Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia atau disingkat FK UI adalah salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Berlokasi di Jakarta (Depok) yang merupakan pusat perkotaan membuat Kedokteran UI menjadi prioritas utama bagi mahasiswa baru yang ingin kuliah kedokteran. Tentu saja untuk masuk di FK UI tidaklah mudah, tiap tahun nya Kedokteran UI mencatat pendaftar mahasiswa baru yang sangat tinggi.

Bagi Anda yang ingin kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, diperlukan persiapan diri yang maksimal meliputi mental dan kemampuan dalam hal belajar, hal ini berguna untuk Anda yang akan melaksanakan ujian tes masuk seperti SBMPTN atau SIMAK UI. Anda dapat berlatih dengan menjawab soal-soal ataupun mengikuti bimbingan belajar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai unit paling tua dalam lintasi riwayat Kampus Indonesia. Sekarang, FKUI terus meningkatkan diri lewat pengajaran yang sudah disamakan dengan Program Standard Internasional, yang diputuskan oleh Liga Pengajaran Kedokteran Dunia. Di FKUI Mahasiswa harus ikuti mekanisme modul yang telah diputuskan secara struktural. Kurikulum FKUI terdiri dari tiga tahapan. Tahapan pertama, general education pada semester satu. Tahapan ke-2 , medical sciences pada semester 2-6, selanjutnya tahapan ke-3 berbentuk clinical practice pada semester 7-10. Tahapan pengajaran ini diperlengkapi dengan periode internship sepanjang setahun.

Program study kedokteran cuman dibuka pada program pengajaran S1 Reguler dengan paket lajur masuk 50% dari lajur undangan yakni SNMPTN, dan 50% dari lajur tes tulis yakni SBMPTN dan SIMAK-UI.



Biaya Kedokteran Universitas Indonesia UI

Ongkos pengajaran S1 Reguler dibayar sesuai kekuatan penanggung ongkos, BOP-B (Ongkos Operasional Pengajaran Berkeadilan). BOP-B dibayar dengan range Rp 100.000 - Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 tidak dikenai uang pangkal, ini karena uang pangkal dibantu oleh pemerintahan lewat Kontribusi Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

UI memakai Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai mekanisme pembayaran di mana mahasiswa bayar ongkos unit pengajaran yang telah diputuskan program study dan tidak dikenai kembali ongkos per SKS.


Syarat dan  Masuk Fakultas Kedokteran UI

Syarat registrasi Fakultas Kedokteran Kampus Indonesia sesuai lajur masuk yang bisa disaksikan di web masing-masing lajur masuk pada periode registrasi. Pada umumnya syarat registrasi berdasarkan program pengajaran:

  1. S1 Reguler ditujukan alumnus SMA/Sederajat dengan umur ijazah optimal tiga tahun pada periode registrasi
  2. Vokasi/S1 Paralel ditujukan alumnus SMA/Sederajat tanpa batas umur ijazah
  3. S1 Kelas Internasional ditujukan alumnus SMA/Sederajat dengan umur ijazah optimal lima tahun dan mempunyai seritikat TOEFL/IELTS. Tipe TOEFL yang dianggap ialah yang disertifikasi ETS (PBT/ITP score min.500 atau iBT score min.61 atau CBT score min.173) atau IELTS dengan score minimal 5.5.
  4. S1 Perpanjangan/Paralel alumnus D3 ditujukan alumnus D3, D4 atau S1 yang diperlihatkan dengan salinan (copy) ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
  5. Karier/Specialist/S2/S3 ditujukan alumnus tingkatan pengajaran awalnya yang diperlihatkan dengan salinan (copy) ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.

Simak-UI (Penyeleksian Masuk UI) adalah panggilan untuk ujian penyeleksian terintegrasi masuk UI yang diadakan UI untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Ujian ini akan dilaksanakan secara serempak di semua Indonesia (Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar) untuk semua program pengajaran yang berada di UI. Mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel, Karier, Specialist, Magister dan Doktor. Sedang ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Perpanjangan diadakan pada saat yang berlainan.


Pendaftaran Kedokteran Universitas Indonesia

Cara pertama kali yang perlu kamu kenali bila akan masuk ke Fakulitas Kedokteran UI adalah ketahui apa yang tahap by stepnya untuk lakukan registrasi. Untuk itu di point pertama ini, Mamikos langsung memberinya runutan tata cara registrasi berdasar prodi atau program studinya supaya kamu lebih gampang. Bila ada salah satunya prodi yang akan kamu incar, baca keterangan yang sudah Mamikos kumpulkan ini. Kemudian selekasnya persiapkan semua arsip atau document yang dibutuhkan juga.


