calon mahasiswa untuk kuliah kedokteran. Fakultas Kedokteran Unpad terus mencetak calon dokter berkualitas tiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan meningkatnya jumlah pendaftar calon mahasiswa baru.


Agar Anda dapat masuk Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran atau disingkat FK Unpad ini  lumayan sulit karena memiliki persaingan yang sangat tinggi. Hal ini bisa diatasi dengan persiapan yang matang menjelang tes ujian masuk. Anda dapat berlatih menjawab soal-soal dan mengikuti bimbel kedokteran sehingga hasil yang didapatkan akan maksimal.


Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran


Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) berdiri di tanggal 11 September 1957 bersamaan dengan ditetapkannya Ketentuan Pemerintahan No. 37/1957 (Lembar Negara No. 9 Tahun 1957 mengenai pendirian Universitas Padjadjaran). Fakultas Kedokteran sebagai salah satunya fakultas perintis di Universitas Padjadjaran bersama tiga fakultas yang lain, yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.


Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dibangun atas 2 falsafah khusus, yaitu manfaat untuk warga dan kebersama-samaan dalam kesejawatan. Ide untuk membangun Fakultas Kedokteran pertama kalinya tiba dari menkes dr. Lie Strategi Teng pada Konferensi IDI di Surabaya tahun 1953. Di saat itu banyak dokter alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang ditahan di FKUI untuk penuhi keperluan staff pendidik di FKUI. Keputusan untuk membangun fakultas kedokteran selanjutnya dijatuhkan ke Bandung.


Di tahun 1995 universitas Fakultas Kedokteran Unpad untuk penyelenggaraan pendidikan sarjana kedokteran beralih ke Jatinangor searah dengan peningkatan universitas Unpad yang lain Perubahan di bagian pendidikan kedokteran mempunyai momen di tahun 2001 dengan pendirian Kelas Pengantar Berbahasa Inggris yang terima banyak mahasiswa asing khususnya Malaysia. Semenjak tahun 2006 sudah dibuka program studi pendidikan dokter Twinning Program dengan Faculty Perubatan University Berkebangsaan Malaysia sebagai bentuk pernyataan regional.


Pendidikan Dokter Specialist di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran diadakan awal tahun 1980 berdasar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor: 076/II/1980. Team Koordinir Pendidikan Dokter Specialist I (TKP PPDS-I) dibuat di tanggal 1 Desember 1980 berdasar Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran nomor : 137/Kep./UNPAD/1980.


Visi dan Misi Kedokteran Universitas Padjadjaran

Visi : Menjadi institusi yang menempatkan keunggulan penelitian dan pendidikan untuk kemaslahatan masyarakat guna mendorong daya saing bangsa (Research and education Excellence for Society to Promote nation Competitiveness- RESPeCt)” yang dicapai pada tahun 2016.

Misi :

  1. Menyelenggarakan penelitian dan pendidikan yang unggul, terintegrasi serta berorientasi pada kepemimpinan.
  2. Melaksanakan transformasi dalam penelitian dan pendidikan untuk mewujudkan status kesehatan masyarakat yang lebih baik.
  3. Menyebarluaskan hasil transformasi dalam penelitian dan pendidikan untuk mendukung daya saing bangsa.
  4. Meningkatkan kolaborasi dan sinergi potensi bangsa.

Biaya Kedokteran Universitas Padjadjaran

Biaya yang dikeluarkan untuk mahasiswa kedokteran UNPAD yakni terdiri jadi dua, yakni BKT (Biaya Kuliah Tunggal) dan UKT (Uang Kuliah Tunggal). Biaya BKT golongan I sejumlah Rp. 500.000, golongan II Rp. 1.000.000, golongan III Rp. 5.000.000, golongan IV Rp. 9.000.000, golongan V Rp. 13.000.000. Untuk UKT golongan I sejumlah Rp. 500.000, golongan II Rp. 1.000.000, golongan III Rp. 5.000.000, golongan IV Rp. 10.000.000, golongan V Rp. 12.500.000, golongan VI Rp. 15.000.000 dan golongan VII Rp. 19.000.000. 


Syarat dan Cara Pendaftaran Kedokteran Universitas Padjadjaran

Untuk info selanjutnya tentang syarat pendaftaran  kedokteran Unpad bisa datangi situs http://www.fk.unpad.ac.id atau telepon ke no 022 - 2032170


Penutup

Itulah pembahasan menegani Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, FK Unpad merupakan salah satu pilihan bagi Anda yang ingin kuliah kedokteran sehingga kelak akan menjadi dokter. Menjadi seorang dokter merupakan impian semua orang, maka belajarlah yang rajin dan jangan lupa untuk terus berdoa agar semua dilancarkan.

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran"