Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fakultas Kedokteran Terbaik Di Indonesia

Fakultas kedokteran adalah suatu institusi pendidikan yang melibatkan bidang medis di dalamnya dan memiliki program studi lain seperti keperawatan dan Kesehatan masyarakat.  Kuliah di fakultas kedokteran merupakan impian bagi setiap orang. Anak sekolah dasar saja jika ditanya cita-citanya ingin manjadi apa ? pasti akan menjawab ingin menjadi dokter. Apalagi bagi Anda yang baru saja lulus jenjang Pendidikan SMA, kebanyakan akan merasa bingung memilih jurusan apa yang ingin diambil dan tentu saja kuliah di fakultas kedokteran akan menjadi prioritas utama mereka.

Masuk fakultas kedokteran tentu saja tidak mudah. Mulai dari persiapan belajar yang begitu panjang hingga menempuh ujian yang sulit . Banyak orang yang ingin masuk jurusan ini akan tetapi kuota biasanya tidak banyak, jadi persiapkanlah diri Anda sebaik-baiknya. Adapun  syarat masuk fakultas kedokteran seperti Anda harus jago dalam bidang biologi, memiliki kemampuan berpikir yang baik, mampu berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris. Itulah beberapa persiapan yang harus dimiliki dalam diri Anda. Hal penting lainnya seperti Anda harus memiliki nilai rapor yang bagus yang bisa didapatkan dari belajar mandiri/kursus di tempat bimbel piliahn terbaik sehingga Anda memiliki kemungkinan besar dapat lolos SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri.

masuk FK tentu saja tidak mudah. Ada nilai yang harus diraih agar menjadi syarat lolos seleksi. Jika ditanya berapakah nilai minimal untuk masuk fakultas kedokteran ? tentu saja jawabannya bervariasi. Contohnya jika Anda ingin masuk ke fakultas kedokteran universitas Indonesia yang mengharuskan Anda memiliki nilai rata-rata UTBK agar lolos yaitu sekitar (747,93). Ini termasuk nilai yang cukup tinggi tetapi tidak mustahil untuk Anda dapatkan.

Kuliah kedokteran di universitas negeri ataupun swasta harusnya sama saja. Hal yang membedakan kedua universitas ini terletak di fasilitas dan biaya yang jauh lebih murah di negeri. Akan tetapi sekarang universitas swasta sudah memiliki fasilitas kedokteran yang lengkap tidak kalah dengan negeri. Biaya fakultas kedokteran  biasanya berkisar Rp.150 juta sampai Rp.300 juta, itupun belum termasuk biaya-biaya lain seperti biaya internship dan biaya hidup, jadi manfaatkan lah waktu belajar Anda sebaik-baiknya.

Indonesia memiliki beberapa fakultas kedokteran terbaik, dimana fakultas ini tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Sabang hingga Marauke, jadi Anda jangan khawatir jika di daerah Anda tidak terdapat fakultas kedokteran, ini sangat menyenangkan bagi Anda yang tidak ingin kuliah jauh dari rumah atau merantau. Jadi apa sajakah fakultas kedokteran yang ada di Indonesia ?


Berikut Daftar Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Fakultas Kedokteran


1. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro atau dikenal dengan nama Undip ini dididirikan pada tanggal 1 Oktober 1961 dan terletak di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Tidak kalah dengan kampus disekitarnya seperti UGM, Undip mempunyai 11 Fakultas dan salah satunya adalah fakultas kedokteran. FK Undip adalah salah satu fakultas kedokteran ternama di Indonesia dan telah mendapatkan akreditasi A.

FK Undip
FK Undip


Tidak hanya kedokteran, FK Undip memiliki banyak program studi (prodi) seperti profesi dokter, kedokteran gigi, Ilmu farmasi, ilmu biomedik, dan doktor ilmu kedokteran. Hal inilah yang membuat FK Undip menjadi pilihan mahasiswa baru. Jalur masuk FK Undip pun bermacam-macam seperti jalur SNMPTN,SBMPTN, dan Ujian Mandiri/UM Undip. Tapi jika Anda memiliki prestasi semasa sekolah, cobalah daftarkan ke jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).