Ilmu Biomedik

Sarjana S1 dari Perguruan Tinggi luar dan dalam negeri yang mempunyai ijazah dan sudah dianggap oleh Kampus, dengan background ilmu-ilmu hayati (Biologi, Fisika, Kimia) yang IPK nya capai atau di atas 3,00. Khusus untuk beberapa alumnus Diploma 4 (D4), pastikanlah kamu sudah mendapatkan geprekaraan atau siap ikuti aktivitas martikulasi sepanjang 1-2 semester.

Khusus untuk beberapa masyarakat negara asing, kamu harus lebih dulu mendapatkan ijin tinggal untuk belajar dan memperlihatkan info dari Program BIPA Kampus Indonesia yang mengatakan jika kamu sebagai sudah mempunyai kepenguasaan Bahasa Indonesia yang bagus. Ini salah satunya persyaratan yang perlu untuk beberapa WNA.

Untuk info secara lengkap berkenaan interviunya, kamu dapat mengontak Sekretariat PMIB FKUI (Lantai 11 Gedung IMERI, Menara B - Pembelajaran, FKUI) dan web PMIB FKUI (biomedicine.ui.ac.id). Telpon 021-31900908 atau e-mail: psbiomed2@gmail.com

Janganlah lupa untuk mengupload surat pengakuan tidak menunda kuliah jika diterima (pola surat tersemat https://bit.ly/32gdQn5)

Janganlah lupa mengupload surat pengakuan ijin belajar dari lembaga untuk calon peserta yang telah bekerja. Pola surat disamakan dengan peraturan lembaga peserta.


Ilmu Gizi

  1. Harus mengupload ijazah dan transkrip nilai punyamu di situs akseptasi.ui.ac.id
  2. Untuk pecintaan Ilmu Gizi Klinik mempunyai gelar karier (dokter)
  3. Untuk pecintaan Ilmu Gizi Komune mempunyai gelar sarjana (S1) dalam sektor pangan dan gizi atau sektor ilmu yang lain terkait dengan kesehatan atau gizi
  4. Sudah dipastikan Lulus SIMAK Kampus Indonesia
  5. Info waktu perkuliahanny pada Senin - Jumat, 08.00-16.00 WIB
  6. Info lokasi perkuliahan di Universitas UI Salemba, Jalan Salemba Raya No.6, Jakarta Pusat (Departemen Ilmu Gizi FKUI dan SEAMEO-RECFON)


Kedokteran Kerja

  1. Daftar Kisah Hidup (Curriculum Vitae diunggah bersamaan dengan ijazah)
  2. Dokter yang sudah mendapatkan pernyataan oleh Pemerintahan RI
  3. Ijazah dan transkrip nilai Program Sarjana Kedokteran dan Karier Dokter
  4. IPK dokter =/> 2,75
  5. Sudah lulus test masuk yang diadakan oleh Kampus Indonesia, dengan nilai TPA =/> 500 dan Bahasa Inggris =/> 400.
  6. Memiliki badan sehat fisik dan psikis (dipastikan dengan Surat Info Sehat)
  7. Waktu perkuliahan :-Jumat, 08.00 - 17.00 WIB- Sabtu, 08.00 - 17.00 WIB
  8. Lokasi Perkuliahan: Departemen Ilmu Kedokteran Komune FKUI d/a Jl. Pegangsaan Timur No. 16 Jakarta Pusat
  9. Untuk proses interviu akan diumumkan selanjutnya.

Pendidikan Kedokteran

  1. Mempunyai ijazah dokter/ijazah sarjana yang lain dari lembaga pengajaran terakreditasi, dengan Index Prestasi Kumulatif (IPK) > 2,75
  2. Untuk kamu yang bukan memiliki ijazah dokter, kamu harus memberikan surat info bekerja di lembaga pengajaran dokter/tenaga medis yang lain
  3. Kamu telah LULUS test masuk yang diadakan oleh Kampus Indonesia, yang mencakup test kekuatan akademis (TPA), Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  4. Kamu telah LULUS ujian (test) interviu yang diadakan oleh Program Study.
  5. Info waktu perkuliahan tiap Senin-Jumat jam 08.00-16.00 WIB
  6. Tanggal ujian interviu di hari Senin, 22 Juli 2019 jam 09.00-11.00 WIB

Info lokasi perkuliahan ada di Departemen Pengajaran Kedokteran Fakultas Kedokteran Kampus Indonesia Jalan Salemba Raya no 6 Jakarta Pusat 10430 Tlp/fax: 021-3901814.

Penutup

Itulah Penjelasan Mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Untuk Anda yang baru lulus SMA dan ingin kuliah di FK UI harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar lolos dalam ujian Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)"