Biaya UKT FK Undip sendiri tergantung dari golongan, diperkirakan UKT mulai dari RP.500.000 hingga Rp.19.000.000. Hal ini sepadan dengan apa yang Anda dapatkan. Mulai tahun 2016, FK Undip telah bekerjasama dengan RS Dr. Kariadi bagi Anda yang nantinya akan melaksanakan koas.

FK Undip merupakan kampus yang cocok untuk Anda coba. Apalagi lokasi nya berada di Semarang yang memiliki nuansa yang begitu Indah membuat Anda betah menempuh Pendidikan disini. Makanan nya pun tidak kalah enak, Lumpia Semarang patut Anda coba dan dapat dijadikan oleh-oleh jika Anda pulang ke kampung halaman.


2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada atau dikenal UGM adalah Universitas yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta dan berdiri pada tanggal 19 Desember 1949. UGM merupakan salah satu fakultas terbaik yang ada di Indonesia bahkan berkelas dunia. UGM sendiri terkenal dengan Fakultas Kedokteran nya, siapa yang tidak mengenal FK UGM ?

FK UGM
FK UGM


Jurusan di fakultas Kedokteran UGM bermacam macam, mulai dari ilmu kedokteran dasar, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan masyarakat, ilmu Pendidikan Kedokteran, dan keperawatan. Tidak heran, semua orang berlomba-lomba ingin masuk di fakultas ini.

Mahasiswa FK UGM akan menepuh Pendidikan selama 3,5 tahun  sebelum akan memulai koas dan internship. Biaya masuk fakultas kedokteran UGM pun bervariasi berdasarkan kelompok mulai dari Rp500.000 sampai Rp.160.000 per semester. Jika berminat ingin masuk ke FK UGM persiapkan diri Anda untuk meraih nilai UTBK setinggi-tingginya dikarenakan persaingan yang begitu ketat.

Tidak kalah dengan Semarang, kuliah di Yogyakarta juga sangat menyenangkan, suasana yogja yang begitu  elok ditambah banyaknya tempat wisata membuat Yogyakarta menjadi pilihan wisatawan. Jika dilihat-lihat, mahasiswa di Yogya  begitu banyak karena Yogya terkenal dengan biaya hidup yang murah sehingga cocok untuk kantong mahasiswa seperti Anda.


3. Universitas Indonesia (UI)

Univerisitas Indonesia atau dikenal dengan istilah UI ini merupakan universitas terbaik di Indonesia. Bagaimana tidak, namanya saja Universitas Indonesia, Ibarat mancakup universitas di seluruh Indonesia. Depok, Jawa Barat,Indonesia merupakan lokasi dimana Universitas Indonesia berada dan sudah berdiri sejak 1849.

FK UI
FK UI


Universitas Indoensia hampir memiliki seluruh jurusan fakultas yang ada, dan yang paling terkenal tentu saja FK UI. Jika Anda ingin berkuliah disini tentu saja tidak akan mudah, persaingan nya hampir seluruh Indonesia. Tetapi Anda jangan khawatir, untuk masuk FK UI selain SNMPTN/SBMPTN juga terdapat simak UI yang dapat Anda coba.

Kuliah di FK UI juga sama dengan fakultas kedokteran lainnya yaitu sekitar 6-8 tahun hingga Anda menjadi seorang dokter. Tetapi, bisa juga Anda lulus selama 5,5 tahun tergantung peraturan yang ditetapkan FK UI sendiri. Untuk biaya kuliah di FKUI paling besar uang pangkalnya sekitar Rp.22.500.000. Jadi persiapkanlah diri Anda secara jasmani dan juga mental serta  memiliki komunikasi yang baik dalam berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Bogor merupakan lokasi FK UI berada. Suasana belajar yang jauh dari keramaian membuat mahasiswa betah untuk belajar di kota ini. Begitu banyak tempat wisata yang cocok untuk Anda datangi serta berbagai jenis makanan khas juga tersedia.


4. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Universitas Padjadjaran atau di singkat Unpad ini merupakan universitas terbaik yang berada di Bandung, Jawa Timur, Indonesia. Unpad sendiri  didirikan pada tanggal 11 September 1957 dan memiliki begitu banyak fakultas terkenal salah satunya yaitu kedokteran.

FK Unpad
FK Unpad


Fakultas Kedokteran Unpad dibangun berdasarkan 2 falsafah yaitu kemalahatan bagi masyarakat serta kebersamaan dalam kesejawatan . Hal inilah yang menjadi pondasi FK Unpad terus maju tiap tahun.  Adapun biaya kuliah jalur mandiri Unpad berkisar Rp.20.000.000 hingga Rp.250.000.000. Jadi persiapkan diri Anda jika ingin kuliah di FK Unpad.


5. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas Hasanuddin atau dikenal dengan nama Unhas terletak di kota Makassar, Sulwesi Selatan, Indonesia. Unhas sendiri didirikan  pada tanggal 10 September 1956. Biarpun Unhas tidak terletak di pulau Jawa, tapi Unhas termasuk ke dalam universitas terbaik di Indonesia.

FK Unhas
FK Unhas


Universitas Hasanuddin memiliki Akreditasi A untuk Fakultas Kedokteran dan memiliki program studi lain seperti Fisioterapi, Ilmu Keperawatan, Psikologi dan Kedokteran Hewan. Biaya masuk kuliah Pendidikan dokter berkisar Rp.500.000 hingga Rp.20.000.000. Tips masuk kedokteran Unhas sama saja seperti kedokteran lain. Hal yang diperhatikan disini adalah persiapan diri Anda untuk menempuh Ujian SBMPTN/Mandiri. Jika Nilai rapor Anda bagus maka kemungkinan besar akan diterima melalui SNMPTN. Jika nilai biasa-biasa saja maka Anda  harus berjuang lebih keras lagi untuk tes selanjutnya.


6. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga atau dikenal dengan sebutan Unair merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Unair merupakan salah satu kampus terbaik di Jawa Timur bahkan di Indonesia. Unair dapat menjadi pilihan Anda jika ingin kuliah di Jawa Timur.

FK Unair
FK Unair


Universitas Airlangga memiliki Fakultas Kedokteran yang bagus dan biasa disebut FK Unair. FK Unair memiliki jurusan seperti kedokteran, kebidanan, ilmu kedokteran tropis hingga Pendidikan Propesi Dokter. Biaya kuliah Kedokteran FK Unair meliputi UKS Rp.15.000.000 dan UKA Rp.99.000.000. Cara masuk kedokteran  FK Unair juga melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. 

Keunggugulan FK Unair dibandingkan FK lain sebenarnya banyak. Salah satunya FK Unair memiliki rumah sakit Pendidikan  RSUD Dr. Soetomo yang berada tepat di depan FK Unair. Hal ini sangat baik karena untuk Pendidikan profesi selanjutnya tidak perlu repot-repot ke luar Surabaya, tinggal nyebrang saja dari kampus.


7. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya atau dikenal UB ini merupakan perguruan tinggi yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Tidak kalah dengan Unair, UB merupakan salah satu Universitas terbaik di Jawa Timur. Jadi pilih UB atau Unair nih ?

FK UB
FK UB


Universitas Brawijaya memiliki Akreditasi A dan memiliki begitu banyak jurusan yang salah satunya adalah FK UB. Daya tamping Kedokteran UB pada tahun 2021 sebesar 75 dari peminat 1.643. Bayangkan berapa banyak orang yang ingin kuliah FK disini. Jika Anda serius ingin kuliah disini makan lengkapilah syarat masuk FK UB seperti melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Tes Mandiri. 

Adapun alasan lain untuk memilih kuliah di Malang adalah nuansa malang yang begitu dingin. Dikenal dengan kota mahasiswa menjadikan malang menjadi tempat yang cocok bagi Anda yang ingin menempuh kuliah kedokteran.


Penutup

Itulah daftar fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, apakah Anda sudah menentukan universitas mana yang ingin Anda ambil ? Tapi ingat, perjuangan masuk fakultas kedokteran itu tidaklah mudah. Dibutuhkan kemauan yang tinggi agar cita-cita Anda menjadi seorang dokter tercapai. Apalagi Anda yang ingin masuk fakultas kedokteran di luar pulau, jauh dari keluarga dan harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Akhir kata semangat bagi Anda semua yang ingin masuk masuk ke dunia kedokteran, SALAM SEJAWAT.

Penulis : fakultaskedokteran.id

Posting Komentar untuk " 7 Fakultas Kedokteran Terbaik Di Indonesia